Manfaat Teh Hijau

manfaat teh hijauTeh hijau sudah lama sekali dikenal manfaatnya dalam dunia pengobatan dan terapi. Karena sudah terbukti melalui proses penelitian dan laboratorium, kini teh hijau sudah banyak dipasarkan dalam bentuk produk olahan untuk kesehatan. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaatnya, bisa mendapatkan produk suplemen kesehatan dari teh hijau ini.
Lalu apa saja kandungan yang terdapat pada daun teh hijau?…
Menurut penelitian , daun teh hijau mengandung polyphenol yang merupakan antioksidan yang paling potensial. Polyphenol berguna untuk mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian lain telah mebuktikan, bahwa minum teh hijau secara berkala dapat mengurangi resiko terkena bermacam jenis penyakit kanker .

Advertisement

Berikut beberapa manfaat daun teh hijau untuk kesehatan herbal:

Untuk perawatan kulit

Teh hijau bisa berguna sebagai antiseptik alami, yaitu dapat mengatasi gatal-gatal atau bengkak-bengkak akibat infeksi pada luka . Cara pemanfaatan, ambil sejumput teh hijau, dan tempel pada bagian yang mengalami peradangan, atau akibat terbakar sinar matahari.

Menjaga Kulit

Teh hijau memiliki kemampuan melindungi kulit dari efek buruk dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya produk kecantikan tabir surya, atau pelembab kulit yang berbahan dasar daun teh hijau.

Menstabilkan tekanan darah

Menurut penelitian, 50% orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau ternyata jarang yang terkena darah tinggi dibanding yang tidak pernah mengkonsumsinya. Polyphenol dalam daun teh hijau akan menjaga pembuluh darah agar tidak menyempit,  sehingga pembuluh darah tetap lancar dan terhindar meningkatkan tekanan darah.Teh hijau juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan dapat mencegah terjadinya stroke.

Menjaga Daya Ingat

Teh hijau ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga agar tidak mengalami penurunan fungsi otak. Menurut penelitian, mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau dua gelas sehari terhindar akan dari masalah kognitif,  daripada yang tidak pernah meminumnya. Selain itu, Teh hijau juga banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan efek radikal bebas yang dapat menyerang otak dan menyebabkan penuaan dini.

Lihat juga :   Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Kesehatan

Membuat awet muda

Orang yang memiliki pembuluh darah yang sehat, maka orang akan lebih kelihatan muda daripada yang pembuluh darahnya kurang sehat. Orang yang rajin meminum teh hijau setiap hari, bisa membersihkan pembuluh darah dari lemak dan kolesterol, anti efek radikal bebas, dan pada akhirnya bisa lebih awet muda dan panjang umur.

Dapat Menurunkan berat badan

Teh hijau juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membakar sisa kalori yang tak terpakai. Kalori yang tak terpakai, oleh tubuh akan disimpan dibawah kulit sebagai lemak. Lama kelamaan, lemak akan semakin menumpuk dan mengakibatkan kegemukan. Dengan Minum teh hijau secara rutin, maka sisa lemak akan lebih mudah terbakar, sehingga dapat mempercepat diet menurunkan kelebihan berat badan. Namun, perlu diiringi dengan  aktifitas fisik seperti olahraga tentunya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Manfaat Teh Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *