Apakah Buah Anggur Aman bagi Ibu Hamil?

Manfaat Anggur bagi kesehatanMengenai aman atau tidaknya makan buah anggur selama hamil masih menjadi kontroversi. Banyak orang mengatakan benar-benar aman namun yang lain berpendapat bahwa yang terbaik adalah menghindari makan anggur selama kehamilan. Lalu mana yang benar?.. Kita tidak bisa menemukan kebenarannya kecuali kita mau melihat lebih dekat kepada manfaat nutrisi dan efek samping buah ini pada wanita hamil. Ada makanan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan seperti mie instan, alk*hol, pepaya dll . Tapi secara teknis anggur tidak termasuk kedalam daftar tradisional makanan yang harus dihindari ibu hamil.

Advertisement

Namun, beberapa penelitian ilmiah tak merekomendasikan makan buah anggur selama kehamilan. Bahkan, kismis atau buah anggur yang dikeringkanpun juga telah dicap sebagai makanan yang harus dihindari selama kehamilan. Masalah utama yang menjadi perdebatan adalah kandungan tinggi resveratrol dalam anggur. Zat kimia ini dapat menyebabkan keracunan pada ibu hamil menurut mereka. Tapi makan buah anggur selama kehamilan sebenarnya juga dapat memperoleh nutrisi penting yang dibutuhkan seperti Vitamin A dan juga vitamin C. Baca juga : Yang harus dihindari oleh ibu hamil – Agar Otak bayi cerdas

Untuk mengetahui apakah makan buah anggur aman bagi ibu hamil atau tidak, mari kita lihat lebih dekat :

Kulit anggur hitam sulit dicerna

Anggur hitam memang sangat bermasalah untuk ibu hamil. Hal ini diyakini karena kulit anggur hitam sulit icerna oleh sistem pencernaan yang melemah pada wanita hamil. Itulah sebabnya, ibu hamil harus menghindari buah anggur hitam.

Tingkat Keasaman anggur yang tinggi

Anggur sangat asam terutama ketika memang asam. Dan ibu yang sedang hamil cukup rentan terhadap mulas. Itulah sebabnya, ibu hamil lebih mudah mulas jika makan terlalu banyak buah anggur. Selain mual, asam yang tinggi ini mungkin juga menyebabkan muntah juga.

Lihat juga :   Buah-buahan yang bagus dikonsumsi ibu hamil

Menyebabkan Diare

Makan terlalu banyak anggur meningkatkan panas dalam perut. Jadi ini dapat menyebabkan diare pada wanita hamil. Diare selama kehamilan adalah kondisi yang bisa berbahaya karena membuat cairan banyak terkuras dari tubuh.

Mengandung resveratrol tinggi

Masalah utama makan buah anggur bagi ibu hamil adalah karena kandungan resveratrolnya yang tinggi. Yaitu senyawa kimia yang dapat berpotensi racun bagi keseimbangan hormon pada wanita hamil. Keracunan resveratrol dapat menyebabkan beberapa komplikasi selama kehamilan.

Jadi akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa makan buah anggur selama kehamilan seharusnya tidak menjadi masalah kecuali jika Anda makan terlalu banyak. Anda harus bisa membatasi konsumsi anggur selama hamil. Terutama tidak makan buah anggur perut masih kosong karena bisa memicu asam lambung. Tapi jika Anda masih khawatir, masih banyak buah jenis lain yang lebih aman dan tak kalah bernutrisinya, seperti apel, pisang, buah kiwi, dsb.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *