Manfaat Temu Hitam

Advertisement

TEMU HITAM adalah tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma aeruginosa Roxb dan dalam satu keluarga tanaman  Poaceae. Temu Hitam biasanya banyak ditemui  tumbuh secara liar di hutan-hutan jati, padang rumput, ladang, atau pada tanah dataran tropis pada ketinggian 400-750 meter DPL.
Temu hitam berkembang biak dengan cara bertunas melalui rimpangnya yang sudah tua, seperti halnya pada tanaman temulawak.

Kandungan kimiawi pada temu hitam yaitu  minyak asiri, serta mengandung  zat pati, damar  dan  lemak.

Manfaat Temu HitamTemu hitam dikenal diberbagai daerah dengan sebuat seperti temu erang (Melayu), koneng hideung (Sunda), temu ireng (Jawa), temo ereng (Madura), tamu leteng (Makassar) dan temu lotong (Bugis).(Gambar ilustrasi by: sahabatppl.blogspot.com)

Manfaat dan khasiat  TEMU HITAM untuk kesehatan dan pengobatan:

Temu hitam dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan Penyakit kulit,ruam atau luka lama. Khasiat temu hitam lainnya adalah untuk membantu menambah nafsu makan. Cara memanfaatkan temu hitam untuk pengobatan : parut rimpang temu hitam, tambah sedikit air matang kemudian peras dan  minum airnya.

Rimpang temu hitam juga dapat direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan tadi diminum untuk membantu mengobati rasa mulas pada perut, untuk peluruh masuk angin, serta dapat digunakan sebagai obat pembersih darah setelah melahirkan.

Advertisement