Manfaat Kunyit untuk Pengobatan Herbal

manfaat kunyitKunyit adalah tanaman rimpang seperti halnya pada temuhitam dan temulawak. Kunyit juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun bedanya, kunyit lebih banyak dikenal terutama oleh ibu-ibu yang gemar memasak. Pada umumnya kunyit dikenal sebagai bahan tambahan untuk mengolah makanan, seperti untuk membuat nasi kuning, mengolah ikan segar agar tidak amis hingga sebagai bahan pewarna kuning alami.  Ibu ibu yang akan  mengolah ikan segar, terutama ikan air tawar yang berbau sangat amis, tambahkan kunyit agar bau amis pada ikan menjadi hilang.

Advertisement

Selain untuk kebutuhan mengolah ikan segar,kunyit dalam memasak juga umum dipakai sebagai penghasil warna kuning alami. Masakan yang menggunakan kunyit sebagai pewarna adalah nasi kuning, dengan kunyit, nasi kuning akan menjadi lebih sedap dan khas.

Dibalik manfaat kunyit sebagai bahan tambahan untuk mengolah makanan, ternyata kunyit juga memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Kunyit sejak dulu juga dimanfaatkan sebagai suplemen tradisional.

Kunyit dalam bahasa ilmiahnya Curcuma Domestica Val banyak tumbuh terutama didaerah China, Srilanka, India dan Indonesia. Di indonesia sendiri kunyit hampir bisa ditemukan diseluruh daerah dan kepulauan yang ada. Karena sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan, saat ini kunyit sudah mulai dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri.

Berikut cara cara memanfaatkan kunyit untuk membantu meyembuhkan berbagai macam penyakit dan suplemen.

Kunyit memiliki khasiat alami untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Cara mengolahnya cukup sederhana, ambil beberapa potong kunyit,  bersihkan dan kemudian diparut, setelah selesai peras dan ambil airnya.  Air perasan kunyit kemudian dicampur dengan air hangat dan ditambahkan sedikit madu. Ramuan ini dapat diberikan kepada anak yang sedang sakit panas, atau untuk membantu pemulihan tubuh anak yang habis sakit. Karena sifat kunyit yang memiliki khasiat bisa membangun sistem kekebalan tubuh.

Lihat juga :   Jenis lemak yang baik dan yang buruk bagi kesehatan

Sekarang ini mungkin Anda tak perlu lagi mengolah sendiri ramuan kunyit seperti diatas, karena produk suplemen pengobatan kunyit kemasan sudah banyak tersedia. Hal ini menjawab kebutuhan dan antusias masyarakat terhadap pengobatan alamiah. Masyarakat saat ini mulai mengerti bahwa yang bersumber asli dari alam akan memberikan manfaat yang aman bagi tubuh. Masyarakat sekarang sudah mulai banyak yang sadar jika obat kimia yang dibuat secara modern ternyata sebagian besar memiliki efek samping.Untuk itulah, industri farmasi saat ini sudah mulai yang banyak melirik untuk menggunakan bahan asli dari alam/herbal.

Zat yang terkandung pada kunyit.

Zat anti radang, Zat antiseptik dan kemampuan mencegah kanker. Kunyit juga merupakan jenis obat herbal yang bermanfaat sebagai imunostimulan, yaitu berfungsi untuk menjaga keseimbangan stamina. Kelebihan kunyit, ia bisa dicampur dengan berbagai jenis obat herbal lain,  dan tetap aman tanpa menimbulkan efek samping.

Beberapa pemanfaatan kunyit untuk pengobatan

Kunyit juga dikenal memilik khasiat untuk menghilangkan maag, keputihan, dan haid yang tidak lancar agar cepat selesai , tanpa rasa nyeri.

Pemanfaatan Kunyit untuk mengatasi keputihan:  Ambil 2 rimpang kunyit, 1 gagang buah asam, 1 genggam daun beluntas,air 1 liter dan 1 potong gula kelapa . Semua bahan tersebut direbus dengan menggunakan 1 liter air sampai mendidih, dinginkan dan kemudian saring. Minum 1 gelas sehari.

Pemanfaatan Kunyit untuk mengatasi haid tidak lancar: Ambil 2 rimpang kunyit,1/2 sd teh biji pala , 1/2 sd teh ketumbar dan 1/2 genggam daun srigading.Tumbuk semua bahan sampai halus kemudian rebus dengan 1 liter air.Dinginkan dan saring,minum 1 gelas sehari.

Pemanfaatan Kunyit untuk pengobatan tifus: Ambil 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.Tumbuk semua bahan sampai halus lalu dipipis.Tambahkan 1 gelas air yang sudah di masak yang masih hangat kemudian disaring.Cara pemakaian,minum selama 1 minggu berturut turut setiap hari.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Murbei

Jika Anda memiliki sedikit sisa tanah kosong dipojok pekarangan, tak ada salahnya jika dimanfaatkan untuk menanam kunyit. Kunyit mudah sekali tumbuh dengan subur tanpa perawatan khusus. Cukup diberi sedikit pupuk kandang dan rutin disirami jika musim kemarau. Walaupun harganya murah, menanam sendiri akan memudahkan kita jika suatu saat ada kebutuhan mendesak untuk mendapatkan kunyit.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *