Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Rambut, dan Kesehatan

manfaat jeruk nipis untuk wajah rambut dan kesehatanTelah dikenal luas manfaat jeruk nipis ini, juga telah banyak digunakan diseluruh dunia untuk membuat selai, permen, minuman, dan bahan tambahan untuk masakan. Selain untuk berbagai keperluan konsumsi tersebut, jeruk nipis juga diekstrak kulitnya untuk diambil minyaknya yang kemudian digunakan sebagai bahan produk untuk merawat rambut, pasta gigi, sabun kecantikan, bahan pengharusm, deodoran, dan obat kumur.

Advertisement

31g air jeruk nipis mengandung sekitar 8 kalori dan serat, rendah lemak. Hanya mengandung sedkit natrium, namun jeruk nipis banyak menyediakan vitamin C, vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, dan mineral termasuk kalsium, folat, magnesium, kalium, Kolin, Fosfor, dan Betaine.

Manfaat yang menguntungkan dari jeruk nipis ini berasal dari air serta kulitnya. Air jeruk nipis memiliki efek yang bermanfaat bagi kulit dan wajah Anda. Hal ini kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C  dan  flavonoid.

Manfaat Jeruk nipis untuk Kulit

Menyingkirkan noda hitam kulit &wajah

Jeruk nipis adalah agen pemutih alami, sehingga dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik hitam pada wajah. Caranya mudah, basahi bola kapas dengan perasan air jeruk nipis kemudian tempelkan pada kulit yang bernoda hitam dan biarkan selama 30 menit. Selama sedang melakukan terapi ini hindari sinar matahari. Cara ini juga dapat digunakan untuk meringankan kulit ketiak hitam.

Mengobati jerawat

Jerawat dan noda jerawat disebabkan ketika kotoran, minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori Anda. Jerawat adalah kondisi yang banyak dialami oleh orang dengan kulit berminyak . Bakteri yang berdiam di pori-pori wajah menyebabkan peradangan, menyebabkan kemerahan serta rasa nyeri. Sifat antibiotik yang dimiliki air jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengobati jerawat Anda, campurkan air jeruk nipis dan madu lalu dioleskan pada kulit yang berjerawat. Madu juga memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri, sementara sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. Gunakan cara pengobatan dengan jeruk nipis dan madu ini setiap minggu secara rutin. Bekas luka akibat jerawat bahkan bisa diringankan hanya dengan cara memijatkan air jeruk nipis  pada daerah kulit yang terkena.

Anti penuaan dini

Flek hitam wajah disebabkan oleh menumpuknya kerusakan kulit oleh UV dan produksi melanin seiring bertambahnya umur. Jeruk nipis menghambat produksi melanin ini. Gosok kulit Anda dengan jeruk nipis yang dibelah, atau mengenakan masker wajah yang mengandung jeruk nipis secara signifikan dapat membantu mengurangi bintik hitam.

Mengatasi tan kulit

Paparan sinar matahari berlebihan bbisa menyebabkan tan pada kulit Anda. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan tan ini secara efektif . Buat masker wajah dengan cara mencampur beberapa gram tepung besan dan dadih, yang ditambahkan beberapa air jeruk nipis. Oleskan masker secara merata pada kulit wajah dan biarkan sampai mengering lalu cuci dengan air dan keringkan. Gunakan seminggu sekali secara rutin.

Mengencangkan wajah dan mengecilkan  pori

Astringent dikenal efektif dapat mengetatkan otot sementara. Itulah kenapa hal ini sering digunakan dalam banyak produk perawatan kulit wajah dan kecantikan. Minyak kulit jeruk nipis memiliki sifat astringent alami dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak sehingga kulit lebih cerah.

Membersihkan Kulit Mati

Zat  asam sitrat dalam kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati. Itulah kenapa kulit jeruk nipis sering digunakan untuk perawatan kecantikan di spa-spa serta  meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah .

Mencerahkan kulit

Minum segelas air hangat plus madu dan air jeruk nipis segar secara teratur dipagi hari akan memberikan cahaya pada kulit Anda .

Meremajakan kulit

Jeruk nipis membantu meremajakan kulit serta mencegah infeksi, karena memiliki zat  antioksidan, desinfektan, dan sifat antibiotik. Banyaknya vitamin C dan flavonoid dalam jeruk nipis akan membantu mengurangi bau badan dan keringat. Campurkan beberapa perasan air jeruk nipis kedalam bak  mandi Anda, atau oleskan langsung pada kulit untuk menggunakannya.

Lihat juga :   Buah terbaik untuk menurunkan berat badan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang paling umum, yaitu kondisi yang ditandai dengan berlebihnya pengelupasan kulit kepala. Jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan shampoo anti ketombe.Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang diketahui sangat efektif dan bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe. Untuk menghilangkan ketombe, gosokkan sepotong jeruk nipis langsung pada kulit kepala. Membilas rambut dengan air yang ditambahkan air jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan ketombe.  Anda bisa mengombinasikannya dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond jiika kulit kepala Anda kering.

Mengatasi rambut berminyak

Rambut berminyak disebabkan oleh sekresi minyak yang berlebih yang disebut sebagai sebum oleh kelenjar sebaceous, sehingga rambut menjadi lengket, berminyak,  dan kusam. Air jeruk nipis bisa menyerap semua kelebihan minyak. Gosokkan sepotong jeruk nipis di kulit kepala selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air untuk menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala dan rambut.  Anda juga dapat menambahkan 1-2 sdm air jeruk nipis kedalam air untuk membilas rambut Anda untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, dan telah digunakan untuk mengobati kebotakan, rambut  menipis dan kerontokan rambut . Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang banyak dimiliki jeruk nipis ini. Air jeruk nipis juga bisa ditambahkan kedalam minyak untuk membantu pertumbuhan rambut.

Membuat Rambut Berkilau

Gunakan air jeruk nipis yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun sebelum mencuci rambut Anda, bisa mengkilapkan rambut. Jeruk nipis juga bisa dicampur dengan shampoo bersama untuk melembutkan dan mengkilapkan rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Mengobati kudis

Kudis adalah penyakit yang disebabkan akibat tubuh kekurangan vitamin C, yang ditandai dengan mudah terinfeksi, sariawan, bibir pecah-pecah, gusi bengkak dan gusi berdarah . Jeruk nipis mengandung tinggi vitamin C sehingga sangat efektif mengatasi masalah kesehatan kulit ini.

Kesehatan Mata

Sifat antioksidan dan antibakteri dari jeruk nipis juga bermanfaat bagi kesehatan mata Anda.  Vitamin C dan flavonoid melindungi mata  dari degenerasi makula penyebab kebutaan di usia lanjut.

Mengobati gout athritis

Gout arthritis disebabkan oleh kelebihan asam urat  dalam tubuh. Asam urat ini biasanya akan dikeluarkan melalui pipis, namun jika kelebihan sisanya akan menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi . Asam sitrat yang banyak ditemukan dalam buah jeruk termasuk jeruk nipis dapat melarutkan asam urat, membuang kelebihan yang lebih banyak lagi melalui urin. Jeruk nipis juga memiliki sifat anti perdangan yang dapat membantu meringankan rasa nyeri gout athritis.

Membantu mengobati sembelit

Kondisi sembelit bisa menyebabkan perdarahan serta rasa tidak nyaman selama BAB. Bahkan hal ini dapat menyebabkan luka yang mirip dengan kanker. Jeruk nipis dapat membantu menyembuhkan  luka tersebut sehingga meringankan kondisi sembelit , yang merupakan akar penyebabnya.

Membantu Pencernaan

Asam yang berasal dari buah ini bisa memperlancar pencernaan diusus halus dengan jalan memecah molekul makro dari makanan. Flavonoid merupakan senyawa yang ditemukan dalam minyak  dari jeruk nipis. Senyawa ini merangsang sistem pencernaan dengan cara meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam.

Mengatasi dehidrasi

Air jeruk nipis adalah tambahan yang baik untuk minuman yang menyegarkan dan mengatasi dehhidrasi dengan cepat plus kaya akan vitamin C.

Mengatasi Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah peradangan kandung kemih akibat kurangnya kebersihan atau reaksi alergi terhadap obat-obatan. Jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang membantu bisa menghilangkan zat toksin dan endapan di ginjal dan kandung kemih. Jeruk nipis  juga memiliki sifat disinfektan, yang dapat membantu penyembuhan infeksi dalam sistem kemih. Air jeruk nipis bisa direbus dengan air , dan diminum tiap beberapa jam.

Lihat juga :   Manfaat Buah delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengobati bisul/tukak lambung

Tukak lambung umumnya terjadi pada lapisan dinding lambung, kerongkongan dan usus kecil bagian atas, yang menyebabkan banyak kasus sakit perut. Asam dari jeruk nipis membantu mengurangi keasaman pada lambung karena menyebabkan reaksi alkali dalam sistem pencernaan. Selain mengandung Vitamin C, jeruk nipis juga mengandung flavonoid,   yang memiliki antioksidan, antibiotik, ant karsinogenik dan sifat detoksifikasi yang memfasilitasi percepatan penyembuhan tukak lambung.

Bermanfaat Bagi Jantung

Jeruk nipis kaya akan serat larut yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah serta kadar LDL atau kolesterol jahat. Serat larut ini juga membantu menyembuhkan peradangan yang tarjdi khususnya pada pembuluh darah, yang akhirnya melindungi dari stroke dan penyakit jantung.

Menurunkan Kolesterol

Jeruk nipis mengandung flavonoid hesperidin, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Jika Anda menderita peningkatan kolesterol , disarankan untuk meningkatkan tingkat hesperidin dengan jalan mengkonsumsi jeruk nipis.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis termasuk menurunkan kelebihan berat badan. Jeruk nipis telah banyak digunakan secara tradisional untuk menurunkan berat badan. Hal ini mengandung asam sitrat, yang merupakan zat pembakar lemak yang sangat baik. Untuk menurunkan berat badan , tambahkan 1-2 sdt air jeruk nipis segar, madu organik dan segelas air hangat. Minum pada pagi hari di saat perut kosong untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Kesehatan Khusus  Wanita

Jeruk yang satu ini mengandung kalsium dan folat, yaitu dua nutrisi yang  penting bagi wanita setelah menopause atau di usia subur. Jeruk nipis segar berukuran sedang mengandung sekitar 22 mg kalsium dan 5 mg folat.

Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang lebih tinggi daripada varietas jeruk lain. Asam sitrat secara alami bisa menghambat pembentukan batu ginjal yang terbuat dari kalsium yang mengkristal. Dianjurkan untuk menggunakan air jeruk nipis yang diperas dari jeruk segar, bukan produk minuman jadi/kemasan.

Untuk diabetes

Jeruk nipis mengandung tinggi serat larut, sehingga membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah, yang sangat dihindari oleh pasien diabetes. Buah jeruk, nipis memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa, sehingga akan menambah manfaat bagi penderita diabetes.

Anti-Kanker

Senyawa limonoid dalam jeruk nipis telah terbukti memiliki sifat anti karsinogenik, sehingga bisa membantu mencegah kanker. Dari pengamatan para ilmuwan diketahui  bahwa limonoid ini dapat menyebabkan kematian pada sel-sel kanker. Selain itu, senyawa ini tetap aktif dalam sel darah lebih lama dan dapat melawan radikal bebas.

Anti infeksi dan anti bakteri

Jeruk nipis membantu melindungi dari infeksi virus penyebab flu biasa, gondok, campak, cacar banyak yang lainnya. Hal ini juga efektif dalam menyembuhkan sakit infeksi tenggorokan,  infeksi usus,  infeksi saluran kencing, dan berbagai infeksi pada sistem pernapasan. Jeruk nipis juga memiliki sifat antiseptik dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit dan  luka luar akibat gigitan serangga dan luka biasa, termasuk efektif dalam menyembuhkan borok, ruam, bisul dan masalah serupa lainnya. Jeruk nipis  dapat digunakan dalam pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti, diare, keracunan makanan, kolera, dan tifus.

Demikian sekian banyak manfaat jeruk nipis untuk kulit, rambut, menurunkan berat badan, dan manfaat untuk kesehatan. Semoa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda tentang berbagai manfaat buah jeruk.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *