10 Tips Agar Suara Bagus dan Tinggi Saat Menyanyi

Tips agar suara bagus dan tinggiMemiliki suara yang bagus dan indah adalah potensi yang bagus jika Anda menyukai olah vokal seperti menyanyi maupun dalam mengaji. Bagi para penyanyi, penyiar radio, presenter televisi, mater of ceremony, semuanya tentu menginginkan suara yang bagus, indah dan mantab. Untuk dapat memiliki itu semua, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang berhubungan dengan gaya hidup dan kesehatan. Beberapa kebiasaan buruk tertentu dapat merusak kualitas vokal Anda, termasuk sering telat minum, konsumsi kafein, makanan berminyak, kurang berolahraga, dsb.

Advertisement

Berikut tips sehat untuk membuat suara menjadi bagus Indah dan tinggi

1. Mendapatkan hidrasi yang cukup

Lipatan pita suara perlu dilumasi dengan lendir agar dapat bergetar dengan efisien. Untuk mendapatkan pelumasan pita suara yang terbaik bisa dicapai dengan minum banyak air putih. Aturan minum air praktis yang baik adalah minum setidaknya dua liter air setiap hari, tetapi dengan catatan jika Anda tak memiliki masalah ginjal  dan fungsi jantung.

2. Hindari kafein, r*kok dan alk*hol

Kafein dan alk*ohol bersifat menarik air keluar dari dalam rubuh dan menghilangkan pelumas pada lipatan pita suara. Minuman berkafein termasuk kopi, teh, dan minuman ringan dalam jumlah kecil dapat diterima apabila diimbangi dengan minum lebih banyak air putih. Sementara asap r*kok juga sangat merusak pita suara, dan kualitas paru-paru.

3. Hindari minuman dengan suhu berlebihan

Minuman yang bersuhu terlalu dingin atau terlalu panas tidak bagus bagi pita suara. Sebaiknya minum air yang bersuhu ruangan atau bersuhu normal.

4. Hindari Lingkungan udara yang buruk

Faktor lain yang dapat mempengaruhi pelumasan pada pita suara adalah lingkungan udara yang kering. Penyebabnya bisa macam-macam, termasuk tungku yang panas, ruangan ber AC, dan iklim yang kelembaban udaranya rendah. Sering Keluar ruangan pada malam hari juga bisa merusak pelumasan pita suara karena udaranya bisa sangat kering.

Lihat juga :   Buah-buahan yang baik untuk diabetes

5. Hindari asam lambung tinggi

Asam lambung adalah zat yang dibtuhkan oleh lambung untuk membantu mencerna makanan. Namun, kondisi asam lambung yang tinggi bisa naikkedaerah tenggorokan hingga paru-paru. Asam lambung bersifat korosif, tentu saja sangat merusak pita suara, bahkan menyebabkan masalah paru-paru dan jantung. Memiliki nafas yang dalam sangat penting bagi orang yang membutuhkan vokal prima dalam menyanyi.

Nah, beberapa cara untuk menghindari asam lambung naik adalah makan teratur, olahraga yang cukup, makan makanan bergizi, hindari makanan berminyak, hindari kopi, alk*hol, dsb. Pada intinya jaga suara Anda dengan pola hidup yang sehat.

Kondisi lambung tertentu seperti penyakit maag, bisa meningkatkan asam lambung. Jika Anda memiliki masalah asam lambung, sebaiknya mendapatkan pengobatan yang efisien dari dokter.  Berikut Cara Alami Mengatasi sakit perut akibat Asam lambung tinggi

6. Jangan memaksa pita suara

Hindari berteriak atau menjerit yang tak perlu. Jika tenggorokan Anda terasa kering atau lelah, atau suara Anda terdengar semakin serak, maka kurangi penggunaan suara Anda.

7. Jaga otot tenggorokan dan leher santai

Walaupun Anda sedang bernyanyi dengan nada tinggi dan nada rendah, sangat  penting untuk menjaga tenggorokan atau otot leher tetap rileks.

8. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan

Ketika Anda membersihkan tenggorokan Anda, maka hal itu seperti menggosok pita suara Anda. Jika Anda memiliki batuk, atau alergi sinus dan asam lambung sebaiknya berobat ke dokter.

9. Berolahraga

Berolahraga akan membuat tubuh selalu dalam kondisi prima, sehingga kekebalan meningkat tak mudah sakit terutama sakit yangberhubungan dengan infeksi tenggorokan. Olahraga yang terarah juga akan membuat nafas menjadi lebih kuat dan panjang, yang sangat penting jika Anda adalah seorang penyanyi. Olah raga yang bisa Anda pilih adalah berenang, berlari atau bersepeda.

Lihat juga :   Cara mengetahui madu Anda asli, campuran, atau tiruan

10. Berlatih pernafasan dalam

Untuk mendapatkan suara menyanyi sehat dan kuat, Anda harus melatih pernafasan paru-paru dan diafragma dengan cara mengambil udara dalam-dalam dan megeluarkannya lagi sampai benar-benar habis.
Hal ini bisa Anda lakukan sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Jika sambil berdiri atau duduk, tempatkan tangan di atas perut Anda dan memaksa keluar semua udara yang Anda hirup. Jika Anda sambil berbaring, letakkan sebuah buku di dada Anda sampai tidak bergerak .

Demikian tips sehat untuk memiliki suara yang bagus dan tinggi, terutama bagi Anda yang sedang berlatih menyanyi yang baik.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *