Manfaat cuka apel untuk kesehatan

Cuka apel yang umumnya hanya dimanfaatkan sebagai tambahan makan salad ternyata diyakini banyak memiliki manfaat yang luarbiasa. Cuka apel sudah populer digunakan diseluruh dunia, dan mengenai potensinya bagi kesehatan telah banyak dibahas pada situs-situs kesehatan besar dunia. Antara lain cuka sari apel dikatakan baik untuk rambut, perawatan kulit,penyembuhan ,memasak bahkan sebagai alat pembersih rumah tangga.

Advertisement

Cuka apel biasanya akan terlihat memiliki endapan seperti mengambang dibagian dasar botol. Sebenarnya yang tampak di bagian bawah botol itulah bagian yang paling penting dari cuka apel!. Inilah yang dianggap berisi enzim mentah dan bakteri usus ramah yang berguna untuk mendukung penyembuhan.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Cuka sari apel dapat membantu bagi penderita diabetes mengontrol kadar glukosa darah. Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University menemukan bahwa cuka sari apel memperlambat laju kadar gula darah yang umumnya akan meningkat setelah makan. Beberapa peserta tes diberikan 20 gram cuka sari apel yang dicampur dengan secangkir air dan dipermanis dengan sakarin, sementara yang lain diberikan plasebo. Seluruh kelompok peserta uji kemudian diberikan sarapan yang kaya karbohidrat,  yang terdiri dari jus jeruk, bagel putih, dan mentega. Orang-orang yang  meminum cuka sari apel ternyata mengalami lonjakan glukosa darah yang lebih kecil. Cuka sari apel kelihatnannya memiliki efek yang sama seperti obat pengendali insulin seperti acarbose dan metformin.

Menurunkan Kolesterol jahat

LDL atau kolesterol “jahat” akan menumpuk didinding arteri Anda, dan akan meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan kondisi serius lainnya. Sebuah studi tahun 2006, peneliti menemukan bahwa asam asetat dalam cuka sari apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada tikus.

Lihat juga :   Akibat bagi tubuh jika kurang minum air putih

Mengurangi Lemak Tubuh

Cuka sari apel Paling populer digunakan sebagai bagian dari makanan pelaku diet menurunkan berat badan. Untuk penggunaan ini, direkomendasikan untuk mencampur 1-2 sendok cuka apel kedalam gelas, dan meminumnya sebelum makan. Belum diketahui secara jelas bagaimana cuka apel ini bekerja untuk itu. namun hal ini diduga karena cuka apel dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi retensi air. Sebuah studi yang dilakukan oleh Arizona State University menegaskan bahwa cuka sari apel dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Manfaat lain dari cuka apel

Membilas rambut:

Cuka sari apel, bila digunakan untuk membilas rambut, maka akan membuat rambut terasa halus dan mengkilap. Cuka apel akan membantu secara ekstra untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Hal ini akan menyeimbangkan pH rambut Anda dengan cara membantu untuk menutup kutikula dan membuat rambut halus. Lainnya dari manfaat cuka apel untuk membilas rambut adalah dapat membantu menghilangkan ketombe, membersihkan minyak, dan menghilangkan gatal dan iritasi kulit kepala.

Toner wajah:

Penderita Psoriasis memuji cuka sari apel karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Oleskan beberapa tetes cuka apel ke kapas dan oleskan merata pada daerah T pada wajah, atau langsung pada bintik kering lainnya untuk mencegah jerawat dan mengurangi luka permanen akibat jerawat.

Mouthwash:

Campur cuka sari apel dengan air, kemudian hanya dipergunakan untuk kumur. Antiseptik dalam cuka apel akan memecah plak dan bakteri penyebab bau nafas tak sedap.

Mengencangkan kulit:

Jika suatu saat Anda mau mandi air hangat, tambahkan satu atau dua tutup cuka sari apel. Hal ini menarik racun untuk keluar dari tubuh, serta akan meninggalkan kulit yang kencang dan lembab.

Lihat juga :   Cara Memanfaatkan Lidah buaya untuk masker wajah dan kecantikan Kulit

Menghilangkan kutil:

Cobalah ambil kapas kemudian direndam kedalam cuka sari apel, lalu pergunakan untuk perban kutil. Biarkan semalam dan lepas perban di pagi hari. Jika ini dilakukan secara konsisten dalam seminggu, mungkin Anda sudah mulai dapat melihat hasilnya. (Peringatan: Jangan gunakan jika kulit Anda mengering)

Merendam kaki:

Melakukan pedicure alami di rumah bisa Anda lakukan dengan cuka sari apel untuk menghilangkan sakit dan kaki bengkak. Ini akan membantu untuk ibu hamil, pelari, serta pemakai sepatu hak tinggi.

Deodoran:

Kebanyakan deodoran antiperspirant komersial dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk berkeringat. Padahal bereringat merupakan salah satu cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun. Sehingga menghalangi kemampuan untuk berkeringat bisa memblokir kemampuan tubuh untuk ini. Ditambah lagi sebagian besardeodoran dan antiperspirant mengandung aluminium dan bahan kimia lain serta wewangian sintetis. Anda benar-benar bisa menggunakan cuka sari apel sebagai deodoran alami! Cuka sari apel dapat menyerap dan menetralkan bau. Cukup gosok sedikit cuka apel pada ketiak Anda, dan cuka apel akan menyerap dan mengurangi bau badan. Bau cuka akan menghilang setelah mengering.

Peringatan serta efek samping

Cuka sari apel pada umumnya dianggap aman. Namun, minum zat asam seperti jus lemon atau cuka sari apel bisa buruk bagi enamel gigi. Hal ini dapat meningkatkan resiko gigi sensitif dan gigi kekuningan. Setelah minum cuka, berkumurlah dengan air untuk mencegah masalah asam dan gigi. Terlalu banyak mengkonsumsi Cuka sari apel juga dapat menurunkan kadar kalium sehingga dapat melemahkan tulang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *