Manfaat Daun Sirih

Advertisement

Anda pastinya sudah kenal yang namanya daun sirih, karena tanaman yang satu ini banyak diperkenalkan untuk kesehatan semenjak dulu. Menurut para orang tua, daun sirih memiliki banyak manfaat mujarab bagi kesehatan tubuh.

Daun sirih banyak digunakan terutama untuk mengobati gangguan umum pada wanita, yaitu untuk mengatasi kondisi keputihan pada wanita.

Kandungan zat pada daun sirih, serta manfaat daun sirih untuk pengobatan alami

Daun sirih digunakan untuk mengatasi keputihan memang masuk akal. Karena zat yang terkandung pada daun sirih diketahui para ahli masa kini mengandung Minyak atsiri, minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase dan gula. Zat yang bernama samak dan kavikol pada daun sirih inilah yang memiliki daya mematikan kuman atau antiseptik dan anti jamur pada keputihan.

Manfaat Daun SirihPemanfaatan daun sirih untuk pemeliharaan kesehatan  sekarang sudah banyak dilakukan oleh industri produk kesehatan berbahan dasar tanaman herbal. Misalnya, produk sabun kebersihan khusus wanita biasanya selalu menggunakan daun sirih sebagai bahan aktif anti  kuman.

Khasiat daun sirih sudah teruji secara klinis dalam menyembuhkan keputihan, dan ini sudah melalui berbagai macam penelitian. Seperti yang diungkapkan oleh Amir Syarif, Bagian Farmakologi Universitas Indonesia, bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan plasebo. Pengujian yang telah dilakukan melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penderita penyakit hati dan ginjal. Dua puluh partisipan mendapatkan daun sirih, sedang sisanya yang lain diberi plasebo.

Baik daun sirih dan plasebo diberikan pada pasien sebelum tidur selama tujuh hari. Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang, masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja yang dinyatakan sembuh.
Penelitian lainnya mengenai manfaat daun sirih juga pernah dilakukan di IPB Bogor. Ir. Nuri Andarwulan, Msi dan kawan-kawan dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB melakukan penelitian dengan memanfaatkan limbah minyak asiri dari daun sirih untuk memproduksi zat antioksidan.

Daun sirih sebenarnya juga bisa langsung dipergunakan untuk mengobati keputihan, dan hal ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kit semenjak dahulu.
Mengobati keputihan secara alami dengan daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan infeksi akibat jamur dan bakteri, penyebab utama keputihan. Hal ini karena sifat antiseptik dari daun sirih.

Cara memanfaatkan  daun sirih untuk mengobati keputihan secara alami:

Ambil 15 lembar daun sirih, kemudian dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih. Saat air masih dalam keadaan hangat, air sudah bisa langsung bisa di gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Agar permasalahan keputihan tuntas, Lakukan beberapa kali sehari hingga semakin membaik.

Manfaat lainnya dari daun sirih untuk pengobatan alami, yaitu  berguna untuk mengatasi bau badan,bau mulut, sariawan, mimisan, gatal-gatal,koreng dan masih banyak lagi. Tanaman sirih sangat mudah tumbuh subur dimanapun. Untuk itu, tak ada salahnya jika dipojok pekarangan Anda ditanamin daun sirih agar mudah didapat jika butuh sewaktu-waktu.

Advertisement