Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

manfaat bersepedaBersepeda merupakan salah satu aktifitas fisik yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat bersepeda yang paling utama adalah mengurangi resiko kematian, bagaimana tidak, sebab kita akan terhindar berbagai penyakit terkenal mematikan seperti jantiung, diabetes, stroke, dll. Sebuah organisasi kesehatan di Denmark melakukan penelitian selama 15 tahun terhadap bersepeda, dan hasilnya berepeda terbukti menurunkan 40% angka kematian  untuk segala usia dan jenis kelamin. (Sumber:Archives of Internal Medicine, 2000).

Advertisement

Pada dasarnya, orang yang siklus hidupnya selalu aktif bergerak secara konsisten bisa mengharapkan harapan hidup yang lebih lama dan lebih baik.(Rilis American Journal of Public Health edisi 1986 ).

Bersepeda juga akan memberikan tingkat kebugaran tubuh menjadi lebih tinggi. Rata-rata seseorang yang bersepeda setiap hari memiliki tingkat kebugaran 10 tahun lebih muda.

Berikut manfaat bersepeda bagi kesehatan

Mengurangi berat badan

Bersepeda bila dilakukan secara teratur baik untuk mengontrol berat badan yang ideal. Bersepeda meningkatkan tubuh untuk membakar kalori serta meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Kontrol tekanan darah lebih baik

Bersepeda mengontrol tekanan darah hingga 10/8 mmHg pada pasien dengan hipertensi (Journal of Cardiovascular Pharmacology, 1995).

Menurunkan ritme denyut jantung.

Denyut jantung dengan ritme yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan kematian akibat penyakit kardiovaskular,  dan peningkatan risiko kematian mendadak setelah serangan jantung pada orang yang sehat.

Meningkatkan HDL (koleterol baik) , dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) .

Jika perbandingan LDL lebih tinggi dari HDL, berarti darah Anda sarat dengan kolesterol jahat dan semakin sulit bagi HDL untuk menghapusnya, yang berarti kelebihan kolesterol akan menumpuk pada jaringan dan arteri. Akhirnya terjadi pengerasan arteri (aterosklerosis), yang dapat menyebabkan sebagian besar serangan jantung.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B - Makanan tinggi vitamin B

Mencegah penyakit jantung.

Bersepeda secara rutin dapat memperkecil kemungkinan menderita penyakit jantung, salah satu dari penyakit yang mematikan no  3 didunia. Sebuah studi melaporkan penurunan 50% resiko penyakit jantung fatal dan non-fatal pada pegawai yang bersepeda lebih dari 20 mil / minggu.

Kesehatan jantung.

Bersepeda juga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung koroner. Dalam sebuah penelitian, olahraga teratur pada static cycle machine pada pasien dengan gagal jantung dapat meningkatkan fungsi jantung (Lancet, 1990).

Mengurangi resiko diabetes.

Olahraga telah terbukti untuk menurunkanan tingkat resiko terhadap penyakit diabetes mellitus. Pada pasien dengan diabetes mellitus, olahraga teratur akan mengakibatkan peningkatan kontrol gula darah .

Mengurangi resiko kanker.

Aktivitas fisik telah terbukti berhubungan dengan kecepatan penurunan kanker (misalnya: kanker usus, dan mungkin juga kanker pay* d ara) (European Journal of Epidemiology, 2000).

MENGURANGI resiko kolesistektomi

Mengurang resiko Operasi pengangkatan kantong empedu(kolesistektomi) , rata-rata pada wanita (New England Journal of Medicine, 1999).

Manfaat bagi kehamilan.

Bersepeda saat hamil dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dan olahraga teratur dapat mengurangi resiko persalinan (Bicycling, Juni 1988).

Meningkatkan kekuatan otot.

  • Bersepeda adalah kegiatan yang bukan merupakan angkat beban, namun bersepeda bisa menyebabkan kekuatan otot yang semakin meningkat dan peningkatan mobilitas dan koordinasi (Allot & Lomax and Policy Studies Institute, 1998).
  • Mengurangi tingkat kecemasan, depresi dan stres (Preventive Medicine, 1988).
  • Melatih otot-otot pernapasan (Laporan dari Royal College of Physicians, London, 1991).

Jadi, jangan ragu lagi jika mulai sekarang Anda akan mulai untuk bersepeda. Gowes ramai-ramai bersama kawan-kawan, hati senang, jantung sehat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *