Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kulit

Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk KulitTahukah Anda bahwa minyak bunga matahari sangat baik bagi kesehatan kulit Anda ? Jika belum tahu, maka baca artikel ini hingga akhir, karena kami memberitahu kepada Anda bagaimana penggunaan minyak bunga matahari bisa membantu menyehatkan kulit Anda. Sama seperti kulit, minyak bunga matahari juga baik untuk rambut Anda. Hal ini bisa membuat rambut Anda menjadi lembut dan mengkilap .

Advertisement

Tanaman bunga matahari (Helianthus annuus) adalah tanaman yang berbunga kuning cerah yang selalu menghadapi matahari. Namun, tanaman ini dibudidayakan tidak hanya untuk dilihat bunganya yang indah, tetapi juga untuk diambil minyaknya, yang diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Minyak bunga matahari berkhasiat mencegah penyakit, seperti asma, radang sendi, menurunkan kadar kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, memicu proses peremajaan sel, dan bahkan mencegah beberapa jenis kanker.

Baca juga: Khasiat biji bunga Matahari

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk kulit Anda. Penasaran ingin tahu bagaimana cara kerjanya?

Berikut bagaimana cara minyak bunga matahari bisa memberikan manfaat Kulit :

Minyak bunga matahari adalah “minyak ajaib” untuk perawatan kulit, karena bisa membuat kulit Anda menjadi lembut dan lentur, sekaligus mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Jadi, berikut ini mari cari tahu lebih banyak tentang efeknya pada kulit Anda.

1 . Bekerja sebagai emolien yang Efektif

Minyak bunga matahari merupakan emolien yang efektif, yang artinya akan membantu menjaga kelembaban kulit. Dengan demikian, orang dengan kulit kering bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penggunaan secara rutin. Selain itu juga bisa meringankan, menenangkan, dan membantu menyembuhkan iritasi dan peradangan kulit.

2 . menghilangkan Jerawat

Jerawat terjadi ketika terjadi kelebihan minyak dan sebum, yang akan tertutup didalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, dan E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah bakteri kontak dengan kulit. Oleh karena itu, minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif untuk melawan jerawat, dan harus dioleskan pada kulit secara langsung.

Lihat juga :   Hal atau makanan yang buruk bagi kulit

3 . Perlindungan kulit dari sinar matahari

Minyak bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E selain minyak almond dan shea butter. Tingginya kandungan vitamin ini akan mencegah sel-sel sensitif kulit tidak menjadi rusak oleh ultraviolet (UV) sinar Matahari. Beta  karoten yang juga terdapat dalam minyak bunga matahari akan membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk efek kulit terbakar(sunburn) dan kanker kulit .

4 . Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E yang tinggi dalam minyak bunga matahari tidak hanya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga anti penuaan dini. Terlebih lagi, penggunaan rutin minyak bunga matahari dapat mengurangi keriput dan membuat kulit terlihat lebih muda. Antioksidan yang tinggi dalam minyak ini juga akan menjaga kulit supaya tetap segar dan terlihat lebih muda.

5 . Mencegah Infeksi Kulit

Minyak bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan asam lemak esensial yang melindungi kulit dari infeksi bakteri. Oleh karena itu bisa membuat kulit Anda kulit menjadi sehat dan cerah.

6 . Manfaat tambahan

Ada beberapa cara lain yang membuktikan jika minyak bunga matahari sangat menguntungkan bagi kulit Anda. Berikut di bawah ini:

  • Membantu mengurangi bintik-bintik gelap dan bekas jerawat
  • Membantu meringankan lingkaran hitam pada mata
  • Membantu melembutkan kulit kasar dan kering
  • Dapat digunakan untuk menghapus bekas riasan
  • Membantu mata yang lelah agar rileks

Cara Menggunakan minyak bunga matahari pada Kulit

Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan salah satu prosuk pembersih atau pelembab yang mengandung minyak bunga matahari sebagai bahan utama. Bila Anda ingin menggunakan minyak sebagai pembersih, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan minyak jarak untuk membantu menghilangkan sel-sel mati dan membuat kulit lentur. Jangan menggunakan minyak secara langsung pada kulit kering. Selalu gunakan minyak pada kulit yang lembab/basah,  sehingga minyak akan meresap jauh di bawah kulit.

Lihat juga :   Tips menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara alami

Jadi , Anda lihat , minyak bunga matahari , memang , penting , jika Anda mencari kulit muda , dan siapa yang tidak ? Pergi ke depan dan menjadikannya sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit Anda , dan kulit Anda akan berterima kasih untuk itu

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *