Manfaat Sayuran berdaun hijau tua

bayamOrang telah makan sayuran hijau sejak zaman prasejarah. Hingga kini varietas sayuran telah banyak ditemukan, termasuk dikembangkan secara silang. Seluruh dunia kini telah memanfaatkan sayuran sebagai bagian dari menu keseharian, setelah orang menyadari bahwa ada nutrisi tertentu yang sangat penting bagi tubuh ditemukan pada sayuran.

Advertisement

Khususnya yang akan kita bahas disini adalah mengenai gizi pada sayuran berdaun hijau tua. Sementara pada dasarnya semua sayuran, baik yang berdaun hijau tua atau berwarna masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang unik (Temukan informasinya mengenai semua jenis sayuran, baca klik disini). Baca juga, manfaat daun singkong

Memenuhi kebutuhan banyak nutrisi

Sayuran berdaun hijau tua adalah sumber nutrisi yang besar, khususnya yang ditemukan pada klorofil sayuran jenis ini. Slada hijau, kale dan bayam kaya akan vitamin A, C, E dan K, sementara brokoli, sawi juga kaya berbagai jenis dari kelompok vitamin B. Sayuran ini juga banyak mengandung karotenoid – yaitu antioksidan yang akan melindungi sel-sel dan penting untuk menghambat tahap perkembangan awal sel kanker. Sayuran berwarna daun hijau tua juga mengandung serat tinggi, zat besi, magnesium, kalium dan kalsium. Sementara sayuran hijau mengandung hanya sedikit karbohidrat, sodium dan kolesterol.

Memenuhi kebutuhan folat

Sayuran berdaun hijau gelap mengandung sejumlah besar folat, vitamin B yang meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah kondisi tertentu dari cacat lahir. Folat juga diperlukan untuk duplikasi dan perbaikan DNA yang akan melindungi terhadap perkembangan kanker. Beberapa studi besar telah menunjukkan bahwa asupan tinggi folat dapat menurunkan risiko polip usus besar hjingga sebesar 30 hingga 40 persen,  dibandingkan dengan orang yang kurang asupan vitamin ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa diet rendah folat dapat meningkatkan risiko kanker pay*dara, kanker leher rahim dan kanker paru-paru.

Lihat juga :   Manfaat Kacang Hijau

Menurunkan resiko beberapa jenis kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 2 sampai 3 porsi sayuran berdaun hijau tua per minggu dapat menurunkan risiko kanker colon, kanker payud* ra dan kanker kulit. Antioksidan yang sama juga telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin K

Sayuran berdaun hijau tua mengandung Vitamin K, dimana yang memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan seperti: melindungi tulang dari osteoporosis dan membantu untuk mencegah penyakit terkait inflamasi.

Menjaga Berat badan dan diabetes type 2

Mungkin salah satu manfaat yang paling menarik dari sayuran berdaun hijau tua adalah rendah kalori, rendah karbohidrat serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Manfaat sayuran hijau tua dalam hal ini juga ideal untuk memfasilitasi dalam mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Makan lebih banyak sayuran hijau tua dalam diet seimbang juga akan memberikan manfaat peningkatan asupan serat, yang berguna untuk mengatur sistem pencernaan yang akhirnya akan membantu kesehatan usus dan manajemen berat badan. Sifat rendah kalori, rendah karbohidrat serta memiliki indeks glikemik yang rendah juga sangat menguntungkan bagi mereka yang menderita diabetes tipe-2.

The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan untuk meningkatkan asupan rata-rata buah-buahan dan sayuran, karena mereka yang akan memberikan vitamin, mineral dan serat lebih banyak. Banyak jenis sayuran yang tersedia di pasar, yang paling populer adalah sawi, sawi, lobak, bayam dan kangkung.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *