Gizi yang penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak

Advertisement

Gizi yang penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak anakAnak sejak dini sudah diperkenalkan dengan pendidikan dan pengajaran pada saat memasuki usia sekolah. Untuk itu anak membutuhkan kemampuan otak yang prima, sehingga ia sanggup menerima dan mencerna pelajaran dengan baik. untuk memastika itu, maka orang tua tak boleh mengabaikan asaupan gizi penting bagi anak, khususnya gizi yang penting untuk perkembangan otak. Jika ingin anak cerdas, bantuan dari makanan sebagai sumber gizi dan nutrisi amatlah sangat menunjang. (Gambar sumber: saltinthediet.com)

Nutrisi tertentu yang penting untuk otak anak,  khususnya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan memori, konsentrasi dan perkembangan bakatnya.Yaitu mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan memori, konsentrasi dan bakatnya.

Berbagai Nutrisi penting Untuk Perkembangan dan kecerdasan Otak Anak

Dukungan protein terhadap karbohidrat

Banyak mengkonsumsi karbohidrat seperti roti dan sereal saja tidak cukup, karena hanya memperlambat daya konsentrasi anak dan sedikit energi. Untuk itu kita harus menambahkan protein untuk menetralkan efek tersebut. Protein bisa diperoleh dari sumber makanan seperti telur, produk susu, kacang kering, sayuran berdaun hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan.Makanan tersebut mangandung  protein dan asam amino, dimana iniberperan penting  untuk membentuk neurotransmitter yang memungkinkan sel-sel dan jaringan otak untuk berkomunikasi.

Asam lemak

Asam Lemakadalahn komponen utama dari membran sel saraf. Nutrisi esensial tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan harus diperoleh dari sumber seperti makanan. Asam lemak digunakan oleh otak untuk membentuk sel yang digunakan untuk berpikir dan merasa. Makanan sumber asam lemak antara lain buah alpukat, minyak zaitun extra virgin dan ikan tertentu seperti ikan salmon, tuna, herring dll.

Makanan mengandung Kolin

Kolin berguna untuk membantu menciptakan sel memori, atau neuron di otak yang memiliki kapasitas memori. Pada anak, kolin akan membantu menghasilkan sel-sel memori baru. Makanan seperti telur mengandung tinggi kolin, dan makanan seperti roti gandum mengandung folat dan vitamin B , mereka akan membantu pembentukan sel-sel memori.

Buah mengandung antioksidan

Buah-buahan seperti tomat, pepaya, anggur, jeruk, stroberi, bluberi dll, mengandung antioksidan. Antioksidan adalah kemampuan zat dalam makanan yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh akibat dara kotor. Selain itu antioksidan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Buah-buahan tersebut juga kebanyakan kaya akan serat, serat akan memberikan manfaat tambahan ke otak, dengan cara membantu sistem pencernaan.

Air

Air seringkali diabaikan, padahal air tak kalah pentingnya dengan nutrisi pada makanan. Tanpa asupan air yang cukup setiap hari, anak bisa mengalami dehidrasi. Perlu diketahui jika Otak terdiri dari 80 persen air. Jadi, tanpa jumlah asupan air yang cukup, otak tidak akan bisa bekerja dengan optimal. Bahkan dehidrasi dapat menyebabkan kelesuan dan
sakit kepala.

Diet Kaya Nutrisi baik bagi Perkembangan Otak Anak

Nutrisi tentu saja sangat penting, terutama pada anak yang notabene masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini terutama dalam perkembangan otak , dan  semua tahap pertumbuhan pada masa kanak-kanak. Diet kaya nutrisi sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan fungsi otak yang optimal. Adalah penting untuk anak segala usia atau usia sekolah mengkonsumsi diet tinggi nutrisi untuk memastikan perkembangan otak mereka yang memadai. Pola makan yang sehat juga penting untuk diterapkan, demi kesehatan dan kecerdasan otak anak. Jangan lupakan bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Advertisement