Cara Alami Mengatasi sakit perut akibat Asam lambung tinggi

khasiat manfaat jahe untuk kesehatanPerut yang terasa panas, sebah, kembung adalah ketidaknyamanan yang biasanya disebabkan oleh asam lambung tinggi. Untuk dapat mengatasi sakit asam lambung, maka tentunya tentunya  sangat diperlukan obat yang dapat bekerja secara cepat dan efektif . Sebenarnya banyak obat-obatan untuk mengatasi sakit asam lambung tersedia bebas ditoko-toko,  namun umumnya dapat meninggalkan efek samping yang tak diharapkan.

Advertisement

Jika Anda mencari cara pengobatan yang aman bebas efek samping, maka Anda bisa memilih cara alami yang sudah banyak dilakukan sejak dulu. Pilihan pengobatan asam lambung sederhana seperti cara alami, juga tak kalah efektif untuk mengatasi asam lambung. Sebaik apapun cara pengobatan yang Anda lakukan, jika Anda tidak mau menghindari beberapa penyebabnya, maka semuanya akan sia-sia. Nah untuk itu, berikut beberapa penyebab sakit asam lambung yang penting untuk Anda ketahui:

Penyebab Asam Lambung tinggi

Penyakit asam lambung , biasanya disebabkan oleh asam yang berlebihan didalam lambung. Pada umumnya, kelebihan asam lambung bisa dipicu oleh beberapa makanan dan minuman, seperti jenis makan yang terlalu asam, pedas, kopi atau beralk*hol. Selain itu, sering terlambat makan atau makan secara tak teratur juga bisa menyebabkan kondisi yang sering juga dikenal dengan sakit maag ini.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi tinggi. Faktor terbesar adalah dari gaya hidup, serta  makanan yang dikonsumsi setiap hari . Faktor penyebab asam lambung tinggi antara lain :

  1. Mer*okok
  2. Makanan berminyak(gorengan)
  3. Terlalu banyak konsumsi makanan asam dan pedas
  4. Minum alk*hol
  5. Stres
  6. Kurang makan sayur dan kurang mendapat asupan serat
  7. Kurang minum
  8. Sering atau terlalu banyak minuma kopi.

Tips Untuk mengatasi sakit asam lambung

Baking soda

Baking soda bisa digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan akibat asam lambung yang tinggi . Baking soda akan langsung mengurangi asam dalam lambung, menetralkan, dan mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Caranya, buat campuran baking soda dengan air minum, dengan takaran setengah sendok teh baking soda dicampur dengan delapan 0.8 liter air. Dosis baking soda maksimum dalam sehari adalah 3 sendok makan baking soda.

Lihat juga :   Manfaat Minum Susu bagi kesehatan

Cuka sari apel

Campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel organik dengan 0,8 liter air minum . Cuka sari apel tinggi kandungan kalium, dan membantu untuk menetralkan asam lambung. Jika campuran diatas dirasa terlalu kuat, Anda dapat mengurangi jumlah cuka sampai menjadi terbiasa .

Madu alam organik

Khasiat Manfaat royal jellyAmbil 1-2 sendok teh madu organik. Madu organik/asli bisa langsung diminum untuk meredakan rasa ketidaknyamanan akibat asam lambung dengan cepat. Madu organik juga mengandung kalium tinggi, yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja pencernaan dan membentuk lapisan alkali di dalam lambung. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan cuka sari apel untuk membuat minuman yang dapat mengurangi gejala asam lambung.

Red apple

Makan sepotong apel sangat baik ketika mengalami gejala-gejala GERD (gastroesophageal reflux disease) . Buah Apel baik untuk kesehatan, khususnya dari jenis apel merah dapat membantu untuk membuat lapisan pada lambung,yang akan mengurangi asam untuk kembali naik ke tenggorokan. Apel juga baik dimakan sebelum waktu tidur,  untuk mencegah asam lambung naik pada malam harinya .

Akar licorice

Ambil akar licorice untuk meredakan sakit akibat gejala terkait GERD . Akar licorice kini tersedia sudah dalam bentuk teh di toko makanan kesehatan. Minuman teh hangat dari  akar licorice bisa untuk meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung naik . Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan akar licorice, karena pada beberapa orang , licorice dapat meningkatkan tekanan darah.

Oatmeal .

Selain baik dikonsumsi untuk sarapan , oatmeal juga bisa secara bertahap mengurangi tingkat keasaman di lambung, dan mudah dicerna karena teksturnya yang lembut. Makan semangkuk oatmeal jika Anda mengalami sakit atau rasa ketidaknyamanan didalam lambung Anda.

Lihat juga :   Macam-macam Vitamin untuk membantu menurunkan berat badan

Jahe .

Jahe banyak dipuji karena kemampuannya yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis kondisi medis, termasuk masuk angin dan asam lambung. Sejak jaman dulu jahe telah digunakan sebagai makanan antiinflamasi untuk mengobati kondisi terkait pencernaan.

Teh adas .

Teh herbal seperti teh adas dianggap sebagai minuman teh terbaik untuk mengatasi sakit yang berhubungan dengan asam lambung yang tinggi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

0 thoughts on “Cara Alami Mengatasi sakit perut akibat Asam lambung tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *