Manfaat Vitamin B6 (Pyridoxamine)

Manfaat Vitamin B6 atau pyridoxamine meliputi membantu aktifitas enzim, sistem kekebalan tubuh, metabolisme, mengontrol hormon, menjaga kondisi kulit, serta mencegah penyakit jantung, gangguan ginjal, multiple sclerosis, anemia, gangguan emosi, artritis dan influenza.

Vitamin B6 sangat penting dan dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Pada saat kondisi kesehatan menurun, masuknya nutrisi seperti vitamin B6 adalah sangat penting. Vitamin ini bersifat larut air, dan akan sangat membantu mengobati banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung, kulit, depresi, kelelahan, sistem saraf dan sebagainya.

Gejala kekurangan vitamin B6

Gejala kekurangan vitamin B6 umumnya dirasakan dalam bentuk kelelahan, nafsu makan rendah, kulit kering, rambut rontok, bibir pecah-pecah, insomnia dan pembengkakan pada mulut dan lidah. Disamping itu kita juga mungkin akan mengalami penurunan koordinasi gerak, anemia, lekas marah, kebingungan dan rasa lemah pada bagian tubuh yang berbeda.

Sumber penting dari vitamin B6

Vitamin B6 telah dikonfirmasikan bisa didapat dari makanan seperti biji-bijian, sereal, kacang hijau, kenari dan gandum. Dari makanan sumber hewani termasuk dari ikan, telur, daging, dan hati. Sumber vitamin B6 lainnya adalah buah pisang, bunga kol, kubis, kedelai, wortel, bayam, dan sebagainya.

Manfaat vitamin B6 bagi kesehatan tubuh

Vitamin B6 sebagian besar digunakan untuk menjaga kesehatan yang baik. Berikut ini adalah daftar manfaat yang dapat diberikan vitamin ini:

Membantu Aktivitas Enzim:

Vitamin B6 bekerjasama dengan beberapa sistem enzim dalam tubuh manusia, gunanya yaitu agar enzim ini bekerja dengan cara yang sesuai. Hal ini erat hubungannya antara Vitamin B6 dan enzim yang akan membantu berfungsinya sistem saraf dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka akan menghindarkan kita dari masalah kesehatan seperti arthritis.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B3 (Niacin) bagi Kesehatan

Sistem kekebalan:

Vitamin B6 berperan penting dalam perbaikan sistem kekebalan tubuh manusia pada agar pada tingkat yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu tubuh untuk bertahan dari infeksi, tubuh akan mudah infeksi  tanpa adanya vitamin ini .

Metabolisme:

Vitamin B6 dikenal juga atas kemampuannya memetabolisme beberapa nutrisi untuk mengekstrak energi. Oleh karena itu, banyak yang berpendapat bahwa vitamin ini berguna untuk metabolisme lemak, vitamin, karbohidrat dan komponen penting lainnya seperti asam amino.

Premenstrual Syndrome:

Vitamin B6 juga penting untuk pengobatan sindrom pramenstruasi, yang umum terjadi pada wanita. Hal ini terjadi karena jumlah vitamin B6(pyridoxine) akan menurun selama periode ini. Dengan demikian akan menyebabkan kemurungan, hilangnya gairah dan masalah lainnya. Dalam hal ini, asupan makanan yang kaya vitamin B6 adalah solusi yang paling penting.

Gangguan Emosional:

Vitamin B6 bertanggung jawab untuk mengatasi beberapa gangguan emosional. Kekurangan vitamin ini bisa mempengaruhi pembentukan hormon dan ketidakseimbangan tingkat hormon, yang akhirnya mengarah pada gangguan emosi. Dengan demikian, asupan Vitamin B6 diperlukan untuk mengontrol hormon dan mengobati gangguan emosional.

Mengontrol Hormon:

Vitamin B6 akan membantu untuk menjaga jumlah dan mengendalikan aktifitas hormon dalam tubuh manusia.

Menjaga Kondisi Kulit:

Salah satu manfaat paling penting dari vitamin B6 adalah membantu menjaga kulit manusia dalam kondisi baik.Dengan demikian ini akan membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, ketombe, jerawat, rambut rontok dan kulit kering. Lebih dari itu, vitamin ini juga membantu dalam mengobati penyakit kulit yang lebih serius seperti melanoma dan psoriasis.

Penyakit Jantung dan Gangguan Ginjal:

Vitamin B6 membantu mengendalikan tingkat lemak yang akan disimpan di hati manusia,  dan dengan demikian maka akan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, Vitamin B6 juga membantu membatasi pembentukan batu di ginjal, maka akan menjaga organ ini tetap dalam kondisi yang baik.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B9 atau Asam folat(Folic Acid) bagi Kesehatan

Manfaat lain:

Selain yang telah disebutkan di atas, Vitamin B6 juga membantu mengobati masalah lain seperti sclerosis, anemia, arthritis dan influenza. Juga membantu mengobati masalah seperti mual, infertilitas dan lain-lain, yang penting selama atau akan hamil.

Leave a Reply