Mengatasi Rambut rontok dengan Madu

Khasiat Manfaat royal madu - Mengatasi Rambut rontok dengan MaduKhawatir dengan rambut rontok?, Anda bisa memanfaatkan madu untuk mengatasinya.  Perawatan rambut rontok dengan madu bukanlah hal baru, alias sudah lama terbukti sebagai keajaiban dalam menghentikan kerontokan rambut atau mencegah kebotakan.

Advertisement

Dengan anti oksidan yang kuat, sifat antikuman & fungisida dan lilin alami pada madu benar-benar hebat dalam menghentikan rambut rontok. Mari kita lihat bagaimana madu melakukannya. Baca juga: Khasiat dan manfaat madu

Ide untuk memijat kulit kepala untuk akar rambut dengan madu yang manis dan lengket mungkin terdengar menakutkan.Tapi itu adalah apa yang memang Anda butuhkan untuk menghentikan atau mengurangi rambut rontok. Dengan madu, rambut rontok dapat diminimalisir secara efektif. Jadi, madu untuk mengatasi rambut rontok adalah kabar baik bagi mereka yang botak, dan ingin segera menghentikannya.

Tidak hanya pria saja yang menderita rambut rontok dan kebotakan, perempuan juga dapat menjadi korban rambut rontok dan  mengalami kebotakan. Jadi, rambut rontok bagi wanita adalah lebih mengerikan,  yang bisa diatasi dengan madu.

Penyebab Rambut Rontok – Penggunaan madu untuk mengatasi rambut rontok

Dari banyak penyebab rambut rontok, mikroba pada akar rambut dan kekeringan yang terjadi kulit kepala adalah dua penyebab utama. Untuk itu penggunaan madu dapat sangat membantu dalam menyembuhkannya. Kelemahan akut juga bisa menjadi penyebab utama kerontokan, terutama ketika mengalami kelemahan berkepanjangan. Dalam kasus seperti ini, madu juga berguna, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda. Kami akan mencoba untuk menjelaskan setiap jenis secara terpisah, dan mengaitkan bagaimana madu bisa mengobati masalah rambut rontok.

Rambut Rontok karena Aktivitas Mikroba pada akar rambut:

Sementara rambut adalah salah satu bagian yang paling indah dari kita, namun  juga salah satu bagian yang paling kotor. Hal ini karena rambut biasanya dibiarkan terbuka pada besar waktu (tidak seperti bagian tubuh kita yang lain), rambut menangkap banyak debu dan mikroba sepanjang hari.Debu adalah sebagai tempat yang baik bagi perrkembang biakan mikroba, tungau debu dan jamur  yang dapat melemahkan akar rambut. Pada Akhirnya rambut jadi rontok. Sifat Anti mikroba dan anti jamur pada madu akan  sangat membantu di sini.

Yang perlu Anda lakukan adalah hanya memijat lembut pada kulit kepala Anda dengan salah satu dari ramuan madu berikut;

  • Madu murni.
  • Campuran Madu dan dadih( masing-masing 2 sendok makan)
  • Campuran madu dan jus Lemon ( masing-masing 2 sendok makan)

Madu juga bisa dicampurkan dengan salah satu bahan minyak penting yaitu. Rosemary, Jojoba, Cypress, Lavender, Tea Tree, Cedar Wood, nilam, Orange, Lemon, Grapefruit atau Kamper (2 sendok makanmadu dan 1-2 tetes salah satu dari Minyak Atsiri).

Minyak esensial Rosemary, Tea Tree dan Kamper adalah terbaik untuk menghentikan kerontokan rambut, yaitu  dengan jalan menghilangkan aktivitas mikroba pada  kulit kepala, karena bersifat anti mikroba yang kuat dan anti jamur.
Catatan: Saat menggunakan minyak esensial harus di bawah bimbingan yang tepat dari seorang ahli, jika merasakan ada gejala reaksi alergi.

Rambut Rontok karena Ketombe:

Ketombe, rambut berminyak atau kering, merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Dan ini mungkin atau tidak mungkin bisa menjadi penyebab kebotakan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa meskipun ketombe bisa  mengarah ke penyebab rambut rontok, namun ini hal yang normal,  dan tidak akan menyebabkan rambut rontok berat atau kebotakan. Peneliti  juga percaya bahwa ketombe bukanlah penyebab rambut rontok, namun dapat memperburuk keadaan. Kelompok lain mengatakan bahwa ketombe adalah penyebab utama rambut rontok,  dan ketombe yang parah juga dapat menyebabkan kebotakan. Namun, tanpa melibatkan diri dalam perdebatan, kami akan menjelaskan penggunaan madu untuk rambut rontok karena ketombe .

Lihat juga :   Makanan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala

Ketombe adalah situasi di mana kulit kepala  yang mengering, mati dan rontok sebagai serpihan putih dan prosesnya cepat, kadang-kadang juga diikuti dengan  beberapa rambut rontok bersama dengan akarnya. Kulit kepala mengering seperti ini disebabkan oleh berbagai sebab, terutama karena jamur seperti Malazzesia globosa dan Pityrosporum Ovale (juga disebut Malazzesia furfur), dan lain-lain termasuk kurangnya kelembaban, kurangnya nutrisi kulit, kurang nutrisi,Dermatitis, stres, kecemasan, kurang istirahat, menjalani latihan, kerusakan hormonal, kondisi cuaca buruk, debu dan masih banyak lagi. Bahkan, penyebab sebenarnya ketombe masih belum diketahui secara pasti. Namun penggunaan madu untuk perawatan rambut rontok dapat membantu oleh akibat yang telah seperti disebutkan diatas.

Madu memiliki sifat anti jamur yang dapat membantu untuk mengobati ketombe yang disebabkan oleh jamur. Selanjutnya, lilin alami pada madu bisa menjadi pelembab yang sifatnya membantu mengatasi  ketombe akibat kulti kepala kerin dan akibat cuaca buruk. Bahkan jika ketombe dikarenakan karena kurangnya nutrisi pada kulit, maka madu dapat membantu karena madu sangat bergizi bagi tubuh dan kulit.

Madu – Jojoba Oil

Bahan: Madu & Minyak Jojoba dalam takaran yang hampir sama (kuantitas tergantung pada ketebalan dan panjang rambut), gunakan masing -masing  2-3 sendok makan dan ditambahkan beberapa tetes minyak esensial Geranium, Sandalwood atau Lavender.

Cara penggunaan: Campur semaua bahan secara menyeluruh ke dalam campuran, pijat rambut akar atau kulit kepala dengan campuran ini dengan menggunakan jari-jari Anda. Hindari menggosok dengan kuat.

Madu – Jus Bawang

Ini adalah ramuan yang sangat populer untuk mengatasi ketombe.

Bahan: 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan jus bawang. Kuantitas dapat bervariasi tergantung pada panjang rambut, ketebalan dll

Cara pengguaaan: Campur kedua bahan halus, dan Pijat kulit kepala pada akar rambut dengan campuran ini. Ini akan memberikan hasil yang baik.

Madu – Lemon Juice:

Penggunaannya  Sama seperti di atas. Hanya mengganti jus bawang dengan jus lemon.

Madu – Fenugreek

Pengobatan ini juga banyak dipraktekkan dibeberapa tempat.

Bahan: Dua sendok makan biji Fenugreek dan satu sendok makan madu.

Cara penggunaan: Rendam biji fenugreek selama sekitar dua belas jam (semalam) dan giling menjadi adonan. Campurkan dengan baik dengan madu. Hanya diratakan pada akar rambut (kulit kepala), dan biarkan selama 10-15 menit dan bersihkan.

Rambut Rontok karena kurang nutrisi

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi (vitamin dan mineral tertentu) dalam tubuh. Meskipun madu bukan merupakan bahan yang akurat untuk semua jenis kurang nutrisi, tetapi rambut rontok karena kekurangan gizi bisa dikurangi sampai batas tertentu dengan madu. Hal ini karena madu juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin B2, vitamin B6, besi, mangan, fosfor dan seng. Walau disini madu tidak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat besar, namun fakta bahwa madu lebih mudah diserap dengan baik oleh tubuh. Baca juga: Nutrisi yang baik untuk rambut dan kulit kepala

Lihat juga :   Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kulit

Catatan: Madu hanya bisa digunakan untuk mengobati malnutrisi energi, karena madu merupakan sumber energi dan mudah diserap. Madu hanya memiliki kesitimewaan mudah diserap oleh tubuh,  dan karenanya dapat membantu dalam perawatan.

Rambut Rontok karena Kelemahan:

Kelemahan atau kekurangan energi secara juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut , dan menggunakan madu untuk ini bisa mengurangi secara efektif. Rambut rontok adalah hal yang umum pada orang yang menderita sakit yang berkepanjangan, kehamilan dan menyusui, dan terutama bagi yang sedang menjalani kemoterapi pada pengobatan kanker. Meskipun madu tidak dapat menghentikan rambut rontok akibat kanker, tapi dapat digunakan untuk pemulihan cepat dari pasien akibat kelemahan atau beberapa penyebab lain. Madu berfungsi sebagai sumber energi yang mudah diserap,  dan ini akan membantu pasien agar secepatnya pulih dari kelemahan, sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Rambut Rontok karena Penuaan dan tindakan Radikal Bebas (Oksidan):

Rambut rontok adalah gejala umum akibat penuaan, dan juga terjadi karena radikal bebas atau oksidan dalam tubuh. Secara khusus, radikal bebas bertanggung jawab untuk penuaan dan memperparah penuaan, termasuk rambut rontok, keriput, kehilangan penglihatan, degenerasi makula dll.  Madu kaya akan antioksidan (termasuk beberapa vitamin C) , dan dengan demikian dapat digunakan untuk menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. Pada gilirannya, madu dapat mengurangi gejala penuaan, memperlambat dan mengurangi kerontokan rambut yang dihasilkan.

Rambut Rontok karena Ketidakseimbangan hormonal:

Ini adalah jenis rambut rontok yang tidak dapat dibantu dengan madu.

Penggunaan madu

Beberapa orang mungkin alergi dengan madu. Jadi, uji  ini sebelum Anda mencobanya pada kulit kepala Anda.

Cobalah untuk menggunakan madu yang disaring. Madu tanpa disaring mungkin berisi partikel debu, sisa-sisa lebah mati lebah,  serbuk sari dll . Mengingat sekarang ini banyak beredar madu sintetis, maka hati hati untuk memilih madu yang alami. Pastikan ada jaminan jika madu yang Anda gunakan adalah madu asli dan murni.

Disclaimer: Penggunaan madu tidak bisa dianggap sebagai alternatif,  atau pengganti untuk pengobatan pada umumnya. Madu tidak dimaksudkan untuk keperluan terapeutik, namun hanya sebuah bantuan untuk mengurangi rambut rontok, dan mungkin bukan satu-satunya pengobatan rambut rontok.

Rambut rontok yang disebabkan oleh beberapa alasan mungkin tidak efektif menggunakan madu. Madu bukanlah pengobatan untuk kekurangan nutrisi, namun hanya merupakan sumber energi yang baik. Madu bukanlah pengobatan atau obat satu-satunya untuk rambut rontok.

Ketersediaan: Sebagian besar bahan-bahan seperti madu, jus lemon, minyak jojoba, biji fenugreek, daun kembang sepatu, bawang dll, yang dibahas dalam artikel ini cukup banyak tersedia di beberapa tempat.

Harga: Masalah harga, madu dan minyak jojoba mungkin sedikit mahal harganya di bandingkan dengan bahan yang lain.

Tidak ada ruginya menggunakan madu untuk mengatasi rambut rontok, semuanya baik dan tak menimbulkan efek berbahaya bagi rambut dan kesehatan tubuh.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *