10 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Buah naga kini sudah bisa ditemui dimana-mana, dan harganya semakin terjangkau. Karena diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan, sekarang banyak petani yang membudidayakan buah yang juga dikenal dengan nama buah pitaya ini sehingga harganya mulai bersahabat. Buah naga adalah buah yang berwarna-warni yang dihasilkan oleh tanaman sejenis kaktus, dan dapat dimakan sebagai buah segar atau kering. Buah naga diketahui memiliki beberapa nutrisi tertentu dengan konsentrasi tinggi, yang menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Daftar isi:

  1. Tentang Buah Naga
  2. Kandungan Antioksidan Yang Tinggi
  3. Kandungan Serat yang Tinggi
  4. Kandungan Vitamin B yang Tinggi
  5. Kandungan Tinggi Mineral
  6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  7. Mencegah Kanker
  8. Meningkatkan Metabolisme
  9. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  10. Meningkatkan Kesehatan Mata
  11. Mencegah dan Mengatasi Asam Urat dan Rematik

Mengenal lebih Dekat Buah Naga

manfaat buah naga
Buah naga merupakan buah tropis yang cukup lezat dan segar, diluar negeri buah naga dianggap sebagai superfood  karena kaya akan manfaat kesehatan. Buah naga yang juga disebut buah pitaya ini asalnya dari sekitardaerah meksiko, termasuk amerika tengah dan selatan; kemudian disebarkan ke negara-negara di Asia Tenggara dan bisa tumbuh baik di wilayah seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Terdapat tiga varietas buah naga, yaitu, buah naga merah(kulit merah daging merah), buah naga putih(kulit merah daging putih), dan buah naga kuning(kulit kuning daging putih). Rasa buah naga umumnya manis dan asam, tergantung pada varietas, bentuk, dan ukuran. Tekstur buah naga lembut mirip seperti buah kiwi dengan taburan biji kecil berwarna hitam.

Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan :

1. Buah Naga Tinggi Antioksidan

Buah naga juga merupakan buah yang tinggi akan kandungan antioksidan termasuk vitamin C, yaitu 100 gram buah naga mengandung 9 mg vitamin C. Kebutuhan tubuh akan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita. Vitamin C adalah nutrisi yang bertindak sebagai antioksidan, yaitu yang melindungi sel dan jaringan tubuh lain dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas mungkin berkontribusi terhadap munculnya sel kanker, serta dapat menyebabkan penyakit lainnya. Tingginya kadar vitamin C dalam buah naga, berarti juga akan mempromosikan percepatan penyembuhan luka dan memar.

Lihat juga :   Manfaat Jambu merah biji bagi kesehatan

2. Buah Naga Tinggi akan Kandungan Serat

Buah naga mengandung serat yang tinggi, yaitu hampir 1 g serat dari 100 g buah naga segar. Dengan demikian, buah naga juga berfungsi sebagai pencahar alami untuk mengobati sembelit. 100 gram buah naga kering bisa mengandung 10 g serta atau lebih.

Buah naga dengan tinggi seratnya juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol buruk (LDL), serta menurunkan tekanan darah tinggi dan peradangan. Menurut DiabeticLifeDiet.com, serat dalam buah naga juga membantu mengontrol kadar gula darah, yaitu dengan cara memperlambat penyerapan gula serta menjaga dalam tingkat yang rendah setelah makan. Hal ini Efeknya bisa bertahan hingga 90 menit. Buah naga juga bisa  membantu untuk menurunkan berat badan dari manfaat serat yang ditawarkan buah naga.

3. Mengandung Beberapa Jenis Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Buah naga mengandung vitamin B-1, B-2 dan B-3. Vitamin B-1 berguna untuk menghasilkan energi dan memetabolisme karbohidrat, sedangkan vitamin B-2 bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B-3 dalam buah naga akan membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan meningkatkan kesehatan kulit, menjaganya agar tetap lembab, halus serta mulus.

4. Mengandung Banyak Mineral

Buah naga juga merupakan sumber mineral seperti kalsium dan fosfor, yaitu mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Mineral tersebut akan membantu untuk memperkuat tulang dan gigi serta untuk membentuk jaringan baru. Buah naga juga dikatakan dapat membantu menetralkan dan mengeluarkan racun dari kontaminan logam berat dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga memiliki manfaat sangat penting bagi kesehatan yaitu kemampuannya untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda dari berbagai penyakit infeksi. Hal ini karena buah naga tinggi akan  vitamin C yang merupakan unsur penting sistem kekebalan tubuh serta merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh juga.

Nutrisi ini secara aktif akan menemukan dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, yaitu limbah tubuh dari memetabolisme sel. Radikal bebas yang tidak dinetralisir oleh antioksidan terkait penyakit kronis termasuk kanker dan penyakit jantung.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Manggis

6. Mencegah Kanker

Buah naga selain mengandung vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga mengandung antioksidan lain yaitu karotenoid yang telah diketahui memiliki sifat anti-karsinogen. Hal ini akan membantu mengurangi perkembangan tumor. Pada dasarnya buah naga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mungkin menjadi penting bagi Anda dalam mencegah kanker.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat, dan buah naga merupakan salah satu sumber protein nabati. Protein banyak kita dapatkan dari sumber makanan termasuk buah-buahan, sayuran, dan daging; yang dimetabolisme oleh enzim dalam tubuh kita untuk digunakan untuk memperbaiki sel, menambah energi, dan meningkatkan metabolisme, serta  membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah naga tidak mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh. Dengan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, maka kita akan menurunkan potensi pembetukan plak di pembuluh darah sehingga menurunkan risiko aterosklerosis; dengan demikian kita bisa terhindar dari serangan jantung termasuk hipertensi dan stroke.

Buah naga adalah sumber gizi yang aman, atau tidak menghasilakan dampak negatif pada tubuh Anda. Biji buah naga mengandung jenis lemak yang bermanfaat bagi tubuh yang meningkatkan jenis kolesterol baik (HDL). Kolesterol HDL berguna untuk menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dengan cara menghambat reseptor yang mengikat pada dinding arteri.

9. Kesehatan Mata

Buah naga juga membantu menjaga kesehatan mata. hal ini karena buah naga kaya akan karotenoid yang akan diubah menjadi bentuk aktif Vitami A dalam tubuh. Salah satu manfaat penting dari vitamin A adalah melindungi mata dari penyakit terkait radikal bebas seperti katarak dan  termasuk penyakit mata terkait usia.

10. Mengatasi Asam Urat

Asam urat yang tinggi dalam darah akan menyebabkan penyakit sakit persendian akibat asam urat yang disebut ghout athritis. Ghout athritis karena asam urat sangat menyakitkan, bahkan kalau sudah parahj dapat merusak persendian sehingga menyebabkan orang tidak bisa berjalan. Ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa buah naga juga dapat memerangi gout(asam urat) dan arthritis (rematik) karena kandungan beta karoten nya yang tinggi.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *