Manfaat Daun Salam untuk Darah tinggi, Diabetes dan Kesehatan

manfaat daun salam untuk kesehatanDaun salam yang umumnya di gunakan sebagai bumbu memasak ini sebenarnya memiliki manfaat yang lebih jauh dari sekedar untuk  itu. Hal ini khususnya manfaat daun salam untuk kesehatan, yakni  termasuk bisa membantu mengtatas darah tinggi, diabetes, masalah pencernaan, penyakit arteri atau jantung, infeksi, masalah menstruasi , masalah tidur, hingga pencegahan kanker.  Apa dan bagaimana daun salam?, serta bagaimana bisa salam dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan diatas? berikut mari kita bahas secara ringkas namun jelas!

Advertisement

Daun salam banyak digunakan dalam bentuk segar, kering , atau dibuat bubuk daun salam. Daun salam juga bisa di ambil minyaknya yang disebut dengan minyak daun salam, yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Daun salam memiliki rasa pahit, sehingga tidak bisa dimakan langsung, tetapi sering digunakan untuk memberikan rasa khas untuk berbagai masakan. Daun salam juga banyak digunakan di India, Nepal, dan sekitarnya. Minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam juga digunakan sebagai wewangian, yang juga memiliki sifat  menolak lalat, ngengat, tikus dll. Daun salam memiliki sifat obat, yang sangat dikenal dikenal sebagai zat anti-bakteri,  anti-jamur, anti-inflamasi, diuretik, dll.

Jenis-jenis daun salam

Daun salam ini terdiri dari banyak varietsm, dan beberapa yang umum adalah sbb :

  •  Indonesia bay leaf (Syzgium polyanthum, Myrtaceae): Tanaman salam asli Indonesia, banyak digunakan untuk memasak daging dan terkadang juga untuk sayuran.
  • Bay laurel ( Laurus nobilis Lauraceae ) : Laurel  Mediterania Bay, daunnya sering digunakan baik dalam bentuk segar maupun kering  untuk sup, semur, rebus dll  pada masakan Mediterania.
  • California Bay Leaf ( Umbellularia californica ) : Juga disebut California laurel, Pepperwood, serta Oregon myrtle, jenis ini mirip dengan laurel Mediterania Bay, namun memiliki rasa yang lebih lebih kuat.
  • India Bay Leaf ( Cinnamomum tamala, Lauraceae ): India Bay Leave atau malabathrum, memiliki rasa dan aroma yang mirip dengan kulit kayu manis namun sedikit lebih ringan.
  • West Indian Bay Leaf ( Pimenta racemosa, Myrtaceae): Varietas salam yang satu ini daunnya banyak digunakan untuk memproduksi cologne yang disebut dengan  bay rum.
Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Manggis

Berbagai Manfaat Daun salam untuk Kesehatan:

Daun salam mengandung zat aktif, vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk :

Diabetes

Daun salam efektif  mengobati diabetes tipe 2 karena bisa menyebabkan penurunan gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Untuk bisa merasakan khasiatnya secara maksimal, bentuk bubuk daun salam harus dikonsumsi selama 1 bulan. Tak hanya menurunkan kadar gula darah, namun sekaligus mengatur fungsi jantung. Manfaat ini di berikan oleh zat antioksidan yang banyak terdapat dalam daun salam, yang memungkinkan tubuh untuk memproses insulin secara lebih efisien; dengan demikian sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan orang yang memiliki masalah dengan resistensi insulin.

Kesehatan  Pencernaan

Daun salam baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, bahkan bisa mengobati gangguan pencernaan seperti sakit maag dan perut kembung karena masuk angin. Teh daun salam dengan cara merebus daun salam segar dan diminum bisa  meringankan gangguan pencernaan umum seperti sembelit, asam lambung, dan BAB tidak teratur.   Untuk masalah gangguan pencernaan dan perut kembung, Anda dapat mengambil 5 gram daun salam, tambahkan sepotong jahe dan didihkan dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya. Supaya enak bisa di tambahkan madu minum dua kali sehari. Hal ini juga bisa menambah nafsu makan, jika Anda baru saja sembuh dari sakit.

Masalah jantung dan stroke

Fitonutrisi yang terkandung dalam daun salam bisa mencegah penyakit terkait kardiovaskular seperti  penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Hal ini karena daun salam mengandung asam salisilat, asam caffeic, dan zat aktif yang berperan meningkatkan kesehatan dan  fungsi jantung.

Pengobatan flu dan demam

Daun salam efektif meredakan gejala pilek, flu dan demam infeksi. Rebus 2 sampai 3 daun salam sampai mengeluarkan uap, lalu rendam kain kedalam air dan letakkan di dada  untuk meringankan flu, pilek, dan batuk. Untuk mengatasi demam, rebus daun salam 3 lembar daun salam dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya; lalu saring dan minum .

Lihat juga :   Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Pencegahan kanker

Daun salam adalah antikanker karena mengandung antioksidan yaitu caffeic acid, quercetin, euganol dan catechin yang semuanya memiliki sifat perlindungan dan ketahanan tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Hal ini juga mengandung fitonutrisi yang disebut parthenolide yang telah terbukti secara khusus bisa menahan proliferasi sel kanker serviks.

Mengobati masalah  Menstruasi

Daun salam yang diminum bisa membuat menstruasi yang tidak teratur kembali menjadi teratur dan normal. Hal ini juga memiliki sifat dapat menyembuhkan keputihan seperti halnya daun sirih.

Memudahkan tidur

Mengkonsumsi daun salam pada waktu akan tidur bisa memberikan kepada kita tidur yang berkualitas. Untuk tujuan ini campurkan beberapa tetes ekstrak daun salam dengan air putih dan diminum.

Masalah Ginjal

Daun salam bisa membantu pengobatan ginjal terutama infeksi ginjal dan  batu ginjal. Untuk pengobatan ini, rebus 5 gram daun salam dengan 200 ml air sampai tinggal seperempatnya; setelah itu saring dan minum sebanyak dua kali sehari. Hal ini akan menghentikan pembentukan batu ginjal.

Tekanan darah tinggi

Daun salam mengandung zat flavonoid dan tanin yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk tujuan ini, ambil 10  lembar daun salam dan cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih sampai air tersisa satu gelas, kemudian minum sekali dalam sehari secara teratur.

Asam urat

Daun salam  juga bisa membantu menyembuhkan asam urat karena mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C . Untuk tujuan ini, ambil 10 lembar daun salam yang telah dikeringkan dengan  dijemur, lalu cuci dan rebus dengan 200 ml air dan biarkan mendidih sampai tersisa 1/4nya. Minum ketika masih hangat, dan rutin sekali sehari.

Meningkatkan Daya tahan tubuh

Daun salam juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C dan mengandung zat  antioksidan.

Demikian berbagai manfaat hebat daun salam untuk kesehatan, selain yang seperti sudah biasa kita gunakan sebagai penambah rasa pada masakan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *