Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol JahatKolesterol selalu dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti jantung, darah tingggi, stroke dan diabetes. Kolesterol jahat yang tinggi akan tak akan terkikis oleh tubuh, dan pada akhirnya akan menumpuk dan mengeraskan arteri penyebab utama sakit jantung. Agar terhindar dari penumpukan kolesterol jahat, maka anda perlu rajin beraktifitas fisik serta menerapkan diet sehat.

Advertisement

Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda hingga sebanyak 10-20 persen,  hanya dengan mengubah pola makan?

Berikut Tips Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam tubuh kita

1.Diet makanan rendah kolesterol

Memperbanyak konsumsi makanan rendah kolesterol, seperti kacang kedelai, kacang merah, tahu, tempe, buah segar, biji-bijian, sayuran, dan jus sayuran. Dengan demikian, pengikisan kolesterol jahat oleh tubuh lebih banyak ketimbang kolesterol jahat yang masuk.

2.Sarapan oatmeal

Oatmeal dikenal baik untuk memelihara kesehatan jantung. Membuat oatmeal untuk sarapan baik untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal ini tekah banyak dibuktikan penelitian.

3.Telur ayam kampung

Ganti konsumsi telur biasa dengan telur rendah kolesterol seperti telur ayam kampung, yang bisa Anda dapatkan di supermarket atau di pasar.

4.Kurangi kegemaran makan makanan berlemak tinggi

Cobalah mengubah kebiasaan Anda yang senang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, seperti  makanan kelapa, makanan yang digoreng dan jeroan. Ganti dengan dengan berbagai jenis sayuran yang ditumis dengan sedikit minyak.

5.Gemari tambahan masakan sayur berikut

Mulailah menyukai makan seledri, kemangi, atau daun ketumbar. Seledri baik untuk kesehatan, terutama untuk kolesterol.

6.Ganti mentega dengan minyak alami

Mentega atau margarin tinggi lemak jenuh yang akan mengakibatkan kolesterol jahat. Gantilah dengan minyak alami seperti minyak kelapa, mungkin ini jauh lebih baik.

Lihat juga :   Manfaat prebiotik - Sumber prebiotik Alami

Pengolahan makanan yang tidak tepat juga seringkali menjadi penyebab kolesterol tinggi. Kalau perlu hindari gorengan, atau apa pun jenis minyak yang dalam tubuh akan diubah menjadi kolesterol. Memasak yang sehat disarankan adalah direbus atau dikukus. Untuk menjaga kadar kolesterol, juga perlu diketahui adalah prinsip membatasi asupan kalori ysng sesuai kebutuhan. Jika kita jarang bergerak, maka batasilah konsumsi kalori. Prioritaskan mengkonsumsi sumber makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, seperti asam lemak esensial. Yang perlu dipertimbangkan adalah olahraga teratur, jika ingin kadar lemak dalam tubuh anda selalu seimbang sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *