Makanan yang Mangandung tinggi Betakaroten

makanan tinggi betakarotenBetakaroten adalah pigmen yang memberikan warna merah atau oranye yang ditemukan dalam tanaman seperti sayur dan buah-buahan. Jeruk, mangga, wortel dan labu hanya beberapa contoh dari banyak buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung nutrisi ini. Beta karoten adalah provitamin yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A, merupakan antioksidan kuat yang diketahui memiliki kemampuan untuk melawan kanker dan mencegah penuaan dini. Beta karoten berperan penting untuk melindungi sel-sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga sistem reproduksi yang sehat .

Advertisement

Berikut Top 10 makanan mengandung tinggi Betakaroten

1 . Ubi Jalar :

Ubi jalar oranye merupakan makanan yang paling kaya akan betakaroten. Setiap porsi 100g ubi jalar menyediakan 9444μg Beta Karoten. Ubi jalar juga dikenal sebagai sumber yang kaya antioksidan, serta sumber vitamin C , D , B6 dan mineral seperti zat besi dan magnesium. Ubi jalar efektif mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, melawan virus flu, membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood dan mempromosikan pertumbuhan sehat kulit, gigi dan tulang.

2 . Kale :

Kale adalah sayuran bentuk awal dari kubis, dan paling enak ketika dimasak dengan dikukus dan dimakan dengan sambal terasi. Satu porsi kale 100g mentah menyediakan  9226μg Beta Karoten. Selain tinggi antioksidan kuat, kale juga merupakan sumber vitamin A , C , dan K , dan mineral seperti kalsium, zat besi dan magnesium. Nol lemak dan kaya dengan serat, kale memiliki manfaat yang cukup besar dan sangat bagus untuk tulang, kesehatan jantung, kulit dan sistem kekebalan tubuh.

3 . wortel :

Semua orang tahu bahwa wortel tidak hanya baik untuk kelinci,  tetapi juga baik bagi kesehatan manusia karena kaya akan Betakaroten. Satu porsi wortel 100g sudah dapat melengkapi kebutuhan 8285μg Beta Karoten. Juga Kaya vitamin A, sehingga wortel juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan gigi . Wortel juga bermanfaat untuk memperbaiki penglihatan, melawan tanda-tanda awal penuaan dan menutrisi kulit.

Lihat juga :   Manfaat AA dan DHA - Makanan kaya AA dan DHA

4 . Lobak hijau :

Biasanya digunakan sebagai tambahan pedas untuk sup dan salad, namun sayuran ini sendiri tidak berwarna hijau seperti namanya. Lobak memiliki kandungan Beta Karoten 6952μg untuk per porsi 100g. Sayuran ini juga Tinggi kalsium dan glocosinolates, dan diketahui efektif untuk pencegahan kanker dan untuk membangun kesehatan tulang dan gigi.

5 . Sawi Hijau :

Sayuran berdaun hijau tercinta ini juga menyediakan Betakaroten, yaitu 6300μg perporsi  100g. Selain itu sawi juga sumber yang sangat baik vitamin K , C dan E , serta antioksidan yang membantu menangkal efek radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Vitamin K yang juga terdapat dalam sawi bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.

6 . Bayam :

“Makan Bayam”, adalah ajaran umum yang mulai diperkenalkan orang tua kepada anak-anak, kenapa demikian? Jawabannya adalah sayuran hijau ini adalah merupakan bagian integral dari pertumbuhan, kaya akan antioksidan, pembangun tulang dan gigi, dan mengandung zat besi sebagai bahan membuat hemoglobin. Bayam juga merupakan sumber yang kaya Beta Karoten, yaitu dengan kandungan sekitar 5626μg perporsi 100g.

7 . Rempah/bumbu kering :

Umumnya ditambahkan kedalam sup dan kaldu. Segala jenis bumbu atau rempah kering kaya akan betakaroten dan dikemas dengan vitamin dan minerwal.

8 . Labu kuning dan labu kacang :

Setengah cangkir labu kalengan memberikan sekitar 953 mg vitamin A dan hanya 42 kalori.Vitamin A pada labu dalam bentuk betakaroten.

Labu kacang mengandung Beta Karoten sekitar 4570μg perporsi 100g. Selain itu sayuran oranye manis ini juga tinggi serat dan rendah lemak, serta kaya akan antioksidan. Dengan demikian, labu merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan.

9 . Kubis:

Terkait erat dengan sawi, kubis juga menyediakan Beta Karoten. Selain itu, kubis juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting kita dapatkan setiap hari.

Lihat juga :   Manfaat dan kandungan Gizi Singkong

10. Bit Hijau

Bit hijau merupakan sumber banyak nutrisi, dengan 276 mg Vitamin A (dalam bentuk beta karoten) , 697 mg vitamin K , san 655 mg potasium. Sementara itu bit hijau rendah kalori, hanya 19 kalori per setengah cangkir. Seperti halnya lobak, Anda juga dapat menemukan sayuran ini di pasar sayur atau supermarket.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *