Manfaat Vitamin B3 (Niacin) bagi Kesehatan

Tentang vitamin D - Manfaat vitamin DManfaat Vitamin B3 atau Niacin bagi kesehatan termasuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik, menjaga kondisi kulit agar kuat sehat,  menjaga fungsi normal otak, meningkatkan daya ingat, membantu saluran pencernaan untuk menyerap karbohidrat yang cukup, protein, dan lemak, mengurangi efek radang sendi dan membantu memulihkan gejala skizofrenia. Manfaat yang paling penting dari niacin atau vitamin B3 adalah kemampuannya untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol.

Advertisement

Vitamin B3 yang juga dikenal sebagai niasin, melepaskan energi ke dalam sel-sel tubuh, tapi niacin terutama digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda mungkin mendapatkan Vitamin B3 di toko-toko suplemen, akan tetapi untuk membeli niacin pada saat disuruh oleh dokter.

Makanan seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian kering, hati, daging ayam, daging merah tanpa lemak, biji-bijian, biji-bijian olahan yang diperkaya  merupakan sumber vitamin B3 yang baik.

Vitamin B3 dan berbagai bentuknya, seperti niacin, populer digunakan sebagai terapi vitamin untuk meringankan banyak penyakit. Niacin juga digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan atau pembuluh darah, dan sebagai suplemen diet yang efektif untuk mengobati pellagra, bersama dengan Lovastatin.

Namun, manfaat vitamin B3 diatas seperti fenomena puncak gunung es. Vitamin B3 masih banyak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lainnya, yang telah perlahan ditemukan manusia selama bertahun-tahun. Niasin terutama ada dalam 3 jenis, yang meliputi asam nikotinat, Niacinamide, dan inositol hexaniacinate sebagai dosis tablet suplemen. Asam nikotinat membantu mengurangi kadar kolesterol darah tinggi, sedangkan Niacinamide dapat ditemukan pada suplemen gizi.

Manfaat Vitamin B3 atau Niasin bagi Kesehatan

Beberapa hal yang bermanfaat dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Membantu Pencernaan:

Sebagai salah satu anggota dari vitamin B-kompleks,  niasin membantu fungsi sistem pencernaan manusia yang normal, mempromosikan nafsu makan yang sehat, berfungsi nya saraf, dan kulit bersinar.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B6 (Pyridoxamine)

Mengelola Energi:

Vitamin B3 melakukan fungsi sangat penting untuk mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi.

Menurunkan Kolesterol:

Pengambilan Niacin dalam jumlah besa,1100 miligram atau lebih dalam sehari, telah terbukti sangat mengurangi kadar kolesterol buruk(LDL), dan meningkatkan kolesterol baik HDL, yang mencegah penebalan plak dinding arteri dan kondisi seperti aterosklerosis.

Bersifat Larut dalam air:

Niacin adalah vitamin yang larut dalam air, artinya bisa melakukan perjalanan melalui aliran darah manusia dan tubuh serta  memiliki pilihan untuk membuang kelebihan vitamin melalui urin. Oleh karena itu, vitamin tersebut dapat diberikan kepada manusia melalui makanan dan cairan, karena tubuh kita tidak membutuhkan pasokan yang konstan.

Sumber Makanan mengandung vitamin B3(Niacin)

Vitamin B3 dapat ditemukan dalam daging, kalkun, ikan tuna, telur, produk unggas, dadih, ragi pembuat bir, kacang, kacang-kacangan, kentang, keju, beras merah, oat, barley, gandum dan susu serpih. Makanan seperti roti dan sereal juga kaya akan niacin. Bahkan makanan kaya triptofan seperti yoghurt dan telur dapat meningkatkan tingkat niacin.

Dosis harian:

Idealnya, perempuan harus memperoleh asupan B3 setidaknya 15-18mg per hari. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi perempuan yang banyak mengkonsumsi jenis obat-obatan. Bahkan mereka yang kadang-kadang menggunakan obat tidur bisa berpotensi kekurangan vitamin B3. Pria harus mengkonsumsi 15-19 mg setiap hari, sedangkan untuk anak-anak  9-13mg dosis vitamin B3 setiap hari.

Pellagra:

Orang dengan kelemahan otot, masalah pencernaan, iritasi kulit atau disebut pellagra kemungkinan disebabkan defisiensi vitamin B3 yang parah. Orang-orang dengan kondisi tersebut perlu untuk meningkatkannya dengan suplemen vitamin B3 ke dalam diet.

Kesehatan Mental:

Bahkan gangguan mental atau kondisi yang terkait dapat disembuhkan dengan pemberian suplemen niacin .

Lihat juga :   Manfaat vitamin B1 (Thiamine)

Diabetes:

Niasin juga dikenal untuk mengobati diabetes dan kadar gula darah tinggi. Kebanyakan pasien diabetes dapat secara efektif mengontrol kadar HbA1c dengan bantuan niacin.

Meskipun jarang kasus  kekurangan niacin yang memerlukan bantuan suplementasi, namun masyarakat modern sebenarnya bisa mengambil manfaat tambahan dari niacin untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ketiga jenis niacin memiliki efek yang berbeda pada tubuh manusia. Niacinamide memiliki manfaat yang menonjol dari anti-inflamasi, sedangkan asam nikotinat & hexaniacinate Inositol bisa mempengaruhi sirkulasi darah.

Anda dapat menggunakan suplemen niacin atau vitamin B3  sebagai makanan biasa atau cairan. Niacin mungkin memiliki efek melemaskan ketika dengan dosis yang sangat tinggi. Dan seperti biasanya, berkonsultasilah dengan dokter atau profesional medis sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *