Makanan untuk meningkatkan tinggi badan

manfaat keju untuk kesehatanMemiliki tubuh yang tinggi, selama masih dalam ukuran wajar tentu sangat diinginkan oleh banyak orang.  Sebagian besar masalah tinggi badan tergantung dari genetika, olahraga yang tepat, dan faktor asupan gizi. Pria masih bisa terus tumbuh hingga mencapai batas usia 25 tahun, sedangkan wanita akan mencapai tinggi sepenuhnya pada usia 18-19 tahun.

Advertisement

Tinggi badan seseorang diatur oleh sejenis hormon yang disebut dengan Human Growth Hormone ( HGH ). Yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis, yang akan meningkatkan tinggi badan. Oleh karena itu, disarankan untuk makan-makanan yang dapat membantu fungsi HGH.

Meskipun tinggi badan telah ditentukan secara genetik, namun fakta mengatakan bahwa pertumbuhan tubuh juga tergantung faktor eksternal tertentu. Faktor gizi adalah salah satu faktor eksternal tersebut. Tinggi badan yang tidak maksimal juga bisa diakibatkan oleh proses pertumbuhan yang lambat karena asupan gizi yang tidak memadai. Dengan demikian, mengikuti aturan diet yang seimbang juga sangat penting untuk meningkatkan prospek pertumbuhan, khususnya selama masih dalam usia remaja.

Makanan dan olahraga yang tepat dibutuhkan untuk bisa memperoleh tinggi badan yang optimal. Pastikan tubuh telah mendapatkan berbagai jenis nutrisi untuk membangun otot yang kuat, ligamen dan tendon. Makanan yang kaya kalsium, mineral, vitamin dan protein harus dimasukkan kedalam daftar diet.

Nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan tinggi badan

Protein : Protein adalah nutrisi pembangun tubuh kita, dan dengan demikian juga akan membantu menambah tinggi badan. Protein mengandung asam amino yang merupakan hormon pertumbuhan,  dan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit dan gigi. Juga bekerja sebagai enzim yang bertugas untuk merangsang reaksi biokimia tubuh,  seperti pencernaan, respirasi dan ekskresi. Kekurangan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kehilangan massa otot, pertumbuhan abnormal, sistem kekebalan tubuh lemah dan perkembangan mental yang tidak memadai. [ Baca juga manfaat protein disini ]

Mineral : Makanan harus yang mengandung mineral, seperti magnesium, fosfor, fluoride, yodium, zat besi dan mangan, yang juga penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan tinggi tubuh.

Kalsium adalah mineral penting yang berguna untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Minuman berkarbonasi(soda), garam berlebihan, gula, lemak dan kopi harus dibatasi, karena bertindak sebagai inhibitor kalsium, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan. Nark*ba dan merok*k  juga dapat menghambat pertumbuhan, serta berefek samping merugikan terhadap kesehatan lainnya. [ Baca juga manfaat kalsium disini ]
Vitamin : Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting untuk perkembangan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, tulang lemah dan tubuh pendek. Hal ini karena vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Selain vitamin D, vitamin lain seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C(asam askorbat) dan vitamin F juga diperlukan untuk pertumbuhan tubuh yang normal. Sebagian besar vitamin-vitamin ini terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin D juga sangat baik diperoleh dari paparan sinar matahari.

Lihat juga :   Cara alami mengatasi darah rendah

Berikut daftar makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan tinggi badan secara alami .

1 . Susu :

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat, dan susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A yang berguna untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Susu juga mengandung protein yang akan membantu membangun sel-sel tubuh kita. Susu skim bebas lemak, mengandung 100 % protein. Setidaknya 2 sampai 3 gelas susu dianjurkan setiap hari.

[ Baca juga Manfaat minum susu bagi kesehatan disini ]

2 . Susu olahan:

Selain susu, makanan olahan susu juga harus dikonsumsi agar bisa tinggi lebih cepat. Makanan olahan susu seperti keju, paneer yoghurt dan es krim kaya akan vitamin A , B , D dan E. Makanan ini juga mengandung protein dan kalsium. Vitamin D dan kalsium penting bagi pertumbuhan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tinggi badan rendah. Mendapatkan kalsium yang cukup juga sangat penting, khususnya pada masa pubertas.

3 . Buah dan Sayuran :

Selain untuk meningkatkan tinggi badan, buah-buahan dan sayuran juga penting untuk kesehatan. Sayuran dan buah adalah sumber terbesar vitamin, serat, kalium dan folat. Vitamin A membantu perkembangan tulang dan jaringan. Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, markisa, semangka dan aprikot banyak mngandung vitamin A. Vitamin A juga ditemukan dalam sayur-sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar dll. Sementara  itu, jeruk, berry, kentang dan tomat juga mengandung vitamin C,  yang juga sangat membantu untuk pertumbuhan tulang yang sehat tulang dan berkontribusi terhadap tinggi badan.

4 . Ayam :

Ayam adalah salah satu sumber protein hewani tertinggi. Bahkan menyediakan sejumlah besar protein bagi tubuh untuk membangun jaringan dan otot. [ Baca juga manfaat dan kandungan gizi daging ayam disini ]

Lihat juga :   Manfaat Minum Teh bagi kesehatan

5 . Daging:

Selain ayam, daging sapi juga merupakan sumber penting protein , tetapi juga mengandung lemak yang meningkatkan kadar kolesterol .

6 . Biji-bijian :

Biji-bijian adalah sumber energi utama dalam tubuh kita. Selain itu juga menyediakan vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena menyediakan kalori yang diperlukan, konsumsinya harus ditingkatkan. Hal ini terutama pada saat masa pubertas, dimana anak-anak berada dalam fase pertumbuhan yang cepat. Beras merah, beras, popcorn, dan gandum bermanfaat bagi pertumbuhan yang tepat.

7 . Telur :

Telur juga merupakan sumber protein yang baik. Putih telur mengandung banyak protein, juga mengandung vitamin B2(riboflavin). Dalam rangka untuk meningkatkan tinggi badan, 3 butir telur bisa dimakan setiap hari dengan mengurangi kuningnya. [ Baca tentang gizi putih telur disini ]

8 . Kedelai :

Kedelai mengandung protein nabati tertinggi. Protein murni yang terkandung dalam kedelai akan meningkatkan massa tulang dan jaringan. Untuk meningkatkan tinggi badan, 50 gram kedelai dianjurkan setiap hari. Vegetarian bisa memenuhi kebutuhan protein mereka dari kedelai. Baca juga tentang kedelai dan kandungan gizinya disini

9 . Oatmeal :

Oatmeal juga merupakan sumber protein nabati yang baik, yang akan membantu meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Dianjurkan 50 gram oatmeal untuk sarapan setiap hari.

10 . Coral Calcium :

Seperti namanya, coral calsium diperoleh dari karang laut. Ini akan membantu untuk meningkatkan massa tulang, sehingga akan membuat tulang tumbuh panjang. Kalsium ini harus dikonsumsi pada usia dini agar hasilnya maksimal .

Tinggi badan adalah faktor genetik, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang tepat secara signifikan. Makan-makanan yang sehat dan aktivitas fisik yang sesuai dapat  meningkatkan tinggi badan Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *