Manfaat kunyit untuk Jerawat

Manfaat kunyit untuk JerawatBeberapa orang mengatakan, masalah Jerawat tak lepas dari kehidupan masa remaja. Saya yakin kita semua pasti pernah melalui fase berjerawat dalam hidup kita. Namun untungnya, kasus jerawat pada wajah saya waktu itu tidak terlalu lama, dan juga tidak menjadi parah seperti halnya dalam kasus yang menimpa beberapa teman-teman saya.  Ada beberapa jenis jerawat yang bisa menjadi parah, dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit (terutama wajah ). Ada banyak jenis jerawat, dan yang berpotensi sangat buruk adalah salah satunya adalah jerawat rosacea.

Advertisement

[ Baca juga manfaat khasiat kunyit, disini ]

Jerawat rosacea atau rosacea adalah jerawat yang menyebabkan peradangan kronis, terutama di sekitar hidung, pipi, dagu, atau dahi. Peradangan ini menyerupai pembuluh darah yang menonjol, yang tersebar seperti jaring laba-laba pada jaringan kulit di wajah, muncul bisul seperti jerawat, berwarna kemerahan atau bengkak. Gejala lain termasuk kulit wajah yang memerah, hidung bengkak dan merah, iritasi mata atau rasa panas. Orang pada kelompok usia 30-50, umumnya yang rentan terhadap rosacea.

Walaupun tidak berbahaya, kondisi kulit ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada wajah. Tidak ada obat yang dibuat untuk rosacea. Orang umumnya banyak menggunakan pengobatan alami, antibiotik, atau salep antibiotik untuk mengobati rosacea. Metode pencegahan adalah untuk mengontrol, termasuk menghindari paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya secara teratur, mengurangi stres,  dan menghindari minuman panas, alkoh*l dan makanan pedas.

Manfaat Kunyit untuk Jerawat Rosacea

Banyak obat herbal alami berdasarkan kunyit, lidah buaya dll,  yang memiliki sifat anti – inflamasi dan dapat menyembuhkan kondisi seperti, dermatitis atopik, rosacea, eritema oleh paparan sinar UV, masalah kulit akibat obat, psoriasis, dan kulit yang teriritasi atau kulit sensitif. Ada beberapa krim anti – jerawat dipasaran yang berdasarkan kunyit. Tapi ini bukanlah fenomena baru, kunyit telah menjadi bahan populer dalam pengobatan Ayurvedic, alternatif, dan pengobatan Cina. Sekarang penggunaan kunyit mulai populer diseluruh dunia untuk pengobatan berbagai macam kondisi kulit, termasuk rosacea, jerawat dan eksim.

Lihat juga :   Kandungan gizi dan Manfaat Asparagus Bagi kesehatan

Bagaimana kunyit bisa membantu jerawat Rosacea

Peradangan akan menyebabkan pelepasan faktor chemotactic dan mediator vasoaktif,  yang menyebabkan peningkatan permeabilitas dan dilatasi kapiler yang menyebabkan jaringan meradang dan bengkak. Kunyit digunakan pada model hewan telah terbukti dapat menghambat, menstabilkan membran dan mencegah agregasi platelet sehingga mencegah peradangan sel.

Kunyit telah banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan ramuan obat di Asia. Biasanya kunyit untuk  dikeringkan untuk dibuat menjadi jamu atau untuk memasak. Banyak bahan herbal yang saat ini sedang diuji kemampuannya untuk merawat kondisi kulit,  dan salah satu yang  sedang diuji adalah kunyit. Kunyit dianggap sangat efektif untuk mengobati rosacea, serta berbagai macam masalah kulit lainnya, seperti psoriasis dan  pigmentasi kulit berlebih. Hal ini karena kunyit mengandung antioksidan yang berssifat anti inflamasi, yaitu yang disebut dengan kurkumin. Kurkumin adalah zat kimia polifenol yang ditemukan yang membentuk warna kuning kunyit.

Ada berbagai cara kunyit untuk digunakan mengontrol gejala jerawta rosacea. Karena  kunyit mengandung agen anti – inflamasi, sehingga dapat mengurangi iritasi dan bengkak, dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar daerah yang meradang. Campurkan bubuk kunyit dan air, untuk dibuat menjadi pasta,  dan oleskan pada kulit yang terkena rosacea. Anda juga dapat menggabungkan ½ sendok teh cendana dan bubuk kunyit, kemudian oleskan pada bagian yang meradang. Kunyityang diminum juga dapat mendetoksifikasi tubuh dari dalam, dan akan mencegah berbagai macam penyakit.

Masker kunyit

Kunyit juga dikatakan memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, dan membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit dini. Menggunakan kunyit untuk masker wajah secara teratur dapat mengurangi kemerahan dan jerawat pada wajah akibat rosacea. Untuk membuat masker wajah kunyit, campurkan beberapa sendok makan bubuk kunyit dengan yoghurt, susu atau madu dalam mangkuk. Cuci daerah yang terkena sebelumnya, keringkan, dan terapkan campuran ini pada kulit yang bersih.

[ Baca juga tips cara alami mengatasi jerawat, disini ]

Lihat juga :   Kunyit Ampuh Untuk Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

Biarkan masker wajah kunyit ini bertahan selama 20 menit hingga menjadi kering, dan kemudian bilas dengan air hangat. Akhiri dengan percikan air dingin, dan keringkan wajah Anda. Pasta kunyit ini juga dapat dibiarkan semalam untuk memperoleh efek yang lebih baik, asalkan tidak mengenai pakaian. Jadi, pastikan Anda hanya memakai pakaian yang tak pernah dipakai kelur, jika menggunakan masker ini semalaman.

Satu hal yang perlu diperhatikan – beberapa orang mungkin memiliki kulit yang sangat sensitif, dan kunyit justru dapat memperburuk. Jadi yang terbaik adalah dengan melakukan tes patch dan melihat bagaimana reaksi kulit Anda. Jika semuanya tetap baik-baik saja, berati Anda bisa melanjutkan.

Dosis

Tidak ada dosis  kunyit dan dalam hal ini juga tidak relevan karena semburan jerawat jarang terjadi pada anak yang sangat muda .

Ada dua cara untuk menggunakan kunyit :

1 ) Mengambil suplemen kunyit, atau mengkonsumsi kunyit segar alami untuk menjaga kesehatan secara umum,  yang juga akan menguntungkan untuk mengatasi  jerawa.

2 ) Menggunakan masker kunyit, atau minum obat jerawat berdasarkan kunyit.

Orang dewasa dapat menggunakan tablet/kapsul, sirup, atau ekstrak kunyit. Dosis standard yang dianjurkan untuk bubuk kunyit adalah tiga kali sehari sebanyak 400 – 600mg, kunyit kering akar – 1 – 3g serhari, rimpang segar – 1,5 – 3g serhari, ekstrak cairan – 30-90 tetes sehari, dan tingtur – 15-30 tetes 4 kali dalam sehari .

Perhatian

Kunyit selama ini dianggap sangat aman,  tetapi mengkonsumsi suplemen kunyit  secara berlebihan setiap hari dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa efek samping. Bisa berinteraksi dengan obat yang untuk pembekuan darah, diabetes dan pengurangan asam lambung. Orang yang Alergi terhadap kunyit dapat mengembangkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Mereka menderita batu ginjal juga harus menghindari suplemen kunyit, karena oksalat yang terkandung di dalamnya bisa memperburuk kondisi. Penderita masalah kandung empedu, wanita hamil dan menyusui juga harus menghindari suplemen kunyit.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat kunyit untuk Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *