Akibat bagi tubuh jika kurang minum air putih

manfaat air putihAir dan oksigen adalah unsur penting bagi setiap kehidupan dimuka bumi ini. Terutama pentingnya air bagi tubuh manusia, karena tubuh kita terdiri dari 60%nya adalah air. Lalu apa akibat jika tubuh kita kekurangan air?,,, Manusia hanya bisa bertahan selama tiga hari tanapa minum air!, jauh lebih pendek dari akibat jika hanya tidak makan. Pasokan air terhadap tubuh bertanggung jawab untuk fungsi dari seluruh sistem organ tubuh, membantu melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dalam melarutkan sisa metabolisme, serta membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel. Orang harus selalu mengkonsumsi cairan cukup, setidaknya delapan 8 gelas untuk orang dewasa. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami gejala dehidrasi, seperti pusing, kulit kering, depresi, tak bisa konsentrasi, lemas dan warna air seni yang berwarna keruh. Jadi, jika Anda mengalami hal-hal tersebut, mungkin Anda dehidrasi, dan butuh minum air secepatnya.

Advertisement

Dengan asupan air yang cukup, maka tubuh Anda akan terasa sehat, rileks, fokus dan berenergi.

Berikut ini akibat jika tubuh kurang minum air

Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang  tidak cukup mendapatkan cairan dalam tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena tak minum selama latihan atau kerja berat, atau juga bisa saja terjadi karena sebab lain. Misalnya pada Orang tua, mereka sangat rentan terhadap dehidrasi. Proses penuaan yang normal cenderung akan menyebabkan penurunan rasa haus, sehingga mengakibatkan beberapa masalah yang berhubungan dengan dehidrasi. Beberapa gejala dehidrasi adalah kulit kering, kehilangan nafsu makan , sakit kepala, lemas dan cemas . Minum air yang cukup dapat meringankan gejala-gejala dehidrasi tersebut .

Masalah pencernaan

Saluran pencernaan adalah sistem yang sangat kompleks, yang sangat memerlukan air untuk membantu mencerna makanan . Mulas dan sembelit adalah beberapa masalah pencernaan yang terkait dengan kurang asupan air. Lapisan dinding perut terdiri dari 98% air,  dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung. Lapisan ini harus selalu tebal setiap saat untuk mencegah masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung . Tidak minum cukup air maka lapisan ini akan menipis, dan menimbulkan kerusakan .

Lihat juga :   Makanan untuk Mencegah Osteoporosis

Radang sendi

Tulang rawan di setiap persendian adalah terdiri dari sekitar 80% air . Tulang rawan sendi memiliki permukaan yang halus, dan agar memungkinkan pergerakan tubuh yang lebih mudah maka harus tetap dilumasi. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan kurangnya pelumasan pada sendi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih besar. Ketika sendi kehilangan pelumasan, maka fungsionalitasnya akan  mulai merosot dengan cepat dan mengarah ke timbulnya arthritis. Jumlah asupaan air minum yang disarankan adalah 1/2 ons dibanding per kg berat badan. Air juga  membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, dan mengurangi nyeri karena arthritis .

Tekanan Darah Tinggi

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Pembatasan ini akan menghasilkan tekanan darah tinggi,  karena jantung akan berusaha lebih keras lagi untuk menmompa darah. Cairan didalam pembuluh arteri akan mengkompensasi kurangnya air pada kapiler. Dengan demikian, cukup air minum dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Jika aliran darah ke ginjal dibatasi karena kekurangan air, maka ini akan bereaksi dengan konstriksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Memperburuk kondisi kulit

Ini adalah rangkaian akibat tubuh mengalami dehidrasi. Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit,  di mana resistensi dan fungsi enzim tidak bekerja optimal , sehingga struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.

Ginjal

Kebanyakan karena sering kurang minum air akan mengarah kepada penyakit ginjal. Ginjal adalah organ penting dalam sistem kemih, yang bertugas untuk menyaring racun dalam darah karena metabolisme, dan mendistribusikannya kembali darah yang telah bersih kembali keseluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, ginjal akan semakin keras bekerja, dan sisa kotoran akan menumpuk pada ginjal karena tak bisa dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih.

Lihat juga :   Manfaat Vitamin E (Tocopherol)

Jangan menunggu haus untuk minum air, atau bahkan lebih parah lagi tak segera minum ketika merasa haus. Salah satu tanda tubuh jika kurang air adalah warna keruh pada urin. walaupun tidak merasa haus, urin yang keruh adalah salah satu tanda tubuh butuh minum air segera.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *