Manfaat Jeruk Lemon untuk kesehatan

Jeruk lemon memang rasanya sangat asam, dan baru bisa dinikmati jika dicampur dengan air gula. Jeruk lemon biasanya lebih mudah tumbuh dan berbuah lebat.Jeruk lemon juga biasa dipergunakan sebagai bahan tambahan membuat sambal enak atau beberapa jenis masakan lain .
Masyarakat Mesir kuno percaya bahwa mengkonsumsi lemon sangat penting untuk melindungi mereka dari berbagai racun, dan ini sekarang sudah dibuktikan oleh penelitian terbaru. Bukti konsumsi lemon 2.000 tahun yang lalu ditemukan di reruntuhan Pompeii, yang terkubur ketika Gunung Vesuvius meletus. Namun secara umum lemon pertama kali dibudidayakan di India.

Advertisement

Berikut tentang Manfaat lemon dan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya:

Kandungan nutrisi dan mineral pada jeruk lemon

Manfaat lemon dan kandungan gizinyaLemon adalah salah satu sumber yang kaya vitamin C, walau harga jeruk lemon lebih murah, namun ia kaya akan nilai gizi. Satu cangkir jus lemon terdapat 55 gm vitamin C atau lebih dari 70 persen dari kecukupan gizi yang dianjurkan untuk wanita. Selain itu, lemon mengandung potassium, dan beberapa jumlah kalsium dan zat besi.
Seorang Ahli gizi berbasis di Mumbai, Shibani Talpade menegaskan, “Kadar vitamin C dalam lemon dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan membantu mencegah aterosklerosis. Lemon juga mempromosikan penyerapan zat besi, yang pada akhirnya dapat membantu mengembangkan kepadatan tulang, terutama pada wanita dan anak-anak. ”

Jeruk lemon untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit

Jus lemon terdiri dari sekitar 5 persen asam sitrat yang memberikan rasa asam. Jenis buah jeruk yang satu ini daat melawan infeksi dan obat yang cepat untuk menyembuhkan banyak penyakit umum.
Lemon dapat membantu meringankan berbagai masalah pencernaan bila dicampur dengan air panas. Lemon juga berguna untuk memerangi pilek – yaitu satu sendok jus lemon dicampur dengan satu sendok madu dapat memberikan bantuan. Jika lemon ditambahkan ke air panas atau teh, bisa membantu meringankan rasa sakit.

Lihat juga :   Manfaat Buah delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemon juga memiliki juga sifat terapeutik “Ini membantu menyembuhkan luka lebih cepat karena kandungan vitamin C nya dapat merangsang produksi kolagen – syarat utama untuk menyembuhkan luka atau cedera,” kata Talpade. Masalah yang diakibatkan oleh mulut kering dapat diatasi dengan lemon, yaitu yang dapat merangsang aliran air liur secara efektif. Salah satu dari banyak atribut lemon adalah kemampuannya untuk meredakan mual. Mengisap irisan lemon akan membantu untuk meredakan rasa mual.

Jeruk lemon dapat dikonsumsi sebagai minuman jus yang segar , atau Anda bisa juga mendapatkan minuman lemon yang telah banyak tersedia di toko.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *