Tips menjaga Kesehatan Mata

kesehatan mata - wortelPancaindera adalah alat penting tubuh kita yang berguna untuk menerima informasi dengan lingkungan sekitar, yaitu untuk keselamatan tubuh dan menunjang aktifitas. Salah satunya adalah mata kita, dan jika ia mengalami gangguan tentu dapat membatasi aktifitas bahkan bisa membatasi ruang gerak kita. Untuk itu, bagi yang saat ini masih memiliki mata yang sehat, sebaiknya kita menjaga agar jendela dunia kita ini akan selalu tetap berfungsi optimal.

Advertisement

Berikut ini Tips menjaga mata agar tetap sehat, sehingga selalu dapat menjalankan semua  fungsinya dengan baik

  • Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik bagi kesehatan mata, seperti mengandung vitamin A, C, E, dan seng, seperti dari wortel, sayuran hijau, telur, ikan, dan lain-lain
  • Mengucek mata kadang seringkali menjadi solusi untuk mengatasi mata gatal, sepet atau kemasukan debu. Namun kebiasaan seperti ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika tangan dalam keadaan kotor, karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Jika harus menggunakan obat tetes mata, sebaiknya baca aturan pakainya, serta aturan terbaik penggunaan dan cara menyimpannya.
  • Segeraberhentilah jika anda mer*k ok, karena hal ini dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit mata, seperti : makula, katarak, sindrom mata kering, dan lain sebagainya.
  • Jaga gula darah anda agar tetap stabil, dengan cara menjalani pola hidup sehat dan berolahraga. Gula darah tinggi atau diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada mata, seperti glukoma, katarak, retinopati hipertensif (kerusakan retina), dan lain sebagainya.
  • Saat bekerja maupun sedang melakukan aktifitas fisik lainnya, lindungilah mata Anda , misalnya dengan  memakai kaca mata atau helm yang berguna untuk melindungi mata dari kerusakan, cedera, dan juga resiko kebutaan. Gunakan kacamata yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet, atau memandang sinar yang terlalu menyilaukan.
  • Gunakan jarak terdekat mata minimal pada saat membaca, yaitu sekitar 30 cm. Selain itu pada saat membaca lakukan dengan posisi yang benar, misalnya tidak sambil tiduran dan dengan penerangan yang cukup.
  • Jangan terlalu sering menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat atau jauh. Jarak terbaik adalah 2,5-3 meter,  dan hentikan menonton televisi jika merasa mata sudah letih.
  • Melakukan latihan fokus untuk pandangan mata secara teratur untuk mencegah masalah pada penglihatan di masa mendatang, misalnya latihan fokus memandang pada jarak dekat atau jauh, fokus pada satu benda namun dengan sudut pandang yang berbeda, dan lain sebagainya.
  • Periksakan mata dan berkonsultasi mengenai masalah penglihatan Anda dengan dokter secara rutin setahun sekali atau 2 kali. Atau Jika Anda merasa mengalami gangguan pada mata, jangan menunggu lebih lama lagi untuk pergi periksa.
  • Istirahatkanlah mata Anda, misalnya dengan cara menikmati pemandangan alam yang indah dan menyegarkan mata. Sering mengistirahatkan mata dengan memandang pada pandangan alam yang luas,  dapat mencegah timbulnya beberapa jenis penyakit mata.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *