Manfaat Pisang Bagi kesehatan

pisangSalah satu Manfaat pisang bagi kesehatan adalah menurunkan berat badan, obesitas, gangguan pencernaan, sembelit, disentri, anemia, tuberkulosis, artritis, gout, gangguan ginjal, gangguan kemih, masalah datang bulan, dan luka bakar. Pisang adalah sumber terbanyak kalium, dan merupakan salah satu senyawa yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Baca juga: Manfaat Kalium Bagi kesehatan

Advertisement

Buah pisang dapat  dimakan langsung saat masak atau sebagai  jus, untuk mendapatkan manfaat gizinya. Namun pisang yang belum masak dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang parah, dan oleh karena itu harus dimakan hanya ketika masak. Misalnya buah pisang kepok yang masih belum masak(namun sudah tua), bisa direbus dulu sebelum dimakan.

Berikut beberapa Manfaat pisang bagi kesehatan, yang penting untuk kita ketahui:

Berat badan dan obesitas:

Pisang berguna untuk membantu menurunkan berat badan,  satu pisang dengan berat 100g mengandung sekitar 90 kalori, dan mengandung banyak serat dan mudah dicerna. Pisang tidak mengandung lemak. Jadi orang yang kelebihan berat badan, tidak akan mendapatkan banyak kalori walau mengkonsumsi beberapa pisang. Serat  juga tidak membuat orang menjadi mudah merasa lapar.

Meningkatkan berat badan:

Sementara itu, pisang juga berguna untuk penambahan berat badan. Pisang yang dikonsumsi bersama susu akan membantu dalam meningkatkan berat badan dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan, sementara pisang yang menyediakan gula. Selanjutnya, karena pisang mudah dicerna, orang bisa menelan 5-6 pisang dalam satu hari selain dari makanan biasanya. Ini akan memberi asupan tambahan kalori sebesar 500-600 kalori,  yang cukup diperlukan untuk meningkatkan berat badan. Pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, olahragawan mengkonsumsi pisang saat jam istirahat main.

Sembelit:

Pisang adalah termasuk buah yang kaya serat makanan,  dan karenanya membantu dalam gerakan usus halus. Pisang akan meringankan seseorang dari rasa sembelit. Pisang juga dapat membantu mengobati gangguan usus lainnya.

Lihat juga :   Manfaat makan buah alpukat bagi Ibu Hamil

Konstipasi:

Konstipawsi ditandai dengan kesulitan dalam mengeluarkan feses, dan dapat  menyebabkan perdarahan. Diyakini bahwa pisang akan membantu mengobati konstipasi. Beberapa orang juga mempertimbangkan pisang sebagai penyebab efek negatif pada perut selama kopnstipasi, penambahan konsumsi pisang yang banyak akan memberikan tekanan tambahan pada perut.

Anemia:

Pisang mengandung kadar zat besi yang tinggi,  dan karena itu pisang juga akan membantu mengobati anemia.

Masalah datang bulan:

Bunga pisang yang dimasak dapat membantu siklus datang bulan yang nyeri dan terlalu banyak.

Pisang juga baik untuk arthritis, diare, disentri, luka bakar, asam urat, gangguan ginjal, TBC dan gangguan buang air kecil.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *