Manfaat Rajin Minum air putih dipagi hari bagi kesehatan

Advertisement

manfaat air putihUntuk membiasakan diri agar dapat minum air putih setiap pagi hari, dimana sesaat setelah bangun tidur dan belum melakukan apa-apa memang membutuhkan pembiasaan. Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk selalu sehat, agar dapat secara teratur minum air dengan imbalan beberapa manfaat kesehatan sebagai hasilnya.

Memberikan cairan yang diperlukan segera setelah bangun akan langsung memulai fungsi tubuh seperti – sirkulasi, respirasi, fungsi otak dan pencernaan – yang semuanya membutuhkan air sebagai daya untuk menopangnya.

Berikut ini 5 Alasan pentingnya membiasakan Minum Air putih secara rutin di Pagi Hari:

1. Kesehatan Pencernaan:

Minum air dipagi hari sesaat setelah bangun tidur laksana menyiram racun dari perut Anda, hati, usus dan ginjal, dan menggelontornya keluar. Dengan air minum di pagi hari akan  menurunkan akumulasi asam lambung dalam perut yang dapat menyebabkan asam lambung (terutama bagi seorang peminum kopi).
Air juga meminimalkan kadar asam urat dalam ginjal,  dan mempromosikan produksi empedu didalam hati . Hal ini akan mencegah batu ginjal dan batu empedu sebelum mulai terbentuk. Terlalu banyak asam urat dalam darah adalah penyebab dari keluhan penyakit asam urat. Minum air putih rutin dipagi hari juga dapat menghindarkan kita dari sembelit, yaitu terjadinya pengerasan pada feses akibat kurangnya asupan air. Dengan ii maka semua materi beracun dalam pencernaan anda akan segera dikeluarkan.

2. Kesehatan Jantung:

Efek samping lain dari asam urat adalah menyebabkan terganggunya fungsi trombosit dalam darah, dan juga akan mengakibatkan penumpukan plak di dinding arteri. Aterosklerosis adalah salah satu penyebab utama serangan jantung karena penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke jantung.
Air tidak hanya mencegah kelebihan asam urat, juga menurunkan natrium  (kontent lain penanda bio penyakit jantung), keluar dari darah melalui urin dan keringat yang juga akan membantu untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mengontrol Berat badan:

Mara Z. Vitolins, ahli gizi dan asisten profesor ilmu kesehatan masyarakat di Wake Forest University Baptist Medical Center, mengatakan bahwa tubuh tidak selalu bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Jadi, jika Anda minum air ketika Anda merasa lapar, maka Anda akan merasat adanya penurunan nafsu makan. Ini akan membantu anda agar  lebih mudah mencapai tujuan penurunan berat badan. Jika Anda minum air putih pada pagi hari, maka Anda akan sulit tergoda untuk minum minuman lain yang tinggi kadar gula, kalori, dan kafein.

4. Peningkatan Energi dan Metabolisme tubuh:

Dengan tetap terhidrasi, tubuh Anda berjalan lebih efisien. Produksi dan aliran darah yang lebih baik, proses pemecahan nutrisi lebih efektif dan oksigen akan sampai ke sel-sel lebih cepat.
Ginjal yang cukup air akan memungkinkan hati untuk melakukan tugasnya (mengubah makanan menjadi bahan bakar) dengan lebih baik. Kerja ginjal juga semakin baik, sehingga mengurangi resiko penyakit ginjal atau batu ginjal.Kesehatan hati sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh yang aktif dan teratur.

5. Pencegahan Penyakit:

Menurut Journal of American College of Nutrition, dehidrasi adalah salah satu penyebab penyakit seperti asma, penyakit jantung, penyakit gigi, diabetes dan glaukoma . Bahkan ini dianggap sebagai faktor yang berkontribusi terhadap masalah saluran kemih. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kegagalan organ di otak, jantung atau ginjal dan juga dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan lebih cekung.

Setelah Anda merasa ‘haus’, maka itu tandanya tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi. Dan ini artinya permintaan air putih oleh tubuh harus segera dipenuhi.

Aturan air putih yang harus diminum mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Mayo Clinic menyarankan untuk laki-laki harus minum tidak kurang dari 100 ons setiap hari, sementara perempuan harus minum tak kurang dari 72 ons setiap hari. Namun, jika Anda tinggal di daerah iklim kering atau panas, atau bekerja di luar atau berolahraga secara teratur, tubuh Anda mungkin membutuhkan air yang lebih. Berlaku jika Anda sedang hamil, menyusui atau sakit dengan muntah dan / atau diare.

Air putih manfaatnya sangat penting bagi tubuh untuk mengeluarkan zat racun dari tubuh,  dan memurnikan sistem internal tubuh Anda. Ini akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk fokus pada siang hari, sekaligus memberikan nutrisi yang paling penting bagi setiap pembentukan sel.

Dua gelas air putih di pagi hari akan membuat tubuh anda tetap terhidrasi sepanjang hari untuk kesehatan yang lebih optimal.

Advertisement