Makanan yang bermanfaat Membantu Menghilangkan Stres

makanan yang membantu menghilangkan stresAkibat kesibukan yang sangat padat, banyak orang yang mengalami stres. Dan faktanya sudah diketahui bahwa stres dapat menyebabkan efek yang buruk terhadap suasana hati, dan perilaku. Bahkan stres yang berlarut juga bisa menyebabkan masalah fisik baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, seperti gangguan memori, gangguan konsentrasi, gangguan belajar, tekanan darah tinggi, jantung koroner, osteoporosis, dan menurunnya fungsi sistem kekebalan.

Advertisement

Cara yang paling baik untuk meredakan stres adalah dengan mengenali penyebabnya lalu mencoba untuk mengatasinya. Menjaga pendekatan yang positif dan meningkatkan kualitas diet dan gaya hidup juga bisa membantu memanajemen stres.

Jadi, kebiasan positif seperti olahraga, pijat secara teratur , serta yoga bisa membantu mengurangi tingkat stres. Mengkonsumsi makanan tertentu juga diketahui bisa membantu berjuang melawan stres. Bahkan beberapa diantaranya bisa cepat membantu apabila dibutuhkan pada saat-saat Anda sangat membutuhkan efek langsung.

Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan terutama kacang almond banyak mengandung vitamin B dan vitamin E, magnesium, zinc, selenium, dan kandungan lemak sehat yang bermanfaat menghilangkan stres. Bersama almond, Anda juga bisa makan kacang kenari dan pistachio untuk membantu menurunkan hormon stres , mengurangi tekanan darah,  dan meningkatkan energi.

Dark Chocolate

American Chemical Society Journal of Proteome Research menerbitkan hasil studi yang menunjukkan bahwa makan sekitar 1 1/2 ons dark cocolate setiap hari dapat sangat mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh. Makanan ini mengandung magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak melawan stres, kelelahan, depresi dan perasaan  mudah tersinggung.

Green Tea

Teh hijau telah dikenal mengandung antioksidan yang kuat seperti polifenol, flavonoid dan katekin.  Semua antioksidan ini memiliki sifat menenangkan fikiran dan tubuh yang bisa sangat membantu  menciptakan suasana hati yang positif. teh hijau juga mengandung sejenis asam amino bernama theanine yang mempromosikan relaksasi dan meningkatkan fokus dan perhatian.

Lihat juga :   Manfaat Minyak Zaitun bagi kesehatan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang memminum sedikitnya lima cangkir teh hijau tiap hari memiliki kesehatan  dan suasana hati yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Jika Anda kurang menyuka teh hijau, Anda masih bisa memilih teh hitam.

Buah blueberry

Sudah dibuktikan bahwa blueberry adalah buah yang banyak mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi stres. Selain itu buah semak ini juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang  bersama dengan mineral lain seperti magnesium dan mangan bermanfaat membantu  mengurangi stres.

Makan buah bluberi secara teratur juga akan membantu mengatasi maslaah depresi, insomnia dan beberapa gangguan mood lainnya yang bisa dipicu oleh stres.

Buah Jeruk

Buah Jeruk terkenal kaya akan vitamin C, dan  bersifat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan juga bertindak sebagai antioksidan pelawan radikal bebas. Stres cenderung akan meningkatkan radikal bebas pada tubuh. Jeruk juga mengandung sebagian besar vtiamin  A dan B plus berbagai mineral .

Susu

Rutin minum susu bisa mengurangi tingkat stres Anda. Satu gelas susu skim akan menyediakan antioksidan, vitamin A dan D, kalsium dan protein bagi tubuh Anda. Semua nutrisi ini akan membantu menenangkan dan membantu melawan radikal bebas yang dilepaskan tubuh ketika Anda merasa stres.

Sarapan penghilang stres terbaik adalah sereal gandum yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak. Anda juga bisa minum segelas susu hangat sebelum tidur supaya bisa memperoleh tidur lebih baik. Jika Anda tidak menyukai susu, Anda masih bisa memmakan produk susu seperti keju dan yogurt.

Bayam

Jenis sayuran hijau tua seperti bayam kaya akan beberapa vitamin A, vitamin B dan vitamin C vitamin. Bayam juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfo,  yang semuanya bisa membantu mengurangi hormon stres dan menstabilkan suasana hati.

Lihat juga :   Makanan yang bagus untuk kesehatan Otak

Ikan Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 dengan jumlah yang cukup banyak, dan memiliki efek anti inflamasi yang kuat. Omega 3 bertindak meningkatkan zat kimia dalam otak seperti serotonin yang memberikan rasa bahagia, serta mengatur hormon stres seperti hormon kortisol dan adrenalin. Sekaligus juga omega 3 akan membantu meningkatkan fungsi otak sehingga lebih efisien.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 atau 3 porsi ikan salmon per minggu. Seiring dengan makan salmon, Anda juga bisa menambahkan ikan berlemak lainnya seperti makerel, ikan tuna dan sarden.

Beras merah

Beras merah mengandung vitamin B, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk menjaga jaringan sel dan jaringan organ. Hal ini bertindak sebagai stabilisator mood alami dan juga membantu reaksi biokimia yang berkontribusi dalam fungsi otak, sel-sel darah merah yang sehat, kekebalan tubuh, dan fungsi jantung.

Jika Tubuh Anda mendapatkan vitamin B cukup, maka Anda akan lebih mampu melawan stres serta gangguan terkait mood.

Buah Alpukat

Buah alpukat banyak mengandung  mineral, protein,  vitamin C , dan vitamin E. hal ini juga tinggi serat, kalium dan jenis lemak sehat. Semua nutrisi ini bermanfaat membantu mengatur hormon stres dengan cara menjaga saraf dan sel-sel otak yang sehat.

Makan 1 buah alpukat setiap hari bisa menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi tingkat hormon stres Anda secara signifikan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *