Manfaat Buah Mengkudu

manfaat mengkuduMengkudu adalah tanaman yang memiliki nama  latin Marinda citrifolia, Linn, dan masih termasuk dari keluarga tanaman Rubiaceae. Kalau di indonesia, mengkudu banyak dikenal juga dengan sebutan buah noni, buah pace atau buah kudu. Dari berbagai sumber yang pernah saya baca, katanya mengkudu adalah tanaman berbuah yang berasal dari Asia tenggara.Tanaman mengkudu mudah tumbuh subur dimana-mana tanpa perawatan khusus. Pada umumnya tanaman noni ini mudah tumbuh hingga ketinggian tanah 1500 m DPL. Pohon buah mengkudu dapat tumbuh subur, hingga mencapai rata-rata ketinggian  3-8 meter. Ciri mengkudu memiliki bunga berbongol dan berwarna putih, dan buahnya termasuk  buah majemuk, masih muda berwarna hijau mengkilap serta memiliki bintik-bintik atau totol-totol. Pada saat buah sudah tua , mengkudu akan berubah  warna menjadi putih dan berbintik bintik hitam.

Advertisement

Kandungan zat gizi dan kimiawi buah mengkudu, serta khasiat manfaat mengkudu untuk kesehatan dan pengobatan

Manfaat Buah MengkuduBuah mengkudu muda seringkali dimanfaatkan sebagai bahan untuk sayur, rujak dan bahkan untuk membuat jus mengkudu. Orang memanfaatkan mengkudu tak lain adalah untuk mendapatkan khasiat dari buah yang dikenal juga dengan sebutan buah noni ini. Buah mengkudu telah banyak dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) dalam darah.
Bukan tanpa alasan kenapa orang sejak dulu memanfaatkan sari buah noni ini, karena buah unik yang satu ini mengandung zat gizi yang lengkap, meliputi vitamin, mineral, dan protein. Senyawa kimiawi yang terdapat dalam mengkudu adalah xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, coprylic, acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace, elemens, phenylalanine, dan magnesium.

Untuk mendapatkan khasiat dari buah mengkudu, kita cukup hanya dengan mengolahnya secara sederhana. Walaupun saat ini sudah banyak suplemen buah mengkudu, kalau Anda mudah memperoleh buah ini, kenapa tidak membuatnya sendiri secara alami?..

Lihat juga :   Cara mengobati dan mengatasi Sariawan secara alami

Cara memanfaatkan mengkudu untuk membantu pengobatan penyakit

 

Caranya cukup mudah, ambil saja buah mengkudu secukupnya, terutama yang masih muda. Cuci bersih, kemudian Rajang kecil kecil dan diblender menggunakan air matang secukupnya. Saring jus mengkudu tadi, ambil airnya dan langsung diminum. Boleh ditambah madu atau es, agar rasanya lebih enak dimulut.

Sifat buah mengkudu dalam membantu metabolisme tubuh adalah dapat membersihkan endapan lemak darah dan dapat membatasi penyerapan lemak. Sehingga khasiat mengkudu yang akan anda dapatkan adalah bebas kolesterol tinggi, terhindar dari darah tinggi, bebas stroke, mengurangi resiko sakit jantung. Kalaupun anda sudah menderita darah tinggi, rutin minum jus mengkudu amat disarankan , agar darah tinggi yang diderita menjadi turun.
Khasiat lain dari buah mengkudu adalah dapat menyembuhkan aterosklerosis , penyakit kuning, paradangan hati, radang ginjal dan radang limpa, membantu membuang cairan empedu, dan juga dapat menyembuhkan radang saluran kencing .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *