Manfaat Pala untuk Kesehatan

Manfaat pala bagi kesehatanPala merupakan rempah-rempah populer yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kemampuan untuk menghilangkan rasa sakit, menenangkan pencernaan, memperkuat fungsi kognitif, mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, meringankan kondisi oral, mengurangi insomnia, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh , dan mencegah leukemia, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Advertisement

Pala merupakan salah satu dari dua rempah-rempah yang tumbuh pada pohon dengan nama ilmiah Myristica fragrans. Pala ini asli dari kepulauan Indonesia, tetapi sekarang pala digunakan sebagai bumbu dibanyak belahan dunia.

Pala adalah bumbu yang sedikit manis yang banyak digunakan dalam masakan di seluruh dunia, termasuk resep Asia dan Barat. Pala ini juga sangat dihargai karena minyak esensial yang diperoleh dari pohon dan daun, dan buah pala juga merupakan makanan turunan populer yang sehat. Minyak esensial dari ekstrak pala sangat bermanfaat bagi kesehatan , dan sering digunakan sebagai obat alternatif dan jamu .

Fakta kandungan nutrisi Pala

Meskipun pala hanyalah rempah-rempah yang digunakan dalam masakan, namun masih dapat mempengaruhi kesehatan, terutama karena kandungan nutrisi seperti vitamin , mineral , dan senyawa organik lain yang terkait dengan minyak esensial. KSenyawa yang menguntungkan meliputi serat, mangan, thiamin, vitamin B6, folat, magnesium, dan tembaga. Banyak manfaat kesehatan pala dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini .

Manfaat dan kegunaan pala bagi Kesehatan

Penghilang rasa sakit alami :

Salah satu senyawa dari pala merupakan senyawa yang mirip dengan mentol, dimana yang memiliki karakteristik penghilang rasa sakit alami. Oleh karena itu, dengan menambahkan pala sebagai bumbu masakan, Anda juga bisa mengurangi rasa sakit yang terkait dari luka, cedera, dan peradangan kronis dari kondisi seperti arthritis.

Kesehatan Pencernaan :

Bila Anda menggiling pala menjadi bubuk dan mempertahankan kadar serat, maka dapat merangsang proses pencernaan dengan mempromosikan gerakan peristaltik di usus . Selain itu, menginduksi sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang mempermudah proses pencernaan. Karena serat dapat membantu usus dan pencernaan, maka pala juga dapat mengurangi ketidaknyamanan karena sembelit dan masalah usus lainnya .

Lihat juga :   Daftar rempah / bumbu yang paling menyehatkan

Kesehatan Otak :

Salah satu manfaat yang kurang dikenal dari pala adalah adanya senyawa dalam minyak atsiri, yang disebut miristisin dan macelignan. Senyawa ini telah terbukti mengurangi degradasi jalur saraf dan fungsi kognitif yang seringkali menimpa orang-orang dengan demensia Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan miristisin dan macelignan akan memperlambat efek tersebut, dan menjaga fungsi otak menjadi sehat serta normal.

Detoksifikasi Tubuh :

Pala bisa bermanfaat sebagai tonik dalam banyak cara, dan karenanya akan meningkatkan kesehatan tubuh keseluruhan. Lebih khusu , dalam hal hati dan ginjal di mana banyak racun sisa metabolisme yang disimpan dan terakumulasi , dan pala dapat membantu menghilangkannya. Secara harfiah pala akan membersihkan organ-organ dari semua racun yang bisa disimpan di sana  seperti alkohol, obat-obatan, polusi, atau racun organik alami dari makanan. Selanjutnya , bahan aktif dalam pala membantu untuk melarutkan batu ginjal, dan meningkatkan efisiensi serta fungsi keseluruhan ginjal dan hati .

Kesehatan mulut:

Dalam aplikasi medis tradisional, pala telah dianggap sebagai raja rempah-rempah yang baik bagi kesehatan mulut. Komponen antibakteri aktif dalam pala berarti dapat membantu untuk melawan kondisi seperti halitosis , yang juga dikenal dengan bau mulut. Pala akan mematikan bakteri penyebab bau mulut, dan umumnya akan meningkatkan kekebalan gusi dan gigi. Inilah sebabnya mengapa ekstrak pala juga biasa ditemukan pada pasta gigi dan obat kumur, terutama dalam varietas organik atau herbal .

Insomnia :

Selama beberapa generasi, pala telah direkomendasikan sebagai obat rumah untuk sulit tidur dan insomnia. Sejumput pala dengan susu hangat dapat diminum untuk mengatasi masalh ini. Pala memiliki kandungan magnesium yang tinggi, mineral penting dalam tubuh yang berguna mengurangi ketegangan saraf, dan bahkan merangsang pelepasan serotonin yang menciptakan perasaan relaksasi atau sedasi. Serotonin ini akan diubah menjadi melatonin di otak, yang merupakan inducer tidur, menghilangkanmasalah insomnia dan kegelisahan di malam hari. Pala juga memiliki elemen nark*ba , namun tidak memiliki efek yang dramatis kecuali jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun hanya sejumput kecil sudah dapat membantu Anda melepaskan neurotransmiter diotak dan mendorong relaksasi dan tidur .

Lihat juga :   Manfaat kunyit untuk Jerawat

Leukemia :

Kualitas lain yang kurang dikenal dari pala adalah penggunaannya yang potensial terhadap sel kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam metanol pala dan minyak esensial benar-benar dapat menginduksi kematian sel ( apoptosis ) leukemia , sehingga menghentikan penyebaran dan metastasis penyakit kanker yang mengerikan yang umum menimpa anak-anak ini.

Kesehatan Kulit :

Meskipun mekanismenya yang tepat tidak sepenuhnya dipahami, jamu dan obat tradisional telah lama menggunakan pala untuk meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Paling umum, pala yang dicampur dengan air dan dibalurkan pada kulit, atau bahkan ditambah madu, yang juga bagus untuk perawatan kulit. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan iritasi kulit, mempromosikan hidrasi dan penampilan kulit yang halus , serta mengurangi tanda-tanda bekas cacar, bisul , dan jerawat .

Tekanan dan Sirkulasi darah:

Isi mineral dalam pala juga berharga dalam hal menjaga fungsi organ. Kalium merupakan vasodilator, yang akan merenggangkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah dan menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular. Selain itu, kalium juga memfasilitasi penyerapan nutrisi dari makanan, membuat proses pencernaan menjadi efisien dan cepat.

Kalsium yang ditemukan dalam pala juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, dengan berkontribusi terhadap perbaikan dan pertumbuhan, sementara menghilangkan gejala osteoporosis. Akhirnya, kandungan zat besi yang juga terdapat pada pala akan meningkatkan sel darah merah dan mengurangi atau mencegah gejala anemia .

Perhatian :

Pala telah dicurigai sejak meningkatnya kasus keracunan makanan dalam beberapa tahun terakhir. Setelah diungkap,  mengkonsumsi pala berlebihan dapat menimbulkan efek seperti psik*tr*pik, atau efek halusinasi pada orang. Mengkonsumsi pala terlalu banyak dapat mengakibatkan dampak yang lebih serius, dan dapat mempersulit proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kelebihan mengkonsumsi pala juga dapat menyebabkan kejang , jantung berdebar, dan muntah. Pala akan aman dan bermanfaat jika digunakan sebagai bumbu dan dikonsumsi dalam jumlah yang terkontrol.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *