Manfaat Stroberi Bagi kesehatan

manfaat stroberi bagi kesehatanManfaat makan buah stroberi sangat besar bagi kesehatan , seperti dapat meningkatkan kesehatan mata , menjaga fungsi otak, dan mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi, arthritis, asam urat dan berbagai macam penyakit terkait kardiovaskular .

Advertisement

Buah Stroberi memiliki nama ilmiah Fragaria, akan tetapi ada perbedaan akhiran untuk varietas yang berbeda , seperti antara lain Fragaria Vesca untuk stroberi liar, dan Fragaria orientalis untuk Stroberi Timur. Stroberi merupakan jenis tumbuhan semak dan merupakan salah satu buah musiman yang paling lezat sekaligus juga bermanfaat meningkatkan kesehatan Anda .

Stroberi banyak digunakan dalam makanan, seperti es krim , selai, jeli , squash , sirup , permen, cokelat dan bahkan untuk memberikan rasa dan warna untuk obat-obatan. Bua stroberi juga dapat dikonsumsi dalam keadaan segar. Kita semua tahu bahwa semua buah-buahan, terutama buah dengan warna-warna eksotis itu kaya antioksidan .

Di samping mengandung zat antioksidan , stroberi juga memiliki banyak nutrisi lainnya yang dapat digunakan secara efisien untuk mencegah berbagai penyakit .
Kesehatan Manfaat Stroberi

Mari kita mengetahui lebih banyak tentang manfaat potensial dari stroberi bagi kesehatan pada penjelasan yang lebih rinci berikut di bawah ini.

Kesehatan Mata :

Hampir semua masalah yang terkait dengan mata diakibatkan oleh radikal bebas atau kekurangan nutrisi tertentu . Dengan semakin bertambahnya usia dan berkurangnya asupan nutrisi pelindung, oksidan berbahaya atau radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan berat pada mata kita , seperti mata kering , degenerasi saraf optik , degenerasi makula , cacat penglihatan dan kerentanan terhadap infeksi.

Zat antioksidan seperti vitamin C, flavonoid , fitokimia fenolik dan asam elagic , semua terkandung dalam stroberi, dan sebagian besar dapat membantu untuk menghindari sebagian besar kondisi pada mata . Satu hal lagi bahwa stroberi dapat memperbaiki kondisi tekanan okular (tekanan dalam mata) . Setiap gangguan pada tekanan ini bisa sangat berbahaya bagi mata . Stroberi sangat membantu karena mengandung kalium, yang membantu untuk mempertahankan tekanan yang benar .

Lihat juga :   Manfaat Makan Buah-buahan Bagi Kesehatan Tubuh

Arthritis(radang sendi/rematik)dan Gout(asam urat):

Degenerasi otot dan jaringan , pengeringan cairan yang berguna untuk membantu meningkatkan mobilitas sendi , dan akumulasi zat asam beracun ( seperti asam urat ) dalam tubuh adalah beberapa efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab utama radang sendi dan asam urat , dua kondisi yang sangat menyiksa dan akan melemahkan .

Stroberi dengan antioksidan dan pendetoks , secara efektif dapat membantu menghilangkan resiko kesehatan.

Kanker :

Vitamin C , asam folat , anthocyanin , quercetin dan kaempferol hanya beberapa dari banyak flavonoid yang terdapat dalam buah stroberi yang memiliki sifat antioksidan sangat baik dan sifat anti kanker . Dengan bekerjasama, senyawa tadi akan membentuk garis pertahanan tubuh yang sangat baik untuk melawan kanker dan pertumbuhan tumor. Asupan stroberi harian terkait dengan penurunan drastis timbulnya metastasis sel kanker yang berbahaya .

Fungsi Otak :

Hal ini sangat umum terjadi pada orang tua, yaitu mulai menurunnya kekuatan memori dan kontrol otot dan anggota badan. Stroberi baik untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini dan penurunan sistem otak dan saraf. Sebenarnya , radikal bebas adalah agen yang bertanggung jawab bagi terjadinya tanda-tanda penuaan, karena memiliki efek yang buruk pada kedua sistem ini . Karena aktivitas radikal bebas , jaringan otak mulai merosot dan saraf menjadi semakin melemah .

Vitamin – C dan fitokimia yang terdapat dalam stroberi dapat menetralkan efek oksidan dan meremajakan kembali sistem. Selain itu , stroberi juga kaya akan yodium, yang sangat membantu untuk mengatur berfungsinya sistem otak dan saraf .

Tekanan Darah Tinggi :

Stroberi kaya kalium dan magnesium, yang keduanya efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh natrium dan berbagai faktor risiko lain .

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat Buah Belimbing

Penyakit Jantung :

Senyawa lain seperti serat, folat, tanpa lemak, dan tinggi antioksidan seperti vitamin C merupakan fitokimia yang membentuk paket kesehatan yang ideal untk jantung, karena efektif dapat mengurangi kolesterol dalam arteri dan pembuluh darah. Beberapa vitamin B dari B Kompleks dalam stroberi juga bermanfaat untuk memperkuat otot-otot jantung dan fungsi jantun lebih baik.

Manfaat lain:

Folat dikenal melindungi dari resiko cacat bawaan pada bayi . Vitamin C efektif akan mencegah terhadap infeksi dan demam . Fitonutrien dalam stroberi juga memiliki sifat anti inflamasi .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *