Buah yang tak boleh dimakan oleh ibu hamil

Advertisement

Pada umumnya makan banyak buah-buahan dan sayuran segar pada wanita selama hamil adalah hal yang baik. Ibu hamil sangat memerlukan vitamin, mineral dan serat, dan itu bisa banyak diperoleh dari aneka buah-buahan segar. Sebenarnya Tidak ada jenis buah tertentu yang disarankan untuk dihindari oleh wanita hamil, namun ada beberapa kategori buah yang perlu untuk lebih diperhatikan.

Berikut beberapa kategori buah yang perlu untuk lebih diperhatikan selama kehamilan

Buah yang tak bersih

Seluruh makanan yang kurang bersih tentunya tak baik bagi kesehatan secara umum. Buah mentah juga bisa mengandung bakteri berbahaya seperti listeria, yang dapat menyebabkan komplikasi yang dapat merusak kehamilan. Bakteri Patogen seperti E. coli masih merupakan ancaman yang serius bagi Ibu dan janin. Suhu Panas akan mematikan organisme seperti ini, jadi buah yang dimasak pada umumnya aman. Ada beberapa buah yang baik jika dikonsumsi tanpa diolah, jadi sebaiknya buah yang akan dimakan dicuci untuk menghilangkan bakteri pada permukaan, walaupun masih akan dikupas. Satu lagi, hindari buah yang terdapat luka, memar , apalagi ada pembusukan.

Buah Non-Organik

Data tentang Bahaya residu pestisida pada buah dan sayuran untuk wanita hamil saat ini memang masih sedikit. Meskipun demikian, jika Anda khawatir,  buah organik yang bersih adalah buah yang bisa dipertimbangkan selama kehamilan. Menurut The Environmental Working Group, buah yang paling banyak pestisida adalah buah persik, stroberi, apel, blueberry, nectarine, ceri, anggur dan pir.

Jus buah yang tak dipasteurisasi

Seperti halnya buah utuh yang tak bersih, jus buah yang tidak dipasteurisasi bisa membawa patogen bawaan pada makanan, seperti salmonella, cryptosporidium dan E.coli. Jus dipasteurisasi adalah telah dipanaskan sampai mencapai suhu yang mematikan bakteri patogen. Jika Anda khawatir tentang proses ini , yang bisa mengurangi kandungan vitamin dan mineral, Anda bisa menggunakan pilihan lain yaitu :  jus buah buatan sendiri yang segera diminum. Sekali lagi perlu diingat, cuci buah terlebih dahulu sampai bersih benar.

Buah bergetah

Getah tanaman bisa membahayakan bagi wanita hamil yang alergi dengan zat ini. Sebagai contoh adalah buah pepaya yang masih belum matang benar masih mengandung getah. Sebenarnya buah pepaya mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan selama hamil. Jika Anda alergi dengan getah tanaman, sebaiknya menjauhi buah pepaya jika sedang hamil. Baca selengkapnya: Buah pepaya tidak boleh dimakan wanita hamil

Buah Asam

Nanas adalah termasuk buah asam yang perlu dihindari, termasuk hal lain yang perlu lebih diperhatikan saat makan nanas pada wanita hamil. Buah yang Tinggi asam lain seperti buah cranberry dan semua jenis buah jeruk termasuk lemon, limau, dan jeruk tidak mungkin untuk menimbulkan bahaya kesehatan yang serius pada wanita hamil. Mungkin Anda perlu menghindari jika mengalami salah satu gejala sakit seperti maag atau asam lambung, dimana yang telah menjadi perhatian umum selama kehamilan. Makanan yang asam dapat memperburuk gejala-gejala tersebut.

Advertisement