Tips Alami Mengatasi masalah sembelit / Konstipasi

kunyit - Tips Alami Mengatasi masalah sembelit / KonstipasiKonstipasi atau sembelit tentu akan membuat rasa ketidaknyamanan pada saat melewati hari-hari Anda. Kondisi ini mengacu pada gerakan usus yang jarang atau sulit terjadi, yang dikarenakan Tinja yang menjadi kering dan keras, dan sulit untuk dilepaskan. Perasaan tidak tenang, ragu makan apapun lebih banyak, hingga masalah perasaan tidak nyaman pada perut atau kembung.

Advertisement

Penyebab umum konstipasi: Obat-obatan dan bahkan vitamin yang dapat menyebabkan sembelit. Ada juga akibat tidur yang tidak baik, kurangnya konsumsi serat,  suka menahan BAB, atau kurang latihan fisik.

Berikut ini ada 8 tips cara alami untuk mengatasi konstipasi atau sembelit

1. Minum Banyak Dari Air:

Air bermanfaat untuk memecahkan sebagian besar masalah kesehatan Anda, baik secara internal maupun eksternal. Air menjaga sistem pencernaan, dan  yang jelas juga membantu mengurangi sembelit. Anjuran umum minum air adalah 8 sampai 10 gelas air dalam sehari. Terutama bagi Yang menderita sembelit, harus minum air sebanyak mungkin untuk meringankan pergerakan usus. Kurang minum air juga akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

2. Makan makanan mengandung serat tinggi:

Sertakan makanan terbaik untuk menyembuhkan sembelit. Biji-bijian, Buah dan sayuran adalah makanan yang kaya serat. Serat bermanfaat untuk memudahkan pencernaan dan menjaga pergerakan usus halus. Sereal, roti gandum dll,  adalah beberapa contoh makanan sehat lain yang mengandung serat yang akan memudahkan pencernaan.

3. Jangan melewatkan makan:

Makan secara teratur diperlukan untuk menjaga perut agar aktif sepanjang hari. Makanan yang terlalu banyak atau sedikit bisa  mengganggu gerakan normal usus yang menyebabkan sembelit. Selalu dianjurkan untuk makan-makanan yang bergizi dalam porsi kecil dan sering. Kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, semuanya harus dalam proporsi yang seimbang dalam tubuh.

Lihat juga :   Kunyit Ampuh Untuk Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

4. Menjadi Aktif:

Gangguan pada pencernaan juga bisa menjadi penyebab dari sembelit. Duduk diam setelah makanan akan menghambat pencernaan dan bisa menyebabkan akumulasi makanan tidak bisa tercerna dalam usus. Cobalah untuk aktif sekali waktu untuk beberapa putaran, sehingga masalah konstipasi tidak hadir kembali.

Berusaha Aktif sepanjang hari juga penting bagi pencernaan. Latihan atau olahraga setidaknya dilakukan tiga kali seminggu. Jadikan kegiatan mingguan seperti berenang atau olahraga lainnya menjadi kebiasaan, demi tubuh supaya tetap fit luar dalam.

5. Hindari terlalu lama menahan:

Ada situasi ketika Anda benar-benar sangat ingin BAB, akan tetapi tidak bisa karena ketersediaan fasilitas yang terbatas. Ini juga merupakan alasan penyebab sembelit. Terlalu lama menahan BAB akanmenyebabkan makanan yang tidak tercerna menempel pada lapisan usus. Dengan demikian, hal itu mengarah pada sembelit.

Di sisi lain, jika Anda sudah mengalami sembelit, sebaiknya tidak mengejan terlalu kuat. Hal ini dapat merusak lapisan anus, sehingga menyebabkan perdarahan. Dalam kasus yang lebih buruk, juga bisa menyebabkan lecet.

6. Melatih Perut Anda:

Ada banyak orang yang memiliki jam tetap pada waktu tertentu untuk BAB. Pagi-pagi, setelah tidur, setelah sarapan dll, adalah waktu yang biasa bagi seseorang memiliki dorongan untuk BAB. Biasakan untuk duduk di toilet selama minimal 15 menit. Hal ini memudahkan kita buang air besar, dan secara bertahap tubuh akan dilatih untuk buang air besar pada jam tertentu.

7. Hindari Fast Food:

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, keripik, gorengan, sosis, burger, donat, roti putih dan kue-kue yang lezat yang terdiri dari karbohidrat. Makanan ini umumnya tidak bisa dicerna dengan mudah oleh usus, dan dapat menyebabkan sembelit.

Lihat juga :   Cara sehat mengatasi sulit buang air besar

8. Cobalah Kunyit:

Kunyit sangat dikenal baik untuk menjaga kesehatan, terutama pencernaan kita. Senyawa kurkumin dalam kunyit akan melapisi dinding usus, sehingga sisa makanan dapat dengan mudah didorong keluar oleh usus. Selain itu, manfaat antioksidan juga bisa kita peroleh dari minum ekstrak kunyit segar.

Diet yang tepat mungkin berbeda dari satu orang ke orang lain. Bahkan pada makanan tertentu,  bagi sebagian orang mungkin meringankan sembelit, akan tetapi bagi yang lain mungkin justru membuatnya menjadi lebih buruk. Lakukan Diet seimbang yang rutin dan tepat untuk memperlancar buang air besar. Ikutilah cara-cara untuk mengatasu sembelit diatas. Berkonsultasilah dengan dokter, jika sembelit Anda berkepanjangan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Tips Alami Mengatasi masalah sembelit / Konstipasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *