4 Vitamin essensial untuk kulit yang Bagus

Nutrisi yang berperan untuk kulit agar bagus dan mulus adalah Vitamin. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar produk perawatan kulit yang Ada selalu mengandung jumlah vitamin yang tinggi. Namun, yang lebih penting adalah untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut melalui makanan sehari-hari. Baca juga: 4 Makanan yang bagus untuk kesehatan kulit

Advertisement

Berikut ini adalah 4 vitamin penting untuk kulit yang Indah, serta bagaimana cara mendapatkannya melalui makanan.

1. Vitamin A

Jika merasa kulit Anda mulai terasa bersisik dan kering, maka ada kemungkinan jika Anda kurang asupan vitamin A. Orang dengan jerawat juga dianjurkan untuk mendapat banyak Vitamin A, atau bentuk lain dari vitamin A. Hal ini karena Vitamin A juga membantu untuk membangun kembal jaringan kulit, serta merupakan vitamin penting untuk penyembuhan akibat goresan, luka atau kerusakan lainnya pada kulit. Pasien yang menderita penyakit kulit psoriasis sering disarankan untuk menerapkan retinoid (suatu bentuk dari vitamin A) untuk mengatur pertumbuhan sel. Vitamin A juga merupakan nutrisi anti penuaan. Jadi jika Anda ingin menyembunyikan garis, keriput, kulit kusam dan gejala lain penuaan kulit maka vitamin A mungkin dapat membantu. Sumber Vitamin A yang baik seperti telur, sayuran hijau, susu, wortel, labu, hati dan masih banyak lagi.

2. Vitamin E

Vitamin E mungkin merupakan vitamin yang paling dikenal sangat penting bagi kesehatan kulit. Hal ini karena vitamin E merupakan antioksidan efektif yang membantu melawan radikal bebas . Radikal bebas dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti mer* kok, polusi dan paparan sinar matahari. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini kulit. Jadi, Vitamin E menjadi nutrisi penting untuk anti penuaan. Munculnya bintik, keriput, dan garis dapat dikurangi dengan menerapkan produk kaya vitamin-E. Vitamin E juga dapat ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun, biji bunga matahari, kacang tanah, almond, biji gandum dan sayuran hijau.

Lihat juga :   Kandungan gizi dan Manfaat kentang bagi kesehatan

3. Vitamin C

Seperti halnya Vitamin E, Vitamin C juga merupakan antioksidan yang efektif. Jadi ini berarti  juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Vitamin C juga akan merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab untuk membuat kulit menjadi lentur. Jadi jika Anda ingin mempertahankan kulit halus dan awet muda maka Vitamin C dapat membantu Anda. Kebanyakan buah-buahan adalah sumber Vitamin C yang baik,  jadi cobalah untuk menambahkan buah dalam diet sehari-hari Anda. Sayuran seperti brokoli, bunga kol, tomat, kubis  dan ketimun juga merupakan sumber vitamin C.

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin B juga penting untuk ditambahkan ke diet Anda jika ingin mendapatkan kulit yang sehat. Vitamin B1, misalnya, berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan memberikan kulit yang bercahaya. Jika Anda seorang wanita yang sedang mengkonsumsi pil KB,  maka Anda berisiko untuk kekurangan vitamin B1. Kuning telur, kacang-kacangan dan kismis adalah sumber besar Vitamin B1. Niacin atau Vitamin B3 akan membantu kulit mudah menerima banyak oksigen, yaitu yang akan mencegah perkembangan jerawat. Makanan kaya niasin yaitu seperti tomat, brokoli dan wortel.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *