Manfaat Minum Kopi bagi kesehatan

manfaat kopiKopi biasanya diandalkan untuk mengurangi rasa ngantuk sesaat akan memulai aktifitas, atau setelah selesai beraktifitas dan masih ingin tetap terjaga. Tapi ingat, kopi mengandung kafein, sehingga tak baik untuk ibu hamil.

Advertisement

Disamping memanfaatkan minum kopi untuk memenuhi kebutuhan seperti diatas, kopi ternyata telah bergabung dengan jajaran makanan yang bermanfaat bagi kesehatan lainnya. Sebuah badan penelitian telah menemukan bahwa, minum kopi bahkan empat atau lebih cangkir per hari dalam beberapa kasus dapat memberikan manfaat kesehatan. Dan sebuah studi yang dilakukan selam 13 tahun dari 402.260 anggota AARP yang dilakukan oleh National Cancer Institute, yang diterbitkan 17 Mei di “New England Journal of Medicine,” menyimpulkan bahwa peminum kopi setia dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini hingga 16 persen.

“Ini mungkin yang paling menarik karena penelitian itu begitu besar,” kata Robert Davis, di Emory University Rollins School of Public Health yang menulis “Coffee is Good for You: From Vitamin C and Organic Foods to Low-Carb and Detox Diets, The Truth About Diet and Nutrition Claims.”

Dia juga mencatat bahwa penelitian ini adalah bersifat observasional, sehingga tidak membuktikan sebab dan akibat.

Meskipun minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon stres(kortisol), dan dapat menumbuhkan ketergantungan pada kafein, namun di sini ada sepuluh hal, di mana konsumsi kopi mungkin saja menguntungkan – dengan catatan jika Anda membatasi untuk krim dan gula.

Berikut 10 Manfaat Minum Kopi bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui

 

1. Pencegahan batu empedu

Peneliti yang dilakukan di Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berisiko 25 persen lebih rendah terkena  batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang sama untuk laki-laki.

2. Pencegahan Depresi

Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari 15 persen lebih mungkin untuk mengembangkan depresi,  namun bagi yang minum empat cangkir justru 20 persen lebih rendah, menurut sebuah laporan di 2011 “Archives of Internal Medicine.”

3. Peningkatan memori

Kopi dapat membantu  kedua memorim yaitu memori jangka panjang dan jangka pendek. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2005 yang disajikan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan waktu reaksi.

Lihat juga :   Manfaat Madu untuk Menurunkan berat Badan

Menariknya, sebuah studi 2007 menemukan bahwa wanita 65 tahun atau lebih tua yang minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari  bisa memiliki hasil tes memori yang lebih baik, serta kurang mungkin menunjukkan penurunan memori,  daripada mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

Walaupun kopi telah dikenal dalam penelitian untuk beberapa waktu bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, peneliti pada University of South Florida pada tahun 2011 yang menemukan  interaksi khas antara kafein dan kopi. Mereka merekomendasikan untuk minum 4-5 cangkir sehari, yang dimulai pada usia pertengahan, untuk meningkatkan GCSF(koloni granulosit stimulating factor) yang menurun pada pasien Alzheimer dan meningkatkan memori pada tikus.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi sengan 4 cangkir perhari memiliki kemungkinan lebih rendah 50% untuk diabetes tipe 2 . Laporan pada  Journal of Agricultural & Food Chemistry januari 2012 menjelaskan: Ini  terkait dengan efek senyawa dalam kopi yang dapat menghambat polipeptida( penyebab serat protein abnormal), yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker pay* dara, endometrium, prostatm, kanker hati, dan orang-orang yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia 2008 menemukan bahwa minum kopi setidaknya dua sampai tiga cangkir perhari dapat mengurangi risiko,  atau menunda timbulnya kanker pay* dara.

Sebuah studi di “Penelitian Kanker Payudara” 2011 menemukan bahwa minum lima cangkir atau lebih bisa diartikan memiliki resiko 20 persen lebih kecil kanker pay* dara estrogen-reseptor-negatif. Dan, mengutip penelitian tentang efek kopi pada diabetes, penelitian juga menemukan bahwa minum lebih dari empat cangkir per hari dikaitkan dengan 25 persen penurunan risiko untuk kanker endometrium.

Tapi itu bukan hanya wanita saja yang beruntung. Sebuah studi terbaru dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa rutin minum kopi tanpa kafein dapat menurunkan risiko kanker prostat.

6.  Meningkatkan Metabolisme

Kopi dapat membantu Anda untu mempertahankan  atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah studi yang telah lama dilakukan yaitu tahun 1980 menemukan bahwa,  kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme, tapi itu hanya orang yang “normal,” bukan yang obesitas, subjek mengalami oksidasi lemak yang lebih besar .

Lihat juga :   Gizi penting untuk anak usia sekolah

Sebuah studi tahun 2006 menegaskan sekali lagi bahwa manfaat kopi lebih besar dalam meningkatkan metabolisme dan berlangsung lebih lama pada wanita kurus. Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa biji kopi hijau sebagai suplemen tampaknya dapat meningkatkan berat badan – rata-rata 17 pound untuk dewasa obesitas selama periode 22 minggu. Para peneliti tidak berpikir itu adalah karena kafein, melainkan dikreditkan dengan asam chlorogenic, yang mungkin dapat mengurangi penyerapan glukosa.

7. Risiko yang lebih rendah untuk penyakit Parkinson

The “Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein yang terkait dengan kopi diartikan ke dalam risiko lebih rendah menderita Parkinson. Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari berarti memiliki kesempatan 25 persen lebih kecil untuk menderita penyakit ini.

8. Antioksidan

Edward Giovannucci,  peneliti Harvard, dalam penelitian yang diterbitkan pada “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi mengandung antioksidan lebih banyak daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan ditahun 2005 menemukan bahwa,  kopi adalah sumber antioksidan no 1 dalam diet penduduk Amerika.

9. Meningkatkan Kinerja

Kopi dengan kafein di dalamnya telah ditunjukkan dalam beberapa studi, yaitu yang dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan  jangka pendek yang lebih baik. Sebuah studi yang dilakukan ditahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan akan dirasakan selama acara ketahanan dan aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga dapat membantu atlet untuk tampil baik selama latihan kekuatan – bahkan ketika kurang tidur – jika diminum satu jam sebelum latihan dengan tingkat 4 mg untuk setiap kilogram berat badan.

10. Pencegahan Rematik Gout

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2007 tentang pria yang berumur lebih tua dari 40 tahun, yang terkait konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko gout, yaitu kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Minum kopi dengan atau tanpa kafein secara teratur,  keduanya memiliki efek. Mereka yang minum enam cangkir sehari berisiko 60 persen lebih rendah untuk asam urat. (Sumber: Livestrong.com – How Drinking Coffee Could Improve Your Health)

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat Minum Kopi bagi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *