Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan

manfaat air kelapa mudaAir kelapa?,,, sesuatu yang kedengaran sangat menyegarkan, apalagi cuaca terik begini,,,. Apalagi kelapa muda amat mudah didapatkan diderah tropis seperti negara kita ini, tinggal berhenti dipinggir jalan , maka kita sudah bisa menikmati es kelapa muda yang segar.Tak hanya segar, air kelapa ternyata juga sangat baik bagi kesehatan kita!..

Advertisement

Mengenai manfaat air kelapa, sejak dulu orang mengenalnya untuk mengatasi keracunan. Air kelapa dipercaya dapat mengeluarkan racun yang ikut tertelan kedalam tubuh. Benarkah demikian?,,,, ada apakah hanya itu manfaat air kelapa bagi kesehatan?,,,,

Kini, air kelapa dikenal dalam ilmu kesehatan modern sebagai minuman elektrolit alami. Air kelapa tak perlu dimasak atau dipasteurisasi sebelum diminum, karena ia sudah steril sesaat setelah dikeluarkan dari buahnya. Saat ini, banyak minuman kaleng yang menawarkan sumber elektrolit asli dari kelapa. Benarkah mereka murni?,,, Sayangnya, air kelapa olahan seperti ini sudah dipasturisasi, dan tentunya masih kalah baik dengan air kelapa yang asli ketika kita ambil langsung dari buahnya.
Air kelapa yang masih segar alami belum dipasteurisasi, karena itu ia masih mengandung enzim yang membantu mendetoksifikasi(mengeluarkan racun dari tubuh) sekaligus memperbaiki tubuh. Air kelapa memang merupakan sumber elektrolit alami, seperti kalium, yang diperlukan untuk hidrasi yang tepat. Elektrolit juga diperlukan untuk mendapatkan kontraksi otot yang tepat, dan untuk menghasilkan energi dari dalam tubuh. Air kelapa mengandung kalium, dimana ini baik untuk mengatasi hipertensi, kalium berguna untuk mengatasi kelebihan natrium sebagai biang darah tinggi.Jika perkecualian untuk anda, misalnya medis mengatakan untuk menghindari kalium, maka air kelapa sebaiknya harus anda hindari.

Manfaat air kelapa bagi kesehatan, lebih banyak lagi selain hanya sekedar sebagai pelepas dahaga yang segar.

Air kelapa adalah minuman yang alami menyegarkan, tentu sangat baik untuk pengisian elektrolit. Dalam musim yang panas, memungkinkan seseorang untuk kehilangan sejumlah besar air melalui keringat. Air kelapa mengandung jumlah tinggi elektrolit-kalium, sehingga dapat mengisi komposisi elektrolit dalam cairan tubuh. Air kelapa lebih baik daripada jus buah segar atau yang dikemas bersama soda atau dalam minuman energi. Karena air kelapa asli  tidak dicampur dengan bahan pengawet atau pemanis buatan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati segarnya air kelapa pada saat cuaca panas untuk mendapatkan hidrasi yang baik.

Lihat juga :   Diabetes, resiko banyak makan daging merah

Air kelapa membantu menurunkan berat badan

Minum air kelapa juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan, karena air kelapa alami rendah lemak, kolesterol dan klorida. Ini mengurangi keinginan orang untuk sering makanan, karen ini akan membuat orang selalu merasa kenyang.

Baik untuk penderita diabetes

Air kelapa adalah minuman yang juga sangat baik bagi penderita diabetes, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan  penderita diabetes untuk menjaga kadar gula tetap terkontrol.

Mengurangi resiko sakit batu ginjal

Risiko batu ginjal akan berkurang dengan kehadiran mineral kalium dan magnesium dalam air kelapa. Cairan kelapa yang lembut bertindak sebagai diuretik alami,  karena memiliki sifat yang cenderung meningkatkan aliran dan produksi urin. Urolog di seluruh dunia merekomendasikan bahwa penderita batu ginjal harus minum air kelapa setiap hari, sebagai alternatif mengurangi ukuran batu secara bertahap, sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

Sumber vitamin

Air kelapa Sarat dengan nutrisi penting, air kelapa merupakan sumber yang sangat baik vitamin B-kompleks seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan folat. Air kelapa Juga kaya asam amino, enzim, serat makanan, vitamin C dan mineral seperti kalium, magnesium dan mangan. Itulah kenapa jika air kelapa sangat menguntungkan, karena juga memiliki sifat anti bakteri dan virus.

Air kelapa membantu perawatan kulit

Air kelapa merupakan keajaiban bagi kulit Anda. Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sitokinin yang bermanfaat sebagai zat anti efek penuaan. Ketika diterapkan pada jerawat, flek, keriput, stretch mark, selulit dan eksim, air kelapa akan membersihkan sampai kulit menjadi tampak lebih muda dan halus. Air kelapa juga  dapat digunakan sebagai pelembab ringan,  jika Anda memiliki masalah kulit berminyak. Selain manfaat bagi kulit, air kelapa juga membantu dalam memperbaiki dan mempercepat pertumbuhan kuku dan rambut.

Lihat juga :   Efek dan Pengaruh Gigi berlubang terhadap kesehatan

Air kelapa baik untuk penderita hipertensi

Air kelapa mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi,  sehingga dapat mengurangi hipertensi dengan cara membantu ekskresi air keluar dari dalam tubuh. Kalium akan membantu mengatasi dampak kelebihan natrium, salah satu penyebab umum darah tinggi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan

  1. Ada berbagai macam jenis buah kelapa. Apakah semua air kelapa memiliki manfaat yg sama ? Atau hanya air kelapa hijau ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *