Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Manfaat Buah DurianDurian , salah satu buah yang dianggap paling eksotis di Indonesia ini memang sangat lezat rasanya. Buah durian memiliki karakteristik yang unik, dagingnya lembut,harum dan lezat rasanya. Namun sayangnya tak semua orang juga yang menyukai buah durian, bahkan sebagian orang merasa pusng jika mencium bau durian. Durian juga dikenal sebagai King Of Fruit di banyak negara manca.

Advertisement

Durian adalah buah eksotis yang dikenal didaerah penghasil seperti Brunei, Indonesia dan Malaysia. Pohon durian mulai berbuah setelah ditanam diperkebunan hingga empat atau lima tahun. Pohon durian dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 meter, tergantung jenis varietas.

Durian termasuk buah musiman,  biasanya mulai ada dipasar  sekitar bulan Juni sampai Agustus, yang bertepatan dengan masa panen buah-buahan lainnya tropis seperti manggis, nangka, dan mangga.

Ciri buah durian adalah berukuran besar, jika matang mengeluarkan bau kuat yang unik, dan seluruh kulit diselimuti duri tajam. Biasanya berat durian masak sekitar 1-4 kilogram,  namun bentuknya bervariasi dari bulat sampai lonjong. Warna kulit durian adalah hijau dengan coklat, dan dagingnya berwarna kuning atau krem tergantung pada jenis.

Durian memiliki biji kecil yang diselimuti daging buahnya, bentuknya bulat atau oval dan mirip  seperti biji nangka. Banyak orang membuang biji durian, meskipun sebenarnya juga  dapat dimakan setelah direbus . Biji durian memiliki rasa hambar mirip dengan rasa biji nangka.

Manfaat buah Durian bagi kesehatan

Durian, seperti buah-buahan tropis lainnya seperti pisang, alpukat, dan nangka, kaya energi, mineral dan vitamin. 100 g buah durian segar mengandung 147 kalori.

Sumber energi

Buah durian teksturnya lembut,sehingga mudah dicerna karena terbuat dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika durian dimakan, maka ia akan segera menghasilkan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung. Meskipun mengandung lemak yang relatuf lebih tinggi daripada buah-buahan lain, durian bebas lemak jenuh dan kolesterol.

Lihat juga :   Manfaat Omega 3 untuk kulit, rambut dan kesehatan

Buah tinggi serat

Durian kaya serat makanan, sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat dari durian akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Kaya Antioksidan

Buah durian merupakan sumber yang baik antioksidan dari vitamin C  (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh menjadi kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Buah durian juga  merupakan sumber kelompok vitamin B-kompleks, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan thiamin (vitamin B-1) . Vitamin ini penting bagi tubuh dan  hanya bisa diperoleh dari sumber luar, yaitu makanan.

Sumber kaya mineral

Mineral yang dimiliki buah durian juga baik, seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga diperlukan tubuh dalam memproduksi sel darah merah, sementara Zat Besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah.

Sumber Kalium

Buah durian adalah sumber yang sangat kaya kalium. Kalium adalah elektrolit yang penting dalam sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Baca: Manfaat kalium

Sumber asam amino esensial

Tak hanya itu saja, sebab durian juga mengandung asam amino esensial dengan kadar yang tinggi, yaitu triptofan (juga dikenal sebagai “pil tidur alami”) , yang didalam tubuh akan dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Ini adalah senyawa kimia yang memiliki fungsi penting, berguna sebagai induksi tidur pada pengobatan epilepsi.

Berikut nilai gizi buah durian lebih rinci, menurut USDA(National Nutrient data base)

Buah Durian (Durio zibethinus), Nilai gizi per 100 g.
(Sumber: USDA)

Energi 147 Kcal 7%
Karbohidrat 27,09 g 21%
Protein 1,47 g 2,5%
Total Lemak 5.33 g 20%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 3,8 g 10%
Vitamin
Folat 36 mcg 9%
Niacin 1,074 mg 7%
Asam pantotenat 0.230 mg 4,5%
Pyridoxine 0,316 mg 24%
Riboflavin 0.200 mg 15%
Thiamin 0,374 mg 31%
Vitamin A 44 IU 1.5
Vitamin C 19.7 mg 33%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 436 mg 9,5%
Mineral
Kalsium 6 mg 0,6%
Tembaga 0.207 mg 23%
Besi 0.43 mg 5%
Magnesium 30 mg 7,5%
Mangan 0,325 mg 14%
Fosfor 39 mg 6%
Seng 0,28 mg 2,5%
Phyto-nutrisi
Karoten-α 6 mcg –
Karoten-ß 23 mcg –
Lutein-zeaxanthin
Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan

Memilih dan menyimpan buah durian

Buah durian merpakan buah yang sedikit dihargai mahal, namun jika suatu musimnya tiba, buah durian mudah didapat diseluruh toko buah. Buah durian yang matang biasanyaakan  jatuh dari pohon dengan sendirinya. Namun cukup sulit memilih buah durian yang dijual dipasar tradisional, kadangkala kita membeli buah yang belum matang. Ciri khas durian yang benar-benar masak selain berbau kuat, bila diketuk akan terasa dalamnya seperti berongga. Buahdurian juga dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa hari, namun sebelumnya perlu dibuka dulut kulit luarnya yang berduri itu..

Buah durian banyak diolah menjadi banyak jenis makanan, membuat kue dll. Namun dimakan dalam keadaan masih segar juga nikmat rasanya. Jika mau, biji Durian juga dapat direbus atau dipanggang untuk dimakan, rasanya mirip dengan biji nangka atau ubi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *