Manfaat semangka Bagi kesehatan tubuh

Manfaat semangka Bagi kesehatan tubuhSemangka atau watermelon adalah buah segar, karena kaya air dan rasanya yang manis dan lezat. Semangka ternyata juga memiliki Manfaat bagi kesehatan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Manfaat Buah memang selalu cenderung baik bagi kesehatan. Semangka memiliki manfaat penting bagi tubuh meliputi pencegahan gangguan ginjal, mencegah tekanan darah tinggi, diabetes,  jantung, stroke, degenerasi makula dan imp*ten si.

Advertisement

Banyak yang meributkan mengenai melon ini, anggapan orang melon tidak lebih dari bola yang penuh air. Semangka seringkali dianggap memiliki manfaat yang tak lebih dari hanya buah yang sangat menyegarkan. Baiklah, mari kita kupas beberapa manfaat yang ternyata sangat besar dari buah semangka ini.

Berikut ini beberapa manfaat semangka bagi kesehatan, yang tak banyak diketahui orang:

Gangguan Ginjal:

Semangka mengandung banyak kalium, yaitu yang sangat membantu dalam membersihkan atau mencuci ginjal dari deposisi beracun. Selain itu, semangka juga membantu dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal di dalamnya. Ditambahkan lagi dengan kadar airnya yang tinggi, itu akan membuat sering buang air kecil, dan ini lagi juga membantu untuk membersihkan ginjal. Anti oksidan pada semangka juga baik bagi ginjal untuk jangka waktu yang lama.

Tekanan Darah Tinggi:

Semangka mengandung jumlah yang baik Kalium dan magnesium, sangat baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Karotenoid pada semangka mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Mencegah Heat Stroke:

Semangka efektif untuk mengurangi suhu tubuh dan tekanan darah. Banyak orang di daerah tropis makan buah semangka setiap hari pada saat cuaca panas untuk melindungi diri dari heat stroke. Di Indonesia, semangka dijual hampir disetiap toko buah dipinggir jalan.

Lihat juga :   Makanan yang bagus untuk kesehatan Otak

Diabetes:

Pasien Diabetes seharusnya diet rendah gula dan kalori, namun seringkali mengeluh kelaparan, karena mereka tidak bisa makan-makanan pokok untuk memberikan kekenyangan. Semangka bisa menjadi suplemen yang baik untuk penderita diabetes. Terlepas dari rasa manisnya, irisan tebal semangka akan memberikan sangat sedikit kalori, karena sembilan puluh sembilan persen dari berat total terdiri dari air dan serat. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah. Arginine, komponen lain yang ditemukan dalam semangka, sangat efektif dalam meningkatkan dampak insulin pada gula. Pasien diabetes juga dapat makan salad yang terbuat dari air semangka yang bahkan lebih rendah gula.

Perawatan Jantung:

Lypocene, karotenoid banyak ditemukan dalam jumlah yang berlimpah pada air semangka, akan meningkatkan fungsi kerja jantung. Beta karoten, yang dikenal dengan sifat anti oksidan yang tinggi dan sifat anti penuaan, juga akan membuat Anda berjiwa muda dan mencegah masalah usia yang terkait dengan jantung. Serat dalam semangka dan kalorinya yang sangat rendah, ditambah dengan vitamin-C, Karotenoid dan kalium (potasium), membantu mengurangi kolesterol dan menjaga jantung Anda agar tetap aman.

Degenerasi makula:

Tinggalkan kekhawatiran Anda dengan mata, karena semangka adalah beta karoten, vitamin-C, Lutein dan Zeaxanthin. Mineral tersebut akan memastikan perlindungan mata dari degenerasi makula. Anti oksidan dari betakaroten akan melindungi mata dari penyakit lain yang terkait usia, seperti mengeringnya mata dan saraf optik, glaukoma dll.

Mencegah Imp*ten si:

Arginine, yang ada dalam semangka bermanfaat dalam menyembuhkan disfungsi er*k si.

Manfaat lain dari Semangka:

Lypocene yang diketemukan pada semangka efektif dalam mencegah kanker, pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak. Biji semangka kaya akan lemak yang baik dan protein. Semangka juga mengandung fitonutrien yang memiliki efek yang sangat baik pada kesehatan dan tepat fungsi organ internal, mata, sistem sekresi dll.

Lihat juga :   Kacang dan biji-bijian mengandung Omega 3

Menurunkan darah tinggi

Khususnya bagi penderita hipertensi, jangan melupakan semangka untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda. Selamat bergaya hidup sehat, dengan mengkonsumsi semangka.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *