Manfaat dan Kandungan nutrisi Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk nipis

Jeruk nipis biasa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk membuat sambal yang enak, atau dipakai sebagai bumbu tambahan untuk makan soto.  Jeruk nipis dipercaya sanggup untuk menghilangkan bau amis pada masakan ikan atau ayam. Diluar pemanfaatan jeruk nipis sebagai bumbu masak, sebagian masyarakat juga banyak yang memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati batuk secara alami. Dan Anda juga perlu tahu juga, jika jeruk nipis ( Citrus Aurantium) ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Buah ini juga dikenal sebagai zhi shi (dalam pengobatan tradisional Cina), dan dikenal sebagai green orange, sour orange dan bitter orange di belahan dunia lain.
Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.

Advertisement

Kandungan nutrisi pada jeruk nipis dan Cara pemanfaatan jeruk nipis untuk pengobatan:

Jeruk nipis mengandung senyawa kimiawi seperti:

  1. Asam sitrat,
  2. Asam amino=>triptofan dan  lisin,
  3. Minyak atsiri => sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid.
  4. Damar,
  5. Glikosida,
  6. Asam sitrun,
  7. Lemak,
  8. Kalsium,
  9. Fosfor,
  10. Zat besi,
  11. dan belerang.

Kandungan nutrisi dan gizi Jeruk Nipis Per 100 Gram :

  • Vitamin C , sebesar 27 mg
  • Vitamin B1, sebesar 0.04 mg
  • Protein , sebesar 0.9 gram
  • Lemak , sebesar 0.2 gram
  • Karbohidrat, sebesar 11.4 gram
  • Mineral , sebesar 0.5 gram
  • Kalsium , sebesar 33 mg
  • Fosfor , sebesar 23 mg
  • Zat besi , sebesar 0.4 mg
  • Asam askorbat, sebesar49 mg
  • Energi , sebesar 51 kal
  • Sisanya Air ,sebanyak 86 gram

Penggunaan jeruk nipis untuk mendapat khasiat pengobatan alami:

Meredakan Amandel: Ambil 1 buah jeruk nipis dan  rimpang kunyit sebesar ibu jari dan diparut diparut, dan 2 sendok makan madu. Kunyit yang sudah diparut diambil airnya, tambahkan air setengah gelas, tambahkan air perasan jeruk nipis dan dicampur madu asli. Saring, dan lakukan pengobatan ramuan jeruk nipis ini sebanyak 2 kali sehari.

Lihat juga :   Manfaat Minum Teh bagi kesehatan

Meredakan Ambeien: Ambil beberapa potong akar jeruk nipis. Bersihkan dari tanah, kemudian direbus dengan setengah liter air hingga air tersisa separohnya, saring dan minum airnya selagi hangat. Lakukan ini setiap hari pada sorenya saat mau istirahat.

Mengatasi Terlambat datang bulan: Ambil 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya. Parut kunyit kemudian diperas untuk diambil airnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis yang, kemudian beri kapur sirih dan garam secukupnya . Cukup minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

Mengatasi Nyeri Haid: Ambil 1 buah jeruk nipis, jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, dan seppotong gula kelapa. Jeruk nipis diperas dan ambil airnya, jahe diparut dan diperas, kemudian kedua cairan perasan jeruk nipis dan jahe ditambahkan ¾ gelas air masak,  lalu saring.Cukup diminum pada hari pertama datangnya haid.

Mengatasi Perut mules: Ambil 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Caranya kunyit diparut, diperas dan airnya diberi air jeruk nipis. Minum saat perut merasa mules.

Buah jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk  menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus ada kulit. Jeruk nipis juga bisa untuk mengatasi bau mulut tak sedap, karena kandungan asam pada jeruk nipis dapat mematikan kuman penyebab bau mulut.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *