3 Gejala utama Osteoporosis

gejala utama osteoprorosisOsteoporosis sama dengan darah tinggi yang disebut dengan silent killer,  karena tidak menimbulkan gejala tertentu sejak tahap awal dimana masa tulang mulai berkurang. Biasanya, kondisi klinis ini tidak diketahui sampai seseorang menderita patah tulang; namun gejalanya bisa muncul dalam kasus yang jarang terjadi. Dengan demikian, banyak orang yang beresiko dengan penyakit tidak menyadari perkembangannya.
Wanita atau pria yang berusia di atas 50 tahun, orang-orang yang kekurangan kalsium, dll dianggap beresiko tinggi menderita osteoporosis.

Advertisement

Seringkali banyak orang bingung membedakan antara gejala osteoporosis dengan arthritis, dan menunggu gejalamuncul seperti nyeri dan pembengkakan sendi sebelum berkonsultasi kedokter. Namun kenyataannya adalah bahwa gejala osteoporosis terjadi ketika kondisi klinis yang cukup parah. Orang dengan gejala osteoporosis yang biasanya mulai masuk pada tahap lanjut rasa nyeri, melaporkan rasa sakit pada otot dan tulang, yang umumnya mempengaruhi daerah punggung bagian bawah atau leher. Juga, seseorang bisa mengalami rasa sakit yang tiba-tiba dan sangat ngilu dalam masa tahap lanjut, dimana tulang telah melemah oleh osteoporosis.

Baca juga : Tips Menjaga agar Tulang tetap sehat – Mencegah osteoporosis

Gejala- gejala umum osteorprosis yang bisa di lihat atau rasakan

Sakit punggung :

Nyeri punggung oleh osteoporosis biasanya disebabkan oleh fraktur tulang belakang, dan secara alami sangat menyakitkan. Hal ini karena tulang belakang yang retak atau patah dari belakang menusuk saraf dan membentang dari sumsum tulang belakang secara radial. Gejala-gejala yang dilaporkan dari hasil rentang ini yang menyebabkan rasa sakit punggung yang luar biasa mungkin mereda dalam waktu seminggu. Rasa sakit mungkin akan memburuk setelah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan tekanan pada daerah yang terkena dan bisa menetap selama sekitar 3 bulan.

Lihat juga :   Akibat bagi tubuh jika kurang minum air putih

Mengalami Patah tulang :

Ini adalah salah satu gejala tulang rapuh akibat osteoporosis yang paling umum. Biasanya seseorang akan mengetahui jika dirinya menderita osteoporosis setelah mengalami patah tulang belakang (backbone), pinggul, lengan, dll; yaitu ketika sudah cukup kehilangan massa tulang. Patah tulang ini mungkin sering terjadi jika daerah yang bermasalah mengalami trauma apapun karena mengangkat benda, jatuh dari posisi berdiri, membungkuk, dll

Baca juga : Makanan untuk Mencegah Osteoporosis

Punggung menjadi bungkuk/bongkok:

Dalam beberapa kasus, fraktur pada daerah tulang belakang yang disebabkan oleh osteoporosis mengakibatkan tubuh menjadi bongkok dari punggung atas. Hal ini secara medis diistilahkan sebagai  kyphosis  dalam kasus yang parah. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri, namun orang akan kehilangan tinggi badan. Namun ini bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung atau daerah leher, serta juga bisa mempengaruhi pernapasan. Referensi :Osteoporosis Symptoms – Healthline| Osteoporosis – webMD| Osteoporosis Disease and conditions – Mayoclinic

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “3 Gejala utama Osteoporosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *