Manfaat Luarbiasa Kunyit untuk Perawatan Kulit

manfaat kunyit untuk kulitUntuk dapat memperoleh manfaat kunyit untuk kulit wajah , kita bisa membuat rimpang herbal dan bumbu dapur ini menjadi salah satu bahan untuk membuat masker wajah alami. Kunyit Salah satu perawatan kecantikan tradisional terbaik yang sudah digunakan secara turun temurun sejak dulu dan terbukti dapat membuat kulit menjadi cantik dan lembut. Cara menggunakan masker wajah adalah dengan meratakan adonan pasta pada permukaan kulit yang sudh dibersihkan dan dikeringkan, lalu dibiarkan selama beberapa menit sampai benar-benar kering sebelum membilasnya; hal ini agar manfaat dari bahan masker bisa bekerja dengan maksimal.

Advertisement

Baca juga :Manfaat Lidah Buaya untuk kulit

Terdapat banyak sekali produk masker kecantikan yang tersedia dipasaran, yang dibuat dengan bahan-bahan yang bermacam-macam untuk berbagai jenis kulit. Anda hanya tinggal memilih produk mana yang paling sesuai untuk jenis kulit dan tentunya keuangan Anda. Namun yang perlu di ingat adalah bahwa jangan sampai Anda membeli produk yang dibuat dengan bahan kimia yang justru berpotensi merusak kulit, atau yang samasekali tak bisa memberikan apa yang menjadi manfaat dari masker itu sendiri. Namun sayangnya, kita sulit untuk membedakan mana produk masker yang benar-benar bagus dan mana yang hanya bagus untuk model iklannya saja.

Nah, jika Anda berfikir bahwa bahan-bahan alami adalah lebih baik, maka Anda dapat membuat masker wajah Anda sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang ditemukan seperti kunyit. Masker wajah yang dibuat sendiri dengan bahan alami seringkali lebih baik untuk Anda, karena Anda  tahu persis  bahan apa saja yang digunakan. Dan tentu saja bahan alami itu aman dan tanpa efek amping sekecil apapun.

Bahan-bahan alami yang baik untuk masker wajah termasuk  kunyit, madu, buah alpukat, telur, yoghurt, beras, dsb. Dengan membuat masker wajah sendiri, maka Anda dapat mencoba berbagai kombinasi bahan sebelum memutuskan untuk satu yang terbaik dan paling sesuai dengan kulit Anda. Hal ini bisa Anda lakukan tanpa membuang banyak uang seperti jika membeli produk masker.

Kunyit memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kulit dan wajah Anda :

Kunyit telah lama dikenal sebagai bumbu dapur sebagai penambah rasa dan warna, plus kunyit juga sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu, kunyit juga diakui sebagai salah satu bahan yang sangat berkhasiat dalam perawatan kulit. Bahkan hingga sekarang kepopuleran kunyit  telah menyebar di dunia barat juga sebagai cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dserta untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kunyit merupakan bahan penting dari perawatan kecantikan gadis India yang terkenal cantik dan berkulit bersih itu. Kunyit ketika diterapkan pada kulit sebagai masker wajah dapat membantu pengobatan jerawat, eksim, dll serta  membantu peremajaan kulit.

Lihat juga :   Cara Memanfaatkan Lidah buaya untuk masker wajah dan kecantikan Kulit

Hal ini karena kunyit mengandung zat anti-inflamasi dan zat anti-oksidan, yang keduanya sangat berperan penting dalam mengobati berbagai kondisi kulit. Untuk pengobatan jerawat, kunyit bisa di masukkan sebagai bahan masker wajah yang memiliki efek meredakan peradangan pada kulit dan menyembuhkan sisa atau bekas jerawat.

Masker wajah dari kunyit sangat baik juga ketika digunakan untuk meremajakan kulit. Masker kunyit dengan berbagai macam kombinasi bahan alami lainnya bisa melembutkan kembali keriput dan garis-garis halus akibat penuaan.

Masker Kunyit yang bisa Anda buat untuk perawatan kulit dirumah :

Berikut beberapa resep masker kunyit yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda!

Masker kunyit standard

  • Campurkan  madu, yoghurt, atau susu secukupnya dengan beberapa sendok makan kunyit kedalam mangkuk.
  • Aduk campuran ini sampai merata dan membentuk pasta halus kemudian oleskan pada kulit yang baru dicuci/dibersihkan.
  • Diamkan masker selama setidaknya 20 menit sebelum di cuci.

Masker kunyit untuk kulit cantik

Pengantin wanita di India menggunakan masker kunyit sebelum melaksanakan prosesi pernikahan. Bahkan terkadang juga menjadi bagian dari perayaan keagamaan di negeri tersebut.

  • Untuk membuat masker kecantikan ini, campurkan  2 sdt bubuk kayu cendana, 2 sdt bubuk kunyit, setengah cangkir tepung kacang dengan sedikit minyak almond kedalam mangkuk. Kemudian tambahkan air secukupnya untuk membuat adonan/pasta.
  • Oleskan pasta sebagai masker wajah,  biarkan sampai kering,  kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk kulit kering :

  • Campurkan 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk, dan  air secukupnya untuk membuat pasta.
  • Gunakan pada wajah sekitar 10 -15 menit sebelum di cuci dengan benar.

Masker wajah kunyit untuk Kulit berjerawat :

  • 2 sdm dadih, setengah sdt bubuk kunyit, dan setengah sdt bubuk kayu cendana, campur dan tambahkan air secukupnya untuk membentuk pasta yang lembut.
  • Oleskan merata pada wajah, lalu diamkan masker selama 10-15 menit . Seanjutnya cuci wajah dengan baik

Masker kunyit untuk kulit berminyak :

  • Setenga sdt bubuk kunyit campur dengan minyak kelapa, lalu aduk untuk membentuk pasta yang halus.
  • Kenakan sebagai masker wajah selama 10 menit sebelum dicuci dengan air sampai bersih

Minyak kelapa diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit, serta  merupakan unsur penting dari beberapa produk krim  dan lotion. Minyak kelapa merupakan salah satu zat pelembab alami terbaik.

Menggunakan minyak kelapa juga akan membantu proses menghilangkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit.

Masker kunyit untuk kulit yang meradang

Kunyit memiliki manfaat anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk mengatasi problem peradangan pada kulit.

  • Campurkan kunyit dan minyak almond murni, kemudian  oleskan pada daerah kulit yang terdampak peradangan.
  •   Biarkan sekitar 10 menit, lalu cuci dengan air.

Minyak almond dikenal baik untuk merawat kesehatan kulit. Ketika digabungkan dengan kunyit, maka akan membantu mengatasi infeksi pada kulit dan juga membuat kulit terlihatlebih  muda dan segar.
Resep masker kunyit di atas juga dapat dibuat dengan menggunakan madu organik. Yaitu cuku dengan mencampur madu dan kunyit, lalu oleskan pada wajah – lalu cuci setelah 10 menit.
Anda juga bisa membuat masker sederhana dengan mencampurkan  minyak wijen dan bubuk kunyit. Minyak wijen mengandung antioksidan yang kuat seperti halnya kunyit, serta mudah diserap oleh kulit. Kehebatan menggunakan minyak wijen yang lain adalah  bisa mengobati beberapa kondisi kulit kering termasuk psoriasis dan eksim. Jadi jika Anda memiliki kulit yang kering, cobalah menggunakan masker ini sekali dan lihat hasilnya.

Lihat juga :   6 Makanan untuk kulit menjadi bersih

Apakah Kunyit akan meninggalkan warna pada wajah?

Kunyit dikenal bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan pada  pakaian. Lalu bagaimana ketika kunyit mengenai kulit wajah?

Setelah dicuci beberapa kali noda kunyit akan hilang. Hal ini juga bisa dengan mudah diatasi dengan menyekanya dengan beberapa tetes toner wajah ringan dan kapas.

Namun pastikan bahwa bubuk kunyit yang Anda dapatkan adalah asli alami, dan tidak mengandung bahan tambahan sintesis lainnya.

Baca : Tips Memutihkan wajah dengan bahan alami

Tips sederhana sebelum menggunakan masker wajah

  • Sebelum menggunakan masker wajah, kulit Anda harus benar-benar bersih dan bebas dari semua kosmetik,
    lotion dll,  Oleh karena itu, awali dengan mandi air hangat atau sauna.
  • Gunakan sabun mandi berbentuk gel ringan atau sabun yang non abrasif. Hal ini berguna untuk membuka pori-pori dan membuat kerja masker menjadi  lebih efektif.
  • Setelah Anda menerapkan masker, berbaringlah dengan menutup mata Anda.
  • Luangkan waktu ini untuk bersantai. Untuk melengkapi nuansa santai Anda , Anda dapat meletakkan beberapa kantong teh chamomile (setelah celup dan didinginkan), 2 iris mentimun atau 2 bola kapas yang dibasahi dengan minyak lavender atau air mawar pada mata Anda.
  • Bersantailah sejenak paling tidak selama 20 menit, untuk memberikan kesempatan bagi masker  untuk menjadi kering dan kaku. Kemudian Anda dapat membilasnya dengan air hangat, dan pastikan Anda mengelap dengan lembut semua sisa-sisa masker di kulit wajah Anda.
  • Terakhir, percikkan  air dingin pada wajah lalu tepuk-tepuk dengan handuk kering.

Yang perlu diwaspadai dari kunyit

  • Kunyit bisa mengotori pakaian dan sulit dihilangkan, untuk itu wajib mengenakan pelindung pakaian.
  • Dalam beberapa kasus kunyit bisa saja membuat kulit  terlihat  kekuningan , namun beberapa kali  pencucian akan menghilangkannya.
  • Orang-orang yang memiliki kerentananan pada kulit  harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker wajah kunyit buatan sendiri ini.

Demikian manfaat kunyit ketika digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat dan Anda bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari kunyit ini.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *