Gizi penting untuk anak usia sekolah

Manfaat SayuranNutrisi yang tepat dan cukup akan sangat menunjang untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan bagi anak usia sekolah. Makanan yang kaya nutrisi dan gizi penting tak boleh diabaikan, demi mengejar keteringgalan yang mungkin saja terjadi pada saat anak masih dalam kandungan maupun pada usia batita. Pada saat anak berusia dalam kandungan, ia masih mengandalkan asupan dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Bisa jadi pada saat itu kebutuhan bayi akan gizi tidak terlalu terpenuhi, dan inilah yang harus bisa dikejar saat ini dengan asupan gizi yang cukup. Asupan nutrisi yang cukup juga akan membantu proses pertumbuhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga akan meningkatkan konsentrasi belajar dan meningkatkan kemampuan anak.

Advertisement

Beberapa hal masalah kesehatan yang jangan sampai menimpa anak-anak karena kurang asupan gizi, seperti pertumbuhan terlambat, kegemukan, anemia, masalah gigi, infeksi, dll.

Berikut ini 10 gizi penting bagi anak anak, agar mereka tumbuh optimal,  sehat dan cerdas.

Karbohidrat

Karbohidrat penting untuk menghasikan energi untuk menunjang aktifitas anak sehari-hari. Makanan sumber karbohidrat yang tak boleh dilewatkan, diantaranya : Beras, jagung, umbi-umbian dan gandum. Kekurangan karbohidrat pada anak bisa menyebabkan penyakit marasmus, yaitu memiliki cirri-ciri : tubuh sangat kurus, wajah cekung, perut cekung, kulit keriput, tekanan darah tidak stabil,  gangguan pernapasan, dll.

Protein

Protein berguna bagi tubuh untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh sekaligus menjadi energy. Protein bisa didapat dari sumber, seperti ikan, susu, daging, ayam, tahu, telur, kacang-kacangan, dan lain-lain. Kekurangan protein pada anak bisa menyebabkan gangguan pada kesehatannya, seperti terhambat pertumbuhan, daya tahan tubuh yang lemah, kerusakan pada liver, dan penyakit marasmus.

Zat Besi

Zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah. Hal ini juga berguna untuk mencegah anemia pada anak, dimana suatu kondisi kurangnya pigmen yang berwarna merah pada darah. Dengan demikian, tubuh akan terbantu untuk mengeluarkan karbondioksida dalam sel, dan juga membantu meningkatkan kebugaran tubuh anak. Makanan  sumber zat besi adalah : daging merah, hati sapi, ikan, bayam, kangkung, dan lain-lain. Dampak kekurangan zat besi pada anak adalah anemia, dan ini tidak boleh terjadi terutama pada anak yang dalam masa pertumbuhan .

Lihat juga :   Manfaat Vitamin B - Makanan tinggi vitamin B

Asam Folat

Asam folat juga merupakan nutrisi paling penting untuk anak sejak masih dalam kandungan. Folat penting bagi anak khususnya pada masa pertumbuhan dan membantu pembelahan sel. Selain itu, asam folat juga membantu tubuh untuk  memproduksi sel darah merah, dan juga membantu mencegah anemia. Makanan sumber asam folat, diantaranya : bayam, jeruk, jambu biji, semangka, kacang polong, telur, gandum, hati, tomat, kentang, dan lain-lain.

Vitamin A dan C

Vitamin A berguna untuk kesehatan mata, dan vitamin C berguna untuk kulit dan menjaga sistem kekebalan tubuh anak.Makanan yang merupakan sumber vitamin A dan C antara lain adalah, jeruk, wortel, susu, telur, ikan, dan lain-lain. Kekurangan vitamin A pada anak dapat menyebabkan masalah mata, seperti rabun senja hingga kebutaan, sedangkan kekurangan vitamin C bisa menyebabkan mudah terinfeksi, demam, sariawan, gusi berdarah, dan lain-lain.

Yodium

Yodium berguna untuk membatu pertumbuhan, meningkatkan energi, dan bagus untuk perkembangan syaraf. Makanan sumber yodium, diantaranya : ikan laut, bayam, garam beryodium, dan lain-lain.

Lemak

Lemak berguna sebagai pembentukan energi dan berguna juga sebagai pelarut vitamin (A,D, E, dan K). Makanan sumber lemak, : alpokat, kelapa, mentega, ikan, kacang-kacangan.

Mineral

Mineral seperti halnya zat besi, kalium, magnesium dll juga sangat penting untuk kesehatan dan untuk mencegah penyakit. Sumber mineral bisa diperoleh banyak dari makanan seperti: susu dan hasil olahan susu, daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, tahu, tempe, dan lain-lain.

Zink

Zink umumnya berguna bagi tubuh untuk memperbaiki pertumbuhan anak, mempercepat penyembuhan luka, merawat mata dan rambut. Makanan sumber zinc antara lain; daging, makanan hasil laut, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu.

Vitamin B complex

Vitamin B complek adalah kelompik vitamin B, dan merupakan nutrisi yang penting untuk otak dan perkembangannya. Fungsi terpenting dari vitamin B complex yaitu, membantu mempertahankan sistem syaraf pusat dan meningkatkan konsentrasi. Vitamin B compleks bisa diperoleh dari sumber makanan seperti : asparagus, pisang, hati sapi, susu dan hasil olahannya, biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, pepaya, dan lain-lain.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *