Manfaat Tertawa bagi Kesehatan Secara Klinis

Manfaat tertawa“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang”. Ungkapan ini sepertinya tidak berlebihan, karena tertawa secara klinis terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Jadi, seberapa sibuknya hari-hari Anda, luangkanlah sedikit persen dari waktu Anda untuk senang sehingga bisa mendapatkan tertawa lepas yang tak dibuat-buat. Apa sih yang bisa membuat Anda tertawa?.. ya Anda sendiri yang tahu tentunya 🙂 . Benarkah tertawa bisa menjadi obat yang baik?..Para peneliti dari seluruh dunia telah mempelajari efek dari tertawa ini, yang mereka memetakan menjadi dua; yaitu efek jangka pendek dan efek jangka pendek yang semuanya merupakan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Baca juga : Melihat penyakit dari Warna kuku

Advertisement

Berikut manfaat dari dua efek dari tertawa yang baik bagi kesehatan kita

Efek jangka pendek

  1. Selama mendapatkan tertawa, kita tak hanya diringankan dalam hal beban mental saja, tapi juga ada perubahan fisik yang terjadi dalam tubuh.
  2. Tertawa mengurangi ketegangan otot. Seiring dengan meningkatnya sirkulasi darah dan relaksasi otot-otot, tawa lepas juga mencairkan gejala dari tekanan fisik tubuh Anda.
  3. Tertawa melepaskan ketegangan pada jantung Anda. Ketika kita tertawa, tubuh melepasan hormon yang berfungsi melawan stres, yang dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Hal ini akan meringankan kerja jantung Anda.
  4. Tertawa akan mereaksi perubahan kimia dalam tubuh Anda. Ketika tertawa, tubuh juga melepaskan hormon “bahagia” atau hormon Endorfin. Hal ini akan membuat kita merasa baik dan penuh energi. Endorfin adalah senyawa kimia yang biasanya akan dilepaskan selama latihan atau olahraga.

Efek jangka panjang :

  1. Tertawa  dapat meningkatkan suasana hati Anda. Para ahli telah menemukan bahwa tertawa dapat melawan gejala depresi dan kecemasan sekaligus meningkatkan rasa bahagia secara keseluruhan
  2. Tertawa menghilangkan rasa sakit. Ketika Anda sedang tertawa, maka tubuh akan menciptakan zat penghilang rasa sakit alami dengan sendirinya, yang sangat membantu untuk menekan rasa sakit yang mengganggu. Dalam salah satu contoh, gangguan otot yang menyebabkan otot terasa kejang yang sakit dapat terbantu karena siklus kontraksi otot yang melemahkan akan terputus.
  3. Tertawa juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda juga. Hal ini karena tertawa dapat menurunkan tingkat stres dengan cara memblokir sebagian hormon stres yang dirilis. Hormon stres sangat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga tawa akan bekerja sebagai penguat sistem kekebalan tubuh yang alami.
  4. Tertawa bahkan bisa membantu Anda untuk menangani berbagai masalah dengan lebih baik. Tawa cekikikan akan menyebabkan Anda merasa lebih bahagia mengenai diri Anda sendiri, serta lebih mudah berhubungan dengan orang lain. Mampu tertawa dalam situasi sulit juga bisa  membantu Anda untuk mengatasi bermacam kesulitan dalam kehidupan Anda.
Lihat juga :   Makanan untuk membantu mengempiskan perut buncit

Jadi temukanlah cara yang baik yang bisa membuat Anda bisa tertawa sepanjang hari. Berbagi cerita tentang kejadian lucu dengan teman atau rekan kerja, atau menonton acara-acara TV yang lucu beserta rekan atau keluarga. Mungkin suatu kali Anda merasa malu untuk tertawa, namun cobalah untuk menertawakan diri Anda sendiri. Hal ini tak hanya akan membuat situasi dapat lebih tertahankan, Anda juga akan berinvestasi untuk kesehatan Anda dalam jangka panjang!

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *