7 Makanan yang buruk bagi gigi

Bila kita menyadari betul, gigi adalah aset penting bagi kesehatan yang wajib kita perhatikan kesehatannya. Tidak hanya itu, gigi juga merupakan bagian dari penampilan, sebab saat kita berkenalan dengan orang, gigi adalah bagian tubuh yang pertamakali dilihat. Bagaimana jika orang melihat gigi kita yang sepertinya tidak terawat?,,, Dalam hal kesehatan pun, gigi berlubang sakitnya luar biasa. Bahkan gigi berlubang bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih serius seperti gangguan otak dan jantung. Selain dengan memperhatikan unsur perawatan gigi yang baik, kita juga perlu berhati-hati dengan beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi gigi kita.

Advertisement

Berikut ini 7 Makanan yang dapat memperburuk kesehatan gigi kita jika kurang berhati-hati

 

1) Buah Kering

Yang ini jelas, karena buah kering penuh dengan gula, dan bersifat menempel pada gigi Anda. Anda bisa menikmatinya beberapa, tetapi cobalah untuk makan buah berair dan berserat makanan, seperti apel sesudahnya. Atau segera menyikat gigi setelah makan beberapa potong.

2) Blueberry

Meskipun blueberry memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, namun tidak terlalu kariogenik sehingga memiliki kecenderungan untuk membuat noda pada gigi. Jika Anda makan banyak blueberry, pastikan Anda juga menggunakan pasta gigi yang mengandung unsur abrasif, seperti kalsium karbonat, untuk membersihkan noda-noda yang ditinggalkan.

3) Jus Buah

Jus buah bahkan ketika masih alami dan organik, dampaknya bisa mengerikan untuk gigi Anda. Jus buah sarat dengan gula alami, tidak ada serat, dan seringkali sangat asam. Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, pastikan Anda minum segelas air putih setelah minum jus buah. Gunakan sebagian air untuk berkumur untuk membasuh sebagian asam dan gula yang masih dimulut.

Lihat juga :   Efek tidur Miring Kekanan bagi Kesehatan dan Kehamilan

4) Anggur

Pigmen yang terdapat pada anggur merah bisa membuat noda pada gigi. Tapi di sini saya akan berbicara  secara umum mengenai alk*hol. Alk*hol umumnya buruk bagi gigi, karena dapat menyebabkan produksi air liur menurun. Seperti yang kita ketahui, aliran air liur yang sehat sangat penting bagi kesehatan gigi. Dalam jumlah yang lebih tinggi dan lebih teratur, alk* hol juga dapat menyebabkan penyakit gusi karena akan mengiritasi jaringan mulut. Segelas atau dua gelas minuman ang g ur atau bi r tidak mungkin merusak gigi Anda, jika Anda berhati-hati. Pastikan Anda minum air dan berkumur setelahnya!

5) Jeruk

Orang yang pernah kulihat dengan diet sehat dengan gigi terburuk cenderung makan banyak jeruk. Ini karena tingkat keasaman tinggi yang dikombinasikan dengan gula, bisa mengeja bencana pada gigi jika Anda tidak hati-hati. Orang yang makan rutin buah jeruk, bersama dengan buah-buahan asam seperti nanas, seringkali akan mengikis banyak enamel gigi mereka. Permukaan Gigi memang akan mengkilap, karena asam yang konstan menerpanya. Mengisap lemon atau limau mungkin adalah hal terburuk bagi gigi yang biasanya banyak dilakukan. Mengurangi untuk mengkonsumsi buah berasa asam, dan berkumur dengan air putih setelah makan untuk menghilangkan asam. Perhatikan bahwa buah-buahan yang netral, seperti melon, tidak akan menyebabkan masalah ini.

6) Makanan kering yang terbuat dari tepung

Makanan bertepung umumnya tidak mengandung asam, tetapi akan berubah menjadi gula karena adanya enzim amilase di mulut(enzim yang hasilkan dalam air liur yang memecah pati menjadi gula). Ketika sisa makanan kering seperti kerupuk tersangkut pada gigi, maka itu akan menjadi pesta bagi bakteri. Pastikan Anda menyikat gigi setelah makan makanan kering dari tepung, hanya berkumur dengan air saja tidak akan cukup membersihkan. Makanan kering terbuat dari tepung , seperti biskuit, kerupuk, roti kering dsb.

Lihat juga :   Manfaat Telur untuk kesehatan

7) Kopi

Sebenarnya telah diketahui jika kopi memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun jika kita tak menyikat gigi dengan pasta gigi abrasif yang mengandung kalsium karbonat sesekali dalam sehari, noda akibat kopi mungkin akan sulit terkikis. Bagian terburuk dari minum kopi adalah menambahkan gula dan pemanis yang berlebihan, yang akan mengubahnya menjadi minuman untuk menyuburkan bakteri penyebab gigi berlubang. Juga, kafein dapat mengganggu produksi saliva alami, dan minum kopi dapat menyebabkan mulut kering. Untuk mendapatkan produksi air liur untuk menjaga gigi, bisa dilakukan dengan minum air putih cukup serta bisa mengunyah permen karet Xilitol.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *