Makanan yang baik untuk kesehatan mata

Seperti kita tahu, mata adalah indra yang sangat penting bagi kita. Mata adalah jendela dunia, seperti kata peribahasa. Gangguan sedikit saja pada mata akan membuat segala aktifitas kita menjadi tidak nyaman. Mata adalah satu-satunya yang akan kita pergunakan seumur hidup. Oleh karena itu, menjaganya tetap sehat adalah penting. Banyak hal yang biasa dilakukan orang untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya adalah dengan mengakonsumsi makan yang sehat bagi mata.

Advertisement

Berikut beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata:

1. Ikan Salmon, tuna dan sarden

Minyak ikan salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3. Manfaat dari makanan ini juga apat mengurangi gejala nyeri akibat mata kering, mata merah, dan gatal. Makanan ini juga disebutkan dapat mengurangi risiko katarak.

2. Sayuran berwarana Merah, Hijau, dan Kuning

Sayuran berwarna cerah mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk melindungi tubuh terhadap segala bentuk kanker, dan termasuk juga baik untuk mata dengan jalan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Penyakit mata yang berkaitan dengan radikal bebas biasanya terjadi pada orang tua, sehingga baik jika memulainya untuk menjaga saat pada usia muda. Sayuran seperti bayam, kangkung, jagung manis, kacang polong, dan brokoli mengandung lutein yang merupakan salah satu dari jenis antioksidan kuat. Mengkonsumsi sayuran dalam diet harian juga sangat banyak manfaatnya secara umum.

3. Wortel dan kentang

Makanan yang baik untuk kesehatan mataWortel dan kentang mengandung ProVitamin A karotenoid, dan tinggi beta-karoten, yaitu nutrisi yang paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin akan A membantu untuk mengobati mata kering dan berbagai gejala lain dari iritasi mata.

Sayuran ini juga dapat membantu melindungi kornea mata, dimana ini yang berfungsi  untuk penglihatan. Selain tu,  sayuran ini juga membantu menjaga tulang yang sehat dan kuat , serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A pada wortel akan membuat membran pada permukaan mata dan kulit menjadi lebih kuat, sehingga mencegah terjadinya infeksi bakteri dan virus.

Lihat juga :   Manfaat Daun Singkong untuk kesehatan

4. Daging sapi, ayam, hati, keju dan Susu

Selain vitamin A dan lutein yang didapat dari sayuran, juga dapat diperoleh dari sumber lain dari makanan hewani, seperti daging sapi, ayam, hati, keju dan susu. Dengan menggabungkan vitamin A dan lutein , maka kesehatan penglihatan akan bertahan lebih lama.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *