Kandungan Gizi dan manfaat Buah Nangka

Kandungan Gizi dan manfaat buah NangkaManfaat kesehatan dari buah nangka juga lumayan banyak, tak kalah dengan buah lainnya. Buah nangka yang harum dan rasanya yang unik seringkali membuat orang ingin memakannya, walaupun sebelumnya harus rela bergelut dengan getah buah atau lateksnya yang sangat lengket. Namun jangan terlalu banyak makan nangka, karena bisa membuat sakit perut karena gula dan tingginya serat.

Advertisement

Pohon nangka banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti India, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Brazil. Di Indonesia sendiri, buah nangka digolongkan kedalam salah satu dari 10 buah  yang eksotis. Pohon nangka tumbuh baik di iklim tropis yang lembab dan hujan , namun tak akan bertahan pada kondisi daerah dingin. Nangka adalah pohon besar yang dapat tumbuh hingga setinggi 30 meter, bahkan lebih tinggi dari pohon mangga.Dalam satu musim buah nangka, setiap pohon dapat manghasilkan buah hingga 200 buah. Ukuran buah nangka bervariasi, antara berat 3-30 kg, dan bentuknya persegi panjang atau bulat berukuran diameter 10 cm – 60 cm, 25-75 cm. Saat Buah nangka masih mentah berwarna hijau, dan sudah bisa diolah menjadi sayuran bergizi. Dan jika sudah matang, buah nangka akan berwarna kuning kecoklatan, mengeluarkan bau harum dan rasa buahnya manis. Selain memiliki getah yang lengket, buah nangka juga dilindungi oleh duri seperti halnya buah durian, namun tak setajam itu.

Buah Nangka juga memiliki biji seukuran 2-3 cm seperti buah durian, hanya saja biji nangka agak memanjang. Saat mentah biji buah nangka berwarna putih dan renyah, namun jika sudah direbus atau dipanggang atau diuap akan berubah menjadi lunak dan juga kaya gizi.

Manfaat buah nangka bagi kesehatan

Nangka mengandung kalori tinggi

100 g daging buah nangka menyediakan 95 kalori jika dimakan. Daging buah nangka matang dan mudah dicerna dengan mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, yaitu ketika dimakan maka akan menambah cadangan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

Lihat juga :   Manfaat kalsium Bagi kesehatan tubuh

Mengandung tinggi serat

Nangka kaya akan serat makanan, sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat makanan ini akan membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Mengandung vitamin A

Buah nangka segar memiliki sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-ß. Secara bersama-sama, senyawa ini berperan menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin-A, dan karoten telah diyakini akan melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

Tinggi antioksidan dari vitamin C

Selain itu, nangka merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23%  RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh agar kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Sumber kaya B kompleks

Buah nangka termasuk salah satu buah langka yang kaya vitamin B-kompleks . Jumlah B kompleks seperti vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat.

Sumber kaya mineral penting

Buah nangka segar merupakan sumber kalium yang baik, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Biji nangka tinggi protein

Biji nangka juga sangat kaya akan protein dan bergizi. Biji yang akan diolah dikumpulkan dari buah yang sudah matang, dijemur dan disimpan untuk dimasak dalam musim hujan di bagian Selatan negara India. Biji nangka bisa diolah dengan cara direbus, atau dibuat campuran memasak lauk ikan tongkol.

Kandungan gizi buah nangka secara terperinci

Nilai gizi Nangka gizi per 100 g.
(Sumber: USDA)

Energi 95 Kcal 5%
Karbohidrat 23,5 g 18%
Protein 1,72 g 3%
Total Lemak 0.64 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 1,5 g 4%
Vitamin
Folat 24 mg 6%
Niacin 0.920 mg 6%
Pyridoxine 0.329 mg 25%
Riboflavin 0,055 mg 4%
Thiamin 0,105 mg 9%
Vitamin A 110 IU 3,5%
Vitamin C 13.7 mg 23%
Vitamin E 0,34 mg 2%
Elektrolit
Sodium 3 mg 0%
Kalium 303 mg 6,5%
Mineral
Kalsium 34 mg 3,4%
Besi 0.60 mg 7,5%
Magnesium 37 mg 9%
Mangan 0,197 mg 8,5%
Fosfor 36 mg 5%
Fosfor 21 mg 3%
Selenium 0,6 mg 1%
Zinc 0.42 mg 4%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 61 ug –
Crypto-xanthin-ß 5 mg –
Lutein-zeaxanthin 157 mg –
Lihat juga :   Akibat jika tubuh kekurangan kalium

Membeli dan penyimpanan nangka

Jika musimnya tiba, buah nangka anyak dijual dipasar tradisional hingga dipinggir pinggir jalan. Buah nangka tidak dapat bertahan lama jika sudah masak, kecuali dipisahkan dagingnya dan disimpan didalam lemari es.

Mengkonsumsi nangka

Buah nangka banyak mengandung getah yang sangat lengket, lumuri tangan dengan minyak kelapa sebelum menyentuhnya agar tak terkena getah.

Buah nangka matang dapat diolah menjadi keripik nangka, dibuat kolak, dimakan dalam keadaan segar atau dibuat selai. Jika masih mentah/muda buah ini disebut tewel atau gori, dan bisa diolah sebagai masakan sayuran. Biji nangka juga bisa dimakan yang sebelumnya direbus atau dipanggang.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *