Dampak sering mengenakan celana Jeans ketat bagi kesehatan

Dampak memakai jeans ketat bagi kesehatanPara ahli kesehatan memperingatkan bagi yang mengenakan jeans ketat, karena cenderung menekan saraf di seluruh paha. Hal ini bisa menyebabkan mati rasa atau sensasi rasa terbakar di daerah paha. Jika diabaikan, hal ini bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf di daerah paha.

Dari semua jenis celana jeans yang tersedia, jeans ketat kini sepertinya sudah menjadi trend yang paling populer. Banyak tersedia dalam berbagai warna, sehingga jeans ini sangat populer di kalangan anak-anakdan remaja. Hal ini juga diyakini bisa memberikan penampilan yang hebat dan memberikan perasaan elegan.

Jeans ketat adalah trend fashion terbaru, yang dirancang agar pas dengan bentuk pinggang dan paha. Hal ini sedikit lebih ketat di pinggang, dan pada saat yang sama terlihat meratakan perut dan membentuk body secara keseluruhan yang memberikan bentuk langsing. Namun, dalam beberapa tahun terakhir masalah kesehatan telah banyak dikeluhkan oleh pengguna celana ramping ini.

Apakah Jins ketat Buruk bagi kesehatan?

Ya, tentu saja mengenakan sesuatu yang terlalu ketat akan selalu menjadi perhatian. Jeans yang ketat dan pas mungkin bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Menurut Ahli Bedah

Menurut Karen Boyle, seorang ahli bedah di Greater Baltimore Medical Center (USA) ,  jeans ketat bisa memicu meralgia paresthetica, yaitu suatu kondisi yang meremas saraf yang melewati daerah luar paha, dan yang menyebabkan mati rasa, terbakar, dan sensasi kesemutan. Jeans ketat diyakini dapat menimbulkan tekanan konstan pada saraf, yang dapat menyebabkan apa yang dikenal dengan sindrom kesemutan paha. Celana jeans terlalu ketat, yang umumnya lebih sering dipakai oleh wanita, akan meningkatkan risiko meralgia paresthetica. Orang yang memakai skinny jeans ultra ketat cenderung mengalami perasaan geli yang tidak biasa,  yang dirasakan naik dan turun sepanjang paha. Semua ini adalah gejala kerusakan saraf. Penekanan syaraf yang berulang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Lihat juga :   Manfaat Minum Teh bagi kesehatan

Pendapat ahli terapi fisik

Ahli terapi fisik berpendapat bahwa saraf kutaneus lateral pada paha berperan penting untuk memberikan sensasi ke bagian  atas dan bawah kaki. Oleh karena itu, membungkus kaki dengan jeans ketat bisa menjepit saraf kutan lateral, yang akan memberikan kaki atas dan bawah mengalami sensasi mengambang sambil berjalan. Hal ini akan memberikan perasaan kaki seperti tidak ada pada tubuh. Selain sensasi yang  aneh ini, orang tersebut bisa mengalami kelemahan di bagian paha.

Pendapat Neurolog

Neurolog juga menegaskan bahwa penggunaan jeans ketat akan membuat tekanan berlebihan pada saraf kutan lateral, yang menyebabkan sindrom kesemutan paha. Selain menyebabkan perasaan geli pada paha, mengenakan jeans ketat juga diyakini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, pembekuan darah, mulas, dan nyeri punggung bagian bawah. Pemakai jeans ketat yang mengeluhkan paha seperti mati rasa merupakan indikasi jika sirkulasi darah pada paha tidak memadai. Jika Anda mengabaikan ketidaknyamanan ini, mungkin pada akhirnya akan memicu kerusakan syaraf peranen.

Masalah pemakaian jeans ketat ini bisa semakin parah jika diiringi dengan penggunaan sepatu hak tinggi. Hal ini karena kebiasaan memakai sepatu hak tinggi juga bisa membuat kerentanan terhadap kerusakan saraf, bunions, dan hammertoe. Sepatu hak tinggi menyebabkan kemiringan panggul yang abnormal, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada otot di panggul.

Pencegahan

Cara yang terbaik untuk mencegah tekanan pada saraf adalah dengan memakai celana jeans stretch. Untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan paha, carilah celana jeans yang terbuat dari kain strecth. Juga pilihlan celana jeans yang dibuat dengan bagian pinggang yang elastis. Kenalkan jins longgar juga bisa membantu untuk menghilangkan rasa kesemutan dan nyeri pada kaki. Tidak ada salahnya mengenakan jins ketat, namun jika terlalu ketat sebaiknya dibuang saja.

Lihat juga :   10 Alasan Kesehatan makan Buah Apel

Mungkin hal tentang jins ketat diatas terasa aneh bagi Anda. Akan tetapi pastikan untuk membeli celana jeans yang pas dan tepat, sehingga Anda tetap bisaa tampil modis tanpa harus khawatir dengan rasa nyeri atau mati rasa di kaki. Menggunakan jeans ukuran yang benar adalah kunci untuk kenyamanan berpakaian dan hidup yang sehat.

Leave a Reply