Manfaat Lari Pagi baik Untuk Kesehatan Jantung, Tulang, dan Otak

Para peneliti telah mengatakan bahwa lari adalah salah satu cara agar bisa tetap awet muda. Dari sekian banyak jenis olahraga, ternyata lari pagi adalah olahraga yang paling bisa membuat tubuh lebih fit dan awet muda. Dan kabar baiknya lagi, berlari dipagi hari adalah olahraga yang sederhana dan murah. Anda cukup hanya meluangkan sedikit waktu, dan cukup menyediakan satu stel sepatu dan celana olahraga. Baca saja semuanya berikut dibawah agar anda selangkah lebih tahu daripada yang lain!

Berikut ini top 10 Manfaat yang menakjubkan Lari Pagi bagi Kesehatan, menurut penjelasan dari penelitian.

manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh

1. Kesehatan Mata:

Menurut penelitian, orang yang berlari 56 km setiap seminggu ternyata lebih berhasil menekan resiko masalah penglihatan karena usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 km per minggu .

2. Menjaga Kesehatan Jantung :

Orang yang rutin berlari sekitar sejauh 16 km dalam seminggu, 39 persen lebih rendah memiliki masalah tekanan darah. Selain itu, mereka juga jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darah hingga 34 persen .

3. Menambah gairah :

Pria yang rutin berlari yang membakar 3.000 kalori dalam 1 minggu dengan aktivitas berlari selama 5 jam, 83% jauh dari masalah DE.

4. Tulang Kuat:

Menurut penelitian yang diumumkan University of Missouri, massa tulang pelari ternyata lebih baik daripada atlet aerobik lainnya. Para peneliti telah membandingkan kepadatan tulang pelari dan atlet pengendara sepeda. Sebanyak 63 persen pesepeda memiliki massa tulang yang buruk, sedangkan pelari hanya 19 persen saja.

Lihat juga :   Efek Samping Kopi dan Kafein Bagi Perempuan

5. Konsentrasi lebih baik :

Sebuah studi yang dilakukan terhadap para pekerja di Inggris mengungkapkan bahwa, rutin berlari ternyata membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, serta  lebih dari produkif .

6. Bebas masalah Demensia di Usia Tua:

Journal of American Geriatrics Society melaporkan, gadis-gadis remaja yang rajin lari pagi, pada usia tua jarang mengalami demensia. Demensia adalah penyakit degeneratif yang menyerang Otak pada manula, seringkali disebut sebagai Penyakit Pikun. Tidak bisa disembuhkan, dan perlu dicegah semenjak usia muda termasuk berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi.

7. Tidur lebih nyenyak :

Para penderita insomnia diminta untuk berlari, dan ternyata berhasil membuat tidur mereka menjadi lebih cepat 17 menit, jika dibandingkan dengan ketika mereka tidak berlari. Bahkan mereka bisa tidur lebih nyenyak,  sehari setelah berlari .

8. Jarang terkena influensa

Orang yang rutin berlari satu jam setiap hari jauh dari serangan virus flu sekitar 18 persen, jika dibandingkan dengan yang tidak perah melakukan lari, menurut penelitian yang dilakukan di Swedia .

9. Mengurangi serangan asma :

Penelitian yang dilakukan terhadap penderita asma,  yang diberikan kesempatan berlari secara bergantian dalam seminggu selama 3 bulan,  ternyata berhasil mengurangi serangan asma. Para responden mengaku bisa bernapas lebih mudah dan kekebalan tubuh lebih kuat setelah menyelesaikan berlari dalam rangka penelitian ini.

10. Panjang Umur :

Lari pagi membuat panjang umur

Review dari 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam seminggu dapat mengurangi risiko kematian pada usia muda hingga 19 persen. Sementara itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang aktif berolahraga dapat mengurangi risiko kematian di usia muda hingga 50 persen .

Lihat juga :   10 Manfaat Utama Cuka Sari Apel untuk Kesehatan & Kecantikan

Olahraga berlari adalah olahraga yang mudah dan murah. Terutama berlari pagi yang dilakukan dilingkungan yang asri, lari pagi akan lebih menyenangkan lagi. Dan jika berlari sambil mendengarkan lagu favorit, studi mengatakan bahwa berolahraga sambil mendengarkan musik akan mengasah kinerja otak.

Nah menarik bukan manfaat lari pagi ini?. Lari pagi atau olahraga lainnya sangat penting untuk meningkatkan metabolisme, meningkatkan peredaran darah, dan meningkatkan kekuatan otot termasuk jantung. Manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk bergerak, jadi apakah Ada sudah merasa cukup bergerak setiap hari?..

Leave a Reply