Manfaat buah Blueberry bagi kesehatan

Manfaat makan buah blueberry bagi kesehatanApakah Anda pernah mencicipi blueberry ? Apakah Anda menyukai rasanya yang tajam?..Jika Anda mencobanya,  seperti kebanyakan yang orang lakukan, maka Anda akan sgera menyukainya hanya dalam beberapa menit. Bluberi adalah salah satu buah super yang  memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan.

Advertisement

Blueberry adalah buah yang masuk dalam keluarga tanaman Vaccinium. Bluberi terdapat dua varietas terkenal, yang pertama adalah jenis bluberi liar, dengan nama ilmiah Vaccinium angustifolium. Dan yang jenis kedua adalah Vaccinium corymbosum, yang umumnya dikenal sebagai bluberri yang dibudidayakan. Masih Ada satu jenis lain, namun varietas ini jarang, yang memiliki nama ilmiah Vaccinium pallidum.

Berikut beberapa manfaat dahsyat makan buah Blueberry bagi kesehatan:

 

Antipenuaan (Anti-Aging):

Selain faktor genetik, penuaan sebenarnya tidak ada solusi yang jelas, namun karena pertimbangan efek radikal bebas sebagai penyebab utama berbagai gejala penuaan, maka blueberry  akan membawa harapan untuk tetap muda. Hal ini karena buah bluberi adalah buah yang mengandung antioksidan nomor 1 di dunia. Blueberri mengandung zat antosianin, adalah pigmen yang membuat warna biru pada blueberry. Tingginya kandungan vitamin C juga merupakan faktor yang besar untuk klaim ini. Anda dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput , bintik-bintik hitam, katarak, osteoporosis, rambut rontok, demensia, dan penyakit Alzheimer dengan makan blueberry.

Infeksi Saluran Kemih :

Pembentukan koloni bakteri tertentu seperti b-coli pada lapisan dinding bagian dalam saluran kemih merupakan penyebab infeksi ini. Ini menyebabkan radang, rasa panas saat mengeluarkan urin dan komplikasi lain. Untuk membantu kondisi ini, blueberry bisa sangat bermanfaat. Blueberry mengandung senyawa yang sebagian besar polimer, yaitu seperti molekul yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang akan menambah efek ini. Molekul dalam bluberri ini akan menggesek bakteri dari dinding di saluran kemih, sehingga dapat mencegah infeksi. Sejauh ini, senyawa ini hanya ditemukan dalam buah cranberry dan blueberry.

Lihat juga :   Daftar makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Kesehatan mata & pencegahan Degenerasi makula:

Blueberry adalah salah satu cara alternatif terbaik untuk menggeser peran kacamata , lensa kontak, tetes mata, obat-obatan dan operasi mata. Ini karena sifat antioksidan bluberi dapat mencegah atau menunda semua masalah pada mata yang terkait usia, seperti degenerasi makula, katarak, miopia, hipermetropia, kekeringan, dan infeksi, terutama yang berkaitan dengan retina. Degenerasi makula adalah masalah yang serius, dimana retina mata akan berdegenerasi secara bertahap, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan total.  Blueberry mengandung kelompok antioksidan khusus yang disebut karotenoid ( lutein , zeaxanthin dll ), flavonoid (seperti rutin, resveritrol, quercetin dll ), dan senyawa antioksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, selenium, seng dan fosfor, dimana semua sangat bermanfaat dan penting untuk kesehatan mata .

Fungsi Otak, ingatan & Penyakit Alzheimer(pikun) :

Sekali lagi, sifat antioksidan blueberry ikut berperan disini. Antosianin, selenium, vitamin A, B kompleks, C dan E, seng, natrium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, dan mangan, semua dapat mencegah dan menyembuhkan gangguan neurotik dengan jalan mencegah degenerasi dan kematian neuron. Nutrisi penting tersebut juga bermanfaat melindungi sel-sel otak, serta membantu mengembalikan kesehatan sistem saraf pusat. Sulit untuk percaya bahwa buah ini juga bisa menyembuhkan masalah serius seperti penyakit Alzheimer. Karena memiliki efek yang menyembuhkan kerusakan sel-sel otak dan jaringan neuron,  maka bluberri juga bermanfaat untuk menjaga ingatan agar tajam untuk waktu yang lama.

Sembelit & Pencernaan :

Serat ( fiber ) dalam blueberry akan mencegah sembelit. Vitamin, natrium, tembaga, fruktosa dan asam akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan, dengan merangsang kerja lambung dan cairan pencernaan yang benar untuk melancarkan perjalanan makanan.

Kanker :

BlueBerrie juga telah membuktikan manfaatnya bagi pasien kanker, karena mengandung senyawa tertentu seperti Pterostilbene (obat yang sangat baik untuk usus besar dan kanker hati). Dan asam ellagic yang selaras dengan antosianin dan antioksidan lainnya seperti vitamin C dan tembaga, dapat melakukan keajaiban kedua untuk mencegah dan menyembuhkan kanker .

Lihat juga :   Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Penyakit Jantung :

Kandungan serat yang tinggi, antioksidan, dan kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menjadikan buah bluberri sebagai suplemen diet yang ideal untuk menyembuhkan penyakit jantung, serta memperkuat otot-otot jantung .

Meningkatkan Kekebalan tubuh :

Blueberry yang sangat kaya akan antioksidan seperti antosianin, vitamin C, B kompleks, vitamin E, vitamin A, tembaga ( pembangun sistem kekebalan tubuh yang sangat efektif dan zat antibakteri), selenium, seng, dan besi (mempromosikan kekebalan dengan meningkatkan hemoglobin dan konsentrasi oksigen dalam darah) , maka serius dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi. Setelah sistem kekebalan tubuh Anda kuat, maka Anda tidak akan mudah pilek, demam, cacar dan banyak penyakit menular lainnya yang disebarkan oleh bakteri dan virus .

Manfaat lain rutin makan bluberry:

Blueberry akan membuat tubuh Anda selalu merasa segar, aktif, fit, cerdas,  serta dekat dengan alam dan selalu dalam mood yang baik, karena bluberri juga merupakan antidepresan yang sangat baik. Anda juga tidak perlu lagi untuk menghabiskan banyak uang untuk obat-obatan, karena blueberry efektif terhadap begitu banyak kondisi kesehatan yang berbeda. Juga tidak ada efek samping negatif yang terkait dengan makan buah blueberry. Suatu hal yang menarik tentang blueberry adalah bahwa,  semakin gelap warna blueberry, maka akan semakin kaya antioksidan dan nutrisi obat lainnya .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *