Manfaat makan buah pisang bagi ibu hamil

gizi pisangPenting bagi wanita hamil untuk memperhatikan diet, untuk memastikan pertumbuhan bayi yang sehat. Makanan-makanan yang kaya akan gizi seperti buah-buahan, tentu sangat baik dan dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil. Buah pisang adalah salah satu buah padat gizi yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi wanita hamil, buah pisang dapat membantu mengelola beberapa aspek dari kehamilan Anda selama wanita hamil tidak menderita alergi yang terkait pisang. Buah pisang penuh manfaat bagi ibu yang sedang hamil, serta bayi yang dikandung.

Berikut beberapa alasan kebaikan makan buah pisang bagi wanita hamil

Pisang mengandung vitamin B6

Semua jenis vitamin B (vitamin B kompleks) berperan penting untuk perkembangan bayi, dan buah pisang mengandung tinggi vitamin B6. Sistem saraf pusat bayi tergantung kepada vitamin B6, yaitu untuk mengkoordinasikan kegiatan selama perkembangan dan membantu dengan biosintesis dari neurotransmitter GABA , dopamin dan serotonin. Vitamin B6 dari pisang membantu ibu dan bayi untuk mendistribusikan oksigen ke jaringan melalui hemoglobin. Asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah 1,9 miligram, sedangkan makan satu buah pisang akan menyumbang 0,4 miligram, atau sebesar 21 persen RDA.

Pisang mengandung kalium tinggi

Kalium sangat baik dan sangat diperlukan untuk kehamilan. Ibu hamil harus mengkonsumsi setidaknya 4.700 miligram kalium setiap hari. Makan satu buah pisang berukuran sedang akan menyumbangkan asupan kalium sebesar 9 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Pisang juga mengandung mineral penting yang dapat membantu untuk meringankan beberapa efek samping yang tidak menyenangkan, yang berhubungan dengan kehamilan. Seperti membantu mengurangi frekuensi atau keparahan kram kaki , serta membantu untuk mencegah terjadinya pembengkakan alami selama hamil.

Lihat juga :   5 Manfaat dan Pentingnya Folat Bagi Kesehatan

Waspadai jika terjadi pembengkakan yang cepat, karena bisa menjadi tanda dari preeklamsia. Namun ini masih memerlukan diagnosis dan pengobatan yang tepat dari dokter.

Meringankan diare

Wanita hamil yang seringkaliĀ  harus berurusan dengan diare atau morning sickness, bisa mendapatkan keuntungan dari makan pisang. Pisang adalah buah yang mengandung serat dan pektin, yaitu serat larut yang juga ditemukan dalam buah apel. Serat jenis ini akan membantu untuk meringankan diare, dengan jalan menyerap kelebihan air dalam tubuh. Kalium yang terkandung dalamĀ  pisang juga dapat membantu menyingkirkan kram usus yang kadang-kadang menyertai diare.

Mendapatkan bayi laki-laki

Banyak cerita tentang bagaimana cara untuk mendapatkan bayi laki-laki atau perempuan. Meskipun tidak ada jaminan yang, para ilmuwan di Oxford Inggris dan Universitas Exeter meneliti hampir 750 wanita yang hamil pertama kali, dan mencari hubungan antara pola makan dan jenis kelamin bayi. Tingginya kadar kalium, natrium dan kalsium akan berkorelasi untuk membentuk seorang bayi laki-laki. Dan pisang adalah buah yang mengandung kalium tinggi, yang bisa dipadukan dengan susu kalsium jika menginginkan bayi laki-laki.

Peringatan

Meskipun pisang banyak memberikan manfaat, namun masih ada hal yang penting untuk diwaspadai. Buah pisang diketahui mengandung kitinase, yaitu yang merupakan zat alergen utama yang terkait dengan sindrom getah buah. Orang yang alergi terhadap getah buah perlu menghindari makan buah yang mengandung kitinase. Selain pisang, buah lain yang yang berpotensi mengandung alergen yang sama adalah alpukat, buah kiwi dan chestnut. Jika Anda pernah mengalami sensitivitas terhadap getah buah, atau intoleransi terhadap makanan lain seperti alpukat, buah kiwi dan chestnut, konsultasi dengan dokter sebelum makan buah pisang.

Leave a Reply